Justin Rose dan Harold Varner III memimpin, sementara Tom Lehman masih menunjukkan tajinya, dan Kang Sung meraih hole-in-one.

Dalam bingkai pandemi COVID-19 dan gejolak sosial yang belum mereda, putaran pertama Charles Schwab Challenge melanjutkan musim 2019-2020 PGA TOUR. Sebagai ajang yang menandakan kembalinya golf, meskipun sebatas tayangan televisi bagi para penggemar, sejumlah cerita menghias hari pertama turnamen yang dimainkan di Colonial Country Club ini.

Penekanan terhadap protokol kesehatan jelas menjadi penekanan utama penyelenggaraan turnamen ini. Seluruh pemain diwajibkan untuk menjalani pemeriksaan begitu tiba di lokasi untuk memastikan masing-masing tidak membawa virus. Sepanjang turnamen, semua orang juga diwajibkan untuk menjaga jarak dengan berdiri setidaknya sekitar 2 meter. Cairan sanitasi serta masker juga menjadi pemandangan yang terlihat. Lalu ketika mereka kembali ke lapangan untuk melakoni putaran kedua hari ini (12/6), para pemain dan kedinya juga diwajibkan untuk mengisi kuesioner dan diperiksa suhu tubuhnya.

Dengan prinsip tidak membebani tim dan fasilitas kesehatan di kota lokasi penyelenggaraan, PGA TOUR membawa tim medis dan fasilitas lab bergerak ke Fort Worth—yang akan terus dilakukan dalam pekan-pekan berikutnya. Hasil tiap pengujian diharapkan sudah diperleh dalam hitungan 2-4 jam. Dan PGA TOUR telah menegaskan tidak akan mengungkapkan nama mereka yang mendapat hasil positif.

Lalu ada juga bentuk solidaritas yang ditunjukkan dengan menghentikan sejenak semua kegiatan pada pukul 08:46 untuk mengenang George Floyd. Floyd menjadi korban kebrutalan polisi yang menekan lehernya selama 8 menit dan 46 detik, yang kemudian memicu gelombang protes dan tututan reformasi menyeluruh terhadap kepolisian di Amerika.

Semua pihak menunjukkan komitmen untuk menjadi solusi dari problem ketidakadilan ras dan sosial ini. “Saya ingin menjadi bagian dari solusi. Dan saya pikir inilah salah satu cara PGA TOUR bisa terlibat dan ikut mewujudkannya,” ujar Brooks Koepka kemarin (11/6).

 

 

Rose dan Varner III Memimpin
Justin Rose dan Harold Varner III tampil sebagai pimpinan klasemen berkat skor 7-under 63. Keduanya menunjukkan permainan yang seakan tidak terpengaruh oleh jeda kompetisi selama tiga bulan terakhir. Dan keduanya menorehkan skor tersebut tanpa mencatatkan satu bogey pun.

Rose, yang merupakan juara turnamen ini pada 2018, tampil untuk keenam kalinya di Fort Worth. Dengan performa yang sangat solid, tidaklah mengherankan jika melihat senyum menghias wajahnya. Apakah ini karma akibat keputusannya mendukung golf wanita di Britania, seperti celetukan Eddie Pepperell, rekannya sesama pegolf asal Inggris?

Bicara soal karma, benarkah itu juga alasan mengapa Harold Varner III ikut membukukan skor serupa? Adakah dampak dari itikadnya untuk bertanggung jawab secara moral untuk menegaskan sikap dan pandangannya terhadap ketidakadilan ras dan sosial yang terjadi?

Sepertinya, semua yang Rose dan Varner III lakukan memberi dorongan psikologis untuk tampil cemerlang pada hari pertama. Mereka unggul satu stroke dari Jhonattan Vegas, Abraham Ancer, Collin Morikawa, dan Justin Thomas.

Jago Tua Unjuk Gigi
Tak hanya Rose dan Varner III yang menjadi bintang pada hari pertama. Pegolf gaek berusia 61 tahun, Tom Lehman, juga tampil memukau. Skor 65 miliknya menunjukkan bahwa ia masih bisa bersaing dengan jagoan muda masa kini.

Colonial Country Club yang memang tidak terlalu panjang tampaknya menjadi salah satu faktor yang membantu Lehman untuk menorehkan enam birdie dengan satu bogey.

 

 

Faktor pendukung lain bagi Lehman: ia juga telah menjuarai turnamen ini. Meskipun kemenangan itu ia raih 30 tahun silam, ia jelas masih bisa merasakan atmosfer keberhasilannya kala itu.

Hole-in-One Kang Sung
Shot of the Day? Sudah jelas hole-in-one yang dibukukan oleh Kang Sung. Pegolf Korea ini melakukannya di hole 13 yang dimainkan dengan jarak 162 yard, dengan menggunakan 9-iron.

Secara teknis, ia menciptakan 117 mpj kecepatan bola dengan spin 8828 rpm. Bolanya melambung sekitar 30 meter, memantul sekali, lalu bergulir masuk ke lubang.

Live Multicast
Ini menjadi langkah inovatif lain, menyambut kembalinya kompetisi PGA TOUR pekan ini. Putaran pertama kemarin menghadirkan nuansa yang lebih segar dan tak kalah menariknya ketimbang ketika menyaksikan siaran langsung pada umumnya.

Pada putaran pertama kemarin, setidaknya ada sembilan kanal tersedia dengan memberikan pendekatan yang berbeda. Dari CBS Sports hingga SKY Sports/NBC Sports; dari Discovery/GOLFTV ke Golf Digest; The Action Network/GolfBet hingga LPGA. Selain itu ada tiga Celebrity Stream yang ikut tampil dengan melibatkan Danny Kannel, Dude Perfect, Darren Rovel, Darius Rucker, Golden Tate, Paige Spiranac, dan Wells Adams.

Inisiatif seperti ini rasanya perlu dilanjutkan, mengingat para penggemar bisa memilih menikmati tayangan dengan perspektif yang berbeda-beda.