Empat lapangan golf kelas dunia menjadi jaringan eksklusif dari Asian Tour Destination. Seperti apa keempat lapangan ini?

Baru-baru ini Asian Tour mengumumkan tiga lapangan terbaru yang bergabung ke dalam Asian Tour Destinations, jaringan eksklusif lapangan golf kelas dunia yang memiliki ikatan langsung dengan mereka. Black Mountain Golf Club (Hua Hin, Thailand), Classic Golf & Country Club (New Delhi, India), dan Kota Permain Golf & Country Club (Kuala Lumpur, Malaysia) kini menjadi keluarga baru Asian Tour Destinations, bersama Sentosa Golf Club.

Seperti apa tiap lapangan ini sebenarnya? Dan mengapa Asian Tour menjalin relasi istimewa dengan lapangan-lapangan papan atas ini?

 

Sentosa Golf Club menjadi markas Asian Tour dan selalu menjadi tuan rumah gelaran bergengsi. Foto: Sentosa Golf Club.

 

SENTOSA GOLF CLUB
Sentosa Golf Club menjadi salah satu pihak yang menginisiasi Asian Tour Destination. Lapangan ini tak hanya menjadi tuan rumah bagi SMBC Singapore Open, tapi juga setiap tahunnya menjadi tuan rumah untuk HSBC Women’s Champion, ajang LPGA. Asian Tour sendiri berkantor pusat di sini.

Sentosa Golf Club memiliki dua lapangan kelas dunia, yaitu The Serapong dan The New Tanjong. Sebagai sebuah klub golf, Sentosa Golf Club telah mendapat pengakuan yang sangat membanggakan dari World’s Golf Award, yaitu sebagai The World’s Best Golf Club.

Fasilitas-fasilitas Lain
Fasilitas yang sangat lengkap bisa Anda harapkan di sini. Selain The Serapong dan The New Tanjong, Sentosa Golf Club juga memiliki fasilitas driving range, plus akademi golf. Dengan empat restoran—Sushi Kondo, Golfer’s Terrace, Member’s Bar, dan Panamericana—klub ini siap memuaskan citarasa para member dan tamu sebelum maupun sesudah bermain,

Sentosa Golf Club
27 Bukit Manis Road, Singapore 099892
https://www.sentosagolf.com/

 

Black Mountain Golf Club terdiri dari rangkaian tiga lapangan sembilan hole dan berada di Hua Hin. Foto: Black Mountain Golf Club.

 

BLACK MOUNTAIN GOLF CLUB
Seperti halnya Sentosa Golf Club, lapangan yang berada di Hua Hin ini pun telah berkali-kali menggelar turnamen Asian Tour. Berkali-kali pula Black Mountain Golf Club meraih penghargaan berkat kualitas pelayanan dan fasiliitasnya.

Lapangan ini terdiri dari rangkaian tiga lapangan sembilan hole. East Course merupakan lapangan sembilan hole pertama di fasilitas ini, dengan North Course menjadi lapangan sembilan hole kedua yang asli. West Course baru ditambahkan kemudian dan dibuka pada akhir 2016.

Fasilitas-fasilitas Lain
Fasilitas seperti proshop, driving range, dan akademi golf tersedia di sini. Selain itu, ada dua lapangan tenis dan dua lapangan paddle tennis dengan pencahayaan; dua lapangan voli (satu dengan rumput, satu dengan pasir) juga dengan pencahayaan; fasilitas kebugaran. Black Mountain Restaurant, yang melayani sarapan, makan siang, dan makan malam; Sky Bar untuk mereka yang ingin relaks seusai bermain golf. Akomodasinya terdiri dari vila dengan tiga kamar dan dua kamar.

Black Mountain Golf Club
565 Moo7 Nong Hieng Road Hin, LekFai Hua Hin District, Prachaubkirikhan 77110, Thailand
https://www.blackmountainhuahin.com/

 

Classic Golf & Country Club akan selalu dikenal sebagai lapangan yang memberi gelar Asian Tour pertama bagi Rory Hie. Foto: Classic Golf & Country Club.

 

CLASSIC GOLF & COUNTRY CLUB
Lapangan golf garapan Jack Nicklaus ini akan selalu dikenang sebagai lapangan yang menjadi latar kemenangan membanggakan bagi Indonesia ketika Rory Hie menjuarai Classic Golf & Country Club International Championship tahun 2019.

Lapangan ini terangkai dari tiga lapangan sembilan hole, yaitu Ridge dan Valley menjadi dua lapangan sembilan hole berskala kejuaraan, sedangkan Canyon menjadi Signature Executive Course dengan menyuguhkan pemandangan New Delhi.

Fasilitas-fasilitas Lain
Proshop, driving range, ruang pertemuan, dan restoran.

Classic Golf & Country Club
ITC Green Centre 10, Institutional Area, Sector 32, Gurgaon 122001, India
https://cgronline.com/

 

Ross Watson mengubah lahan bekas ladang sawit menjadi Kota Permai Golf & Country Club. Foto: Kota Permai Golf & Country Club.

 

KOTA PERMAI GOLF & COUNTRY CLUB
Seperti halnya lapangan-lapangan lain, Kota Permai Golf & Country Club juga menyuguhkan tantangan yang relevan buat semua level kemampuan. Ross Watson mendesain lapangan ini dan mengubah lahan yang semula berupa ladang sawit ini. Kota Permai Golf & Country Club menjadi satu-satunya lapangan 18 hole yang menjadi bagian dari Asian Tour Destinations.

Turnamen Asian Tour terakhir yang dimainkan di sini ialah ajang Bandar Malaysia Open pada awal Maret 2020 lalu. Kala itu pegolf Amerika Trevor Simsby meraih kemenangan.

Lapangan ini juga memiliki relasi resiprokal dengan dua lapangan golf di Indonesia, yaitu Bukit Darmo Golf Club dan Handara Golf Resort Bali.

Fasilitas-fasilitas Lain
Fasilitas mendasar, seperti proshop, driving range, dan akademi golf tersedia di sini. Ada pula tiga spot F&B dengan beragam seting: Golfers’ Terrace, Poolside Café, dan Rest Forest Bar & Lounge. Fasilitas olahraga lainnya, seperti kolam renang standard Olimpiade, 8 lapangan badminton, 2 lapangan squash, 2 meja tenis meja, dan tiga lapangan tenis dengan pencahayaan maksimal. Mereka juga memiliki ruangan VIP yang terdiri dari 2 ruangan untuk 4 pax; satu ruangan untuk 2 pax.

Kota Permai Golf & Country Club
No.1 Jalan 31/100A, Kota Kemuning, Section 31, 40460 Shah Alam, Selangor Darul Ehsan, Malaysia
http://www.kotapermai.com.my/