Presidents Cup menjadi daftar ajang prestisius terakhir yang bakal digelar di Medinah Country Club.

Ketika mendengar nama Medinah Country Club, mungkin Anda akan mengingat kemenangan fenomenal Tim Ryder Cup Eropa di sana pada tahun 2012. Momen itu dikenang sebagai Keajaiban Medinah, ketika Tim Eropa membalikkan ketertinggalan mereka menjadi kemenangan. Tahun 2026, lapangan tersebut bakal menjadi tuan rumah turnamen beregu, kali ini untuk ajang Presidents Cup.

Kepastian ini hadair persis setahun setelah Presidents Cup 2019 sukses digelar di Royal Melbourne Golf Club, Australia. Kala itu Tim AS yang dipimpin Tiger Woods menaklukkan Ernie Els dan Tim Internasional. Pertandingan kala itu juga menjadi salah satu pertemuan dengan skor kemenangan yang tipis dalam sejarah Presidents Cup, 16-14.

”Seiring dengan kian bertambah signifikannya ajang Presidents Cup, kami tak sabar untuk menghadirkan ajang ini pada tahun 2026 dari salah satu kota olahraga dan kosmopolitan terbesar di dunia, di Chicago, di lapangan yang termasyur, Medinah Country Club,” ujar Komisioner PGA TOUR Jay Monahan. ”Setahun yang lalu kami melihat gelombang bakat muda Tim Internasional yang berhadapan dengan Tim AS yang sangat berpengalaman, menciptakan kompetisi yang dramatis selama empat hari bagi para penggemar kami di seluruh dunia. Saya sangat berharap momentum kompetitif demikian bisa berlanjut dalam tahun-tahun mendatang. Kami juga mengungkapkan terima kasih kepada Mitra Global kami, Citi dan Rolex, untuk dukungan mereka terhadap Presidents Cup dan para pemimpin dan anggota di Medinah Country Club, dengan fasilitas kelas dunianya, yang telah menggelar beberapa ajang berkesan dalam sejarah golf.”

Selain Ryder Cup 2012, Medinah memang telah menjadi tuan rumah bagi ajang BMW Championship 2019, dua ajang PGA Championship, tiga ajang U.S. Open, U.S. Senior Open 1988, serta tiga ajang Western Open (yang kemudian menjadi BMW Championship). Justin Thomas meraih gelar PGA TOUR ke-10 pada ajang BMW Championship 2019 itu.

Untuk edisi 2022, Presidents Cup bakal dimainkan untuk pertama kalinya di wilayah tenggara Amerika, yaitu di Quail Hollow Club, di Charlotte, sebelum kemudian bertolak ke Kanada untuk kedua kalinya di Royal Montreal Golf Club, di Montreal, Quebec 2024.

Medinah Country Club berlokasi sekitar 40 km dari sebelah barat Chicago di pinggiran kota Medinah, Illinois. Lapangan ini dibangun tahun 1924 dan menonjolkan Course #3 yang menantang. Tom Bendelow menjadi desainer pertama, sampai Rees Jones mendesain ulang lapangan ini. Adapun daftar juara di sini mencakup Thomas, Tiger Woods, Hale Irwin, Billy Casper, Lou Graham, Cary Middlecoff, Gary Player, dan Byron Nelson.

”Para anggota Medinah Country Club merasa sangat terhormat bisa menjadi tuan rumah bagi Presidents Cup 2026 di lapangan terkenal kami, Course #3. Kepastian ini menambah daftar kejuaraan prestisius yang pernah diadakan di sini, dan menciptakan berbagai momen golf paling berkesan, dalam sejarah kami sepanjang 90 tahun,” ujar Michael Scimo, Bid Leader Presidents Cup 2026 Medinah Country Club.

”Klub ini merasa sangat bersemangat untuk menjadi tuan rumah bagi tim-tim dan para penggemar dari seluruh dunia agar mereka mengalami salah satu ajang golf paling premium dalam kalender dua tahunan. Kami juga berterima kasih dan mengapresiasi dukungan kuat yang diberikan PGA TOUR, DuPage County, dan Chicago Sports Commission yang membantu membawa pertandingan Presidents Cup 2026 ke Medinah Country Club.”

Tanggal pasti penyelenggaraan Presidents Cup 2026 baru akan diumumkan kemudian.