Max McGreevy menjuarai Order of Merit PGA TOUR Series-China untuk memimpin empat pemain lain yang akan bermain pada Korn Ferry Tour musim depan.

Seiring berakhirnya ajang terakhir PGA TOUR Series-China musim ini di Macau, Max McGreevy memastikan menjuarai Order of Merit PGA TOUR Series-China. Pegolf Amerika ini berhasil memuncaki daftar peraih hadiah uang terbanyak setelah bermain pada 13 turnamen sepanjang musim ini. Ia mengoleksi RMB974.153 untuk berada di posisi teratas, sekaligus memberinya keanggotaan pada Korn Ferry Tour musim depan.

Keberadaannya di China musim ini tak lepas dari saran mantan anggota PGA TOUR Series-China Charlie Saxon. Keduanya merupakan rekan satu tim ketika bermain bersama pada University of Oklahoma. Keputusan McGreevy terbukti tidak salah karena ia berhasil sembilan kali finis di sepuluh besar sepanjang musim ini.

Meski finis di peringkat 41 pada Macau Championship, hasil tersebut sudah cukup baginya untuk memuncaki Order of Merit lantaran ia memiliki keunggulan sebesar RMB186.288 dari rekan senegaranya, Trevor Sluman.

“Saya luar biasa senang dengan permainan saya musim ini. … Saya bisa mendapat birdie ketika membutuhkannya, sekaligus membatasi kesalahan.” – Max McGreevy

McGreevy menegaskan statusnya di China sejak pekan pertamanya bermain di China. Ia langsung finis di posisi keempat pada ajang Chongqing Championship. Sejak itu, ia tak pernah finis di luar lima besar.

Ia kemudian finis T2 pada Sanya Championship, disusul dengan dua kali finis di tempat ketiga pada Beijing Championship dan Nantong Championship, yang sekaligus menempatkannya ke puncak Order of Merit. Meski sempat turun ke peringkat 3 pada akhir Juni, McGreevy kembali ke atas usai menjuarai Guangzhou Open pada pertengahan Juli.

“Saya luar biasa senang dengan permainan saya musim ini. Saya bermain dengan sangat konsisten. Sayangnya, saya tak menang sebanyak yang saya harapkan, tapi sulit menggambarkan betapa bagusnya permainan saya tahun ini. Saya bisa mendapat birdie ketika membutuhkannya, sekaligus membatasi kesalahan. Untungnya saya berhasil finis di jajaran atas klasemen hampir tiap pekan,” tutur McGreevy usai menerima Jaket Emas, yang mengukuhkan statusnya sebagai No.1 pada tahun ini.

Memenangkan Order of Merit sekaligus memberinya status Player of the Year. Trofi kristal pun menjadi simbol yang menghargai performanya sepanjang tahun ini.

Max McGreevy, Trevor Sluman, David Kocher, Cyril Bouniol, dan Luke Kwon memastikan keanggotaan pada Korn Ferru Tour setelah finis di lima besar Order of Merit PGA TOUR Series-China musim 2019 ini. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang.

Pegolf Amerika lainnya, David Kocher, menempati peringkat ketiga dengan raihan RMB771.337. Sementara tempat keempat diraih mantan pegolf European Tour asal Perancis, Cyril Bouniol dengan raihan RMB674.968. Posisi terakhir diraih oleh Luke Kwon asal Korea dengan total koleksi hadiah RMB668.359.

Lima pemain ini pun berhak meraih keanggotaan untuk bermain pada kancah Korn Ferry Tour untuk musim depan. Sementara itu, lima pemain lain, yang finis di peringkat 6-10 akan mendapat tempat ke babak final Korn Ferry Tour Qualifying Tournament di Orange County National, yang akan dimainkan di dua lapangan, yaitu di Crooked Cat dan Panther Lake, di Florida, AS pada 12-15 Desember 2019. Mereka yang bakal menuju ke Florida adalah Richard Jung (Kanada), Bai Zhengkai (China), Yuwa Kosaihira (Jepang), Kevin Techakanokboon (AS), dan Joey Lane (AS)

Sepanjang musim ini, PGA TOUR Series-China mempertandingkan 13 turnamen dari semula 14. Satu turnamen yang rencananya digelar di Clearwater Bay harus dibatalkan lantaran kondisi yang tidak kondusif di Hong Kong.

Leave a comment