Putaran ketiga yang kerap disebut sebagai The Moving Day menampilkan dua pemain di puncak klasemen sementara Beijing Championship menuju putaran final besok (12/5). Pegolf Amerika Max McGreevy dan Richard Jung dari Kanada menempati posisi ideal menuju persaingan akhir dengan skor total 15-under 201. Masing-masing bermain 67 dan 65.

Jung mematok skor terendah dengan skor total 15-under, yang kemudian disamai oleh McGreevy, yang bermain di grup terakhir di Topwin Golf and Country Club. Kedua pemain ini bakal bermain dalam grup pamungkas bersama pegolf Amerika lainnya, Ryann Ree, yang hanya terpaut satu stroke dari kedua pemain tersebut. Ree berada di peringkat ketiga setelah bermain 68.

McGreevy, yang sempat bermain pada Web.com Tour pada tahun 2018, menorehkan hasil yang bagus pada tahun pertamanya di China. Ia kini berada di peringkat kelima Order of Merit steelah dua kali finis di lima besar dalam dua turnamen di Chongqing dan Sanya. Meski demikian, ia masih memburu gelar pertamanya pada Tour yang masih berafiliasi dengan PGA TOUR ini.

McGreevy sempat membukukan bogey di hole terakhir pada putaran pertama. Namun, setelah itu ia bermain tanpa bogey dan mengemas 11 birdie dengan sebuah eagle.

“Sudah beberapa kali saya berada dalam persaingan dan hal ini meningkatkan kepercayaan diri saya menuju putaran final. Saya hanya ingin terus berusaha, dan kalau saya bisa menciptakan sebanyak mungkin kesempatan, mungkin saya akan bisa meraih kemenangan besok,” ujar McGreevy.

“Saya hanya berusaha membukukan skor terendah yang saya bisa dan melihat apa yang bisa saya lakukan.”

Max McGreevy menyamai torehan 15-under 201 milik Richard Jung. Keduanya memegang keunggulan satu stroke dari Ryann Ree. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang

Performa McGreevy ini terbilang luar biasa, mengingat ia nyaris mundur dari turnamen pekan ini pada awal pekan ini. Namun, ia memutuskan untuk terus bermain dan tampil bagus dalam dua putaran pertama, meski kondisinya tidak sepenuhnya bugar.

“Sejujurnya, saya merasa pusing, saya tidak begitu memperhatikan bagaimana dua putaran pertama, tapi hari ini saya lebih fokus dan saya pikir itulah tiga putaran terburuk saya,” ujar McGreevy.

“Tapi saya bersemangat untuk memainkan satu putaran lagi, apalagi ini merupakan lapangan golf yang indah. Bisa bermain di sini saja sudah menyenangkan. Ada sedikit penonton juga di sini. Semoga banyak penonton yang datang lagi besok.”

Sementara itu, Jung yang finis di peirngkat 11 Order of Merit 2018, tengah berjuang meraih gelar keduanya setelah tahun lalu menjuarai Suzhou Open. Jelas ia akan menjadi penantang tangguh jika bisa mengulangi performanya pada putaran ketiga, ketika ia mencatatkan delapan birdie dan hanya satu bogey.

“Angin mulai berembus kencang pada sore hari, tapi saya tetap fokus pada rencana permainan saya. Saya memukul bola ke fairway dan green dan mengeksekusi putting (dengan baik),” ujar Jung.

“Masih ada 18 hole lagi dan besok adalah hari terakhir dan banyak hal yang bisa terjadi. Semoga saya bisa terus memukul dengan cara yang sama dan main bagus.”

Pegolf tuan rumah Zhang Huilin, yang menjadi runner-up pada Beijing Championship tahun lalu, membukukan skor 5-under 67 dan berada di tempat keempat bersama pegolf Kanada Myles Creighton. Pimpinan klasemen hari kedua asal Australia Kevin Yuan harus tersingkir dari jajaran atas setelah hanya bermain 71 dan berada di posisi T6 bersama mantan pegolf European Tour asal Perancis Cyril Bouniol.

Leave a comment