Hideki Matsuyama memperbaiki posisinya pada klasemen U.S. Open ke-120 dan akan memulai putaran final dari peringkat T4.

Ada catatan positif yang diperoleh Hideki Matsuyama pada putaran ketiga U.S. Open ke-120 kemarin (19/9). Pegolf Jepang ini mencatatkan lebih banyak birdie bahkan jika putaran pertama dan kedua digabungkan. Sayangnya, ia juga mendapat cukup banyak bogey, plus mencatatkan double bogey pertamanya pada pekan ini.

Pada putaran ketiga, untuk pertama kalinya sepanjang pekan di Winged Foot ini, Matsuyama langsung mencatatkan birdie di hole pertamanya. Tapi ia juga langsung mendapatkan dua bogey berturut-turut sebelum mencatatkan tiga birdie berturut-turut dari hole 4. Bogey di hole 7 membuatnya memasuki sembilan hole terakhirnya dengan catatan 1-under. Dua birdie di hole 12 dan 14 memperbesar peluang Matsuyama untuk lebih dekat ke puncak klasemen, sampai bogey di hole 15 dan double bogey di hole 17.

Ketika setiap pukulan menjadi sangat krusial pada tahapan seperti ini, double bogey yang ia dapatkan di hole 17 jelas menjadi sangat menyakitkan. Di hole 17 par 4 itu Matsuyama harus dua kali melakukan pukulan dari rough yang tebal. Pada pukulan keduanya, Matsuyama terlihat sangat ingin mengincar green guna mencari birdie dan selangkah mendekatkan posisinya ke puncak klasemen. Sayangnya, bolanya kembali masuk ke rough. Dan celakanya, setelah itu ia justru melakukan pukulan shank sehingga bola justru masuk ke bunker.

Beruntung frustrasi di hole 17 itu tidak terbawa ke hole terakhir. Ia menyudahi putaran ketiga dengan par di hole 18 dan skor total even par 210. Meskipun bukan putaran yang memuaskan, Matsuyama jelas masih ada dalam persaingan, mengingat selisih skornya dengan Matthew Wolff, sang pimpinan klasemen sementara, hanya lima stroke.

”Saya tidak bisa menyalahkan posisi bolanya karena saya melakukan pukulan yang buruk di hole 17 itu. Semoga saja besok hal seperti ini tidak terjadi lagi,” ujar Matsuyama. ”Hari ini saya memang membuat lebih banyak birdie ketimbang dua hari pertama, tapi semoga besok (hari ini, 20/9) saya bisa mendapatkan birdie yang sama banyaknya, tanpa mendapatkan bogey.”

 

 

Matsuyama sadar, jika ingin menyamai atau bahkan memperbaiki prestasi runner-up yang ia peroleh tahun 2017 lalu, ia harus memaksimalkan semua pengalamannya bermain pada ajang U.S. Open. ”Saya tahu betapa sulitnya U.S. Open ini. Jadi, saya harus bermain dan berjuang keras, dan semua pengalaman yang sudah saya peroleh itu harus saya maksimalkan,” ujarnya.

Matsuyama akan memulai putaran final hari ini dari peringkat empat. Dua pegolf Amerika, Xander Schauffele dan Harris English ikut menemaninya di posisi yang sama, namun Matsuyama akan bermain dengan pegolf Afrika Selatan, Louis Oosthuizen, yang pada putaran ketiga bermain dengan skor 68 dan menempati peringkat ketiga dengan skor total 1-under 209.

Pada tahun 2017, Matsuyama memulai putaran final dengan berada di peringkat T14. Kala itu ia berjarak enam stroke dari Brian Harman, yang menjadi pimpinan klasemen pada akhir putaran ketiga. Dan pada hari terakhir di Erin Hills, ia berhasil membukukan skor 66 berkat 8 birdie dengan 2 bogey untuk mencatatkan finis terbaiknya selama mengikuti ajang Major. Ia berbagi tempat kedua dengan Harman dengan skor total 12-under 276, empat stroke di belakang Brooks Koepka.

Adapun wakil Asia lainnya, Im Sungjae, Ryo Ishikawa, dan Shugo Imahira masih belum dapat bermain under selama tiga putaran yang mereka mainkan di Winged Foot. Masing-masing mencatatkan skor 73, 74, dan 78 sehingga kini menempati peringkat T34, T40, dan T55.

Jika pada putaran kedua (18/9) anya ada tiga pemain yang bisa mencatatkan skor under, kali ini ada tujuh pemain yang melakukannya. Dari ketujuh pemain tersebut, Matthew Wolff tampil ke puncak klasemen setelah menyamai skor terendah di Winged Foot Golf Club, yang dibukukan oleh Justin Thomas pada putaran pertama.

Pemegang satu gelar PGA TOUR ini membukukan lima birdie di sembilan hole pertamanya, sebelum kemudian mendapat bogey di hole 16 dan menutup putaran ketiga dengan birdie di hole terakhirnya. Skor 65 yang ia peroleh pada hari ketiga ini membuat skor total yang ia kumpulkan selama tiga putaran menjadi 5-under 205, yang sekaligus menempatkannya di puncak klasemen. Wolff akan memulai hari terakhir dengan keunggulan dua stroke dari Bryson DeChambeau, yang pada putaran ketiga ini bermain dengan even par 70.