Hideki Matsuyama menempel Tiger Woods dan Gary Woodland dengan jarak hanya satu stroke.

Pemain tuan rumah Hideki Matsuyama memulai ZOZO CHAMPIONSHIP hari ini (24/10) dengan menorehkan skor 5-under 65. Skornya ini hanya terpaut satu stroke dari Tiger Woods dan Gary Woodland, yang menorehkan skor 64. Untuk sementara Matsuyama berada sendirian di peringkat 3.

Matsuyama juga tampaknya berhasil memanfaatkan momentum yang ia ciptakan usai meraih finis terbaiknya pada PGA TOUR musim 2019-2020 di Korea. Pekan lalu, pada ajang THE CJ CUP @ NINE BRIDGES, ia finis T3.

Ia memang tampil kurang memuaskan ketika bermain pada ajang Japan Skins, yang menjadi atraksi pembuka bagi pekan ZOZO CHAMPIONSHIP pada hari Senin (21/10) lalu. Matsuyama hanya memenangkan satu skins bernilai US$20.000, sementara Jason Day meraih US$210.000, sedang Tiger Woods dan Rory McIlroy sama-sama meraih US$60.000.

Kembali beralih ke ajang stroke play, Matsuyama ternyata menampilkan performa yang sangat baik di hadapan para pendukung di negerinya sendiri. Ia menorehkan empat birdie di enam hole pertama, sebelum kemudian mendapat bogey pertamanya di hole 7, lalu mendapat tiga birdie dan sebuah bogey di sembilan hole terakhirnya.

“Rumput di sini berbeda ketimbang di Amerika. Tapi saya besar di Jepang, jadi saya masih merasa nyaman bermain dengan jenis rumput di sini.” – Hideki Matsuyama

Bersama Woods dan pegolf Argentina Emiliano Grillo, Matsuyama berhasil mendapat 15 dari 18 green in regulation. Catatan ini menjadikan ketiga pemain ini sebagai yang terbaik pada hari pertama ajang yang menyediakan hadiah sebesar US$9,75 juta ini.

“Saya gembira meraih skor ini. Rasanya nyaman bisa bermain dalam ajang ini di Jepang. Saya merasa bersemangat dengan para penggemar yang menyerukan nama saya, ini menjadi semacam motivasi bagi saya,” ujar Matsuyama.

Kehadiran Tiger Woods untuk pertama kalinya setelah lebih dari satu dekade, membuat Accordia Narashino Country Club menjadi sangat ramai oleh penonton. Kehadiran Woods bersama sejumlah nama besar lain, seperti Rory McIlroy, Jason Day, Gary Woodland, Tommy Fleetwood, dan Justin Thomas pun membuat turnamen pekan ini memiliki atmosfer layaknya sebuah ajang Major, dengan kerumunan penonton yang sangat ramai.

“Biasanya kami tak mendapatkan penonton seramai ini,” ujar Matsuyama.

Sejak menjuarai WGC-Bridgeston Invitational 2017, Matsuyama memang belum meraih kemenangan lagi. Dan skor 65 ini jelas memberinya awal yang sangat baik untuk bisa mencatatkan hasil positif.

“Rumput di sini berbeda ketimbang di Amerika,” kata Matsuyama lagi. “Tapi saya besar di Jepang, jadi saya masih merasa nyaman bermain dengan jenis rumput ini. Saya hanya terpaut satu stroke di belakang para pemimpin klasemen, jadi saya pikir saya ada di posisi yang bagus.”

Agar bisa mempertahankan posisi yang ideal untuk meraih gelar PGA TOUR keenam, Matsuyama pun bertekad untuk meminimalkan kesalahannya, seperti yang terjadi di hole 7 dan 17.

Leave a comment