Hideki Matsuyama membuktikan bahwa ia telah kembali ke bentuk permainan terbaiknya, Rory McIlroy menjuarai THE PLAYERS Championship.

Bintang golf Jepang Hideki Matsuyama kembali menembus sepuluh besar pada THE PLAYERS Championship. Prestasi ini merupakan prestasi kedua yang ia raih di TPC Sawgrass.

Pada putaran final yang berlangsung hari Minggu (17/3), Matsuyama bermain dengan skor 5-under 67 yang membawanya finis di peringkat T8 dengan skor total 12-under 276.

Bermain dalam dua putaran akhir pekan dan membukukan skor 11-under, Matsuyama yang telah mengoleksi lima gelar PGA TOUR ini mengaku puas bisa mempertahankan performanya yang positif. Prestasinya kali ini sekaligus menjadi sepuluh besar ketiga baginya pada musim ini.

“Saya melakukan sejumlah pukulan yang berkualitas, terutama dengan iron dan beberapa putt berhasil masuk. Ini akhir pekan yang sangat baik. Saya memainkan 5-iron (di hole 16) dan memukul ke target yang saya inginkan,” papar Matsuyama.

“Saya tak terlalu membandingkan (performa kali ini) dengan 2017 … Semoga saja saya bisa kembali juara.” – Hideki Matsuyama

Dua tahun lalu Matsuyama mencatatkan prestasi terbaiknya dengan finis di peringkat keempat pada daftar poin FedExCup. Ia bahkan sempat berada di No.2 menurut Official World Golf Ranking. Sayangnya, cedera pergelangan tangan menghambat perjalanan kariernya yang tengah meroket itu. Meski demikian, ia mengaku masih puas melakoni musim 2018-2019 ini lantaran belum sekalipun ia gagal lolos cut.

“Ketimbang tahun lalu, tahun ini saya merasa lebih baik lagi. Sejauh ini performa saya juga memuaskan. Permainan yang tanpa hasil memang hanya akan membuat musim ini penuh perjuangan. Tapi sejauh ini cukup bagus … saya merasa percaya diri dengan permainan saya,” ujar Matsuyama.

“Saya tak terlalu membandingkan (performa kali ini) dengan 2017 … yang bisa saya kontrol ialah bagaimana saya bermain sekarang dan saya bermain dengan baik. Saya mendapat hasil (yang membanggakan). Semoga saja saya bisa kembali juara.”

Matsuyama akan rehat sepekan dan akan meramaikan persaingan dua pekan kemudian pada ajang World Golf Championships-Dell Technologies Match Play, di Austin, Texas.

Sementara itu, An Byeonghun menjadi pegolf Asia terbaik kedua pada THE PLAYERS Championship kali ini. Ia harus puas menerima finis di peringkat T26 setelah pada putaran final menorehkan skor 1-under 71. Pada putaran final itu, ia harus kena doule bogey di hole terakhir lantaran pukulan ketiganya masuk air. Selain itu, ia menorehkan lima birdie dengan dua bogey pada hari terakhir tersebut.

“Saya tidak bermain cukup bagus sampai pada titik itu. Seharusnya saya bisa bermain lebih baik lagi. Apalagi saya sempat mengawali pekan ini dengan bagus (menorehkan skor 66), sayangnya saya tidak berhasil melanjutkan momentum. Semoga berikutnya saya bisa terus main bagus,” tutur An.

Rekan senegara An, Kang Sung, yang sempat finis di sepuluh besar sepekan sebelumnya, menutup THE PLAYERS dengan skor 72. Ia finis di peringkat T47. Adapun juara THE PLAYERS 2017 Kim Siwoo bermain dengan skor 73 dan berada di peringkat T56. C.T. Pan dari China Taipei juga harus puas berada di peringkat T72.

Rory McIlroy mengekspresikan emosinya usai memastikan meraih gelar THE PLAYERS Championship. Pekan itu, McIlroy menggunakan perangkat TaylorMade untuk membantunya mencatatkan skor 16-under 272. Foto: Getty Images.

McIlroy menyalip Jim Furyk
Jim Furyk nyaris menciptakan sejarah baru dengan menjadi pegolf tertua pertama yang menjuarai THE PLAYERS Championship. Pegolf berusia 48 tahun ini mematok skor terendah ketika menuntaskan permainan dengan skor total 15-under 273. Sebelumnya, Eddie Pepperell dan Jhonattan Vegas berbagi posisi teratas dengan 14-under 274 sampai Furyk melampaui keduanya.

Akan tetapi, Rory McIlroy justru berhasil melangkahi Furyk ketika mencatatkan birdie di hole 15 dan 16. Dengan keunggulan satu stroke, McIlroy memastikan meraih gelar THE PLAYERS Championship untuk pertama kalinya setelah menorehkan par di dua hole terakhirnya.

Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama bagi McIlroy pada tahun ini setelah beberapa kali nyaris meraih kemenangan.

“Kemenangan ini sangat berarti. Saya tahu hari ini (kemarin) bakal menjadi sangat sulit hanya dengan melihat prediksi cuacanya. Saya pikir skor berapa pun di kisaran 60-an mungkin akan cukup untuk membantu saya memenangkan turnamen ini, dan saya tidak berhasil melakukannya, tapi saya harus menunjukkan karakter permainan saya juga. Main over hingga hole 4, double bogey di hole tersebut, bola masuk air, dan saya pikir semua pengalaman saya beberapa pekan terakhir yang berusaha menang dan tak kunjung menyentuh garis akhir, jelas membantu saya kali ini,” papar McIlroy.

“Sangat bangga rasanya bisa menyebut diri saya sebagai juara THE PLAYERS, turnamen yang belum pernah saya menangkan sebelumnya. Jadi, menyenangkan bisa menambahkan gelar ini ke dalam CV saya.”

Kemenangan ini sekaligus menempatkan McIlroy menjadi satu dari tiga pemain yang berhasil menjuarai FedExCup, THE PLAYERS, ajang Major, dan ajang World Golf Championships. Dua nama lainnya adalah Tiger Woods dan Henrik Stenson.

What’s in the Bag
THE PLAYERS Championship merupakan gelar PGA TOUR ke-15 dalam karier Rory McIlroy, sekaligus kemenangan ketiga bagi TaylorMade M5 dan M6 yang menampilkan teknologi Injected Twist Face. Inilah perangkat yang digunakan pegolf Irlandia Utara tersebut untuk memenangkan ajang flagship PGA TOUR tersebut.

Driver: TaylorMade M5 9°
Fairway: TaylorMade M5 19°
Iron: TaylorMade P790 (2-iron), P750 (3-4-iron), P730 (5-9-iron)
Wedge: TaylorMade Milled Grind Wedge 48°, MG Hi-Toe Wedge 54° dan 60°
Putter: TaylorMade Spider X
Bola: TaylorMade TP5 2019 #22

Leave a comment