Rolex Testimonee Hideki Matsuyama masih menjadi pemain Asia dengan finis di peringkat terbaik pada The Masters Tournament yang baru saja berakhir. Pegolf Jepang berusia 26 tahun ini mencatatkan skor terbaiknya pada putaran final dengan 3-under 69.

Hideki Matsuyama merupakan salah satu dari 13 Rolex Testimonee yang menikmati putaran final pada ajang Major pertama tahun ini. Pencapaian terbaik diraih oleh Rickie Fowler yang berhasil finis sendirian di peringkat kedua, diikuti oleh Jordan Spieth di peringkat ketiga, dan Jon Rahm di peringkat keempat.

Pada putaran final kemarin (8/4), Matsuyama sudah mencatatkan 4 birdie dengan sebuah bogey di sembilan hole pertamanya. Sayangnya, birdie di hole 9 itu menjadi birdie terakhirnya. Sembilan hole terakhirnya ia mainkan dengan even par dan menutup pekan The Masters dengan skor 3-under 69 dan total skor 3-under 285. Dengan hasil tersebut, Matsuyama finis di peringkat 19.

Meski finis di posisi 19 sendirian, skor total yang ia bukukan masih lebih baik ketimbang ketika finis T11 pada edisi tahun lalu. Uniknya, seperti halnya kali ini, pada putaran final The Masters 2017 lalu, Matsuyama juga bermain bagus pada putaran final dan membukukan 5-under 67 dan menjadi pegolf Asia dengan finis terbaik.

Kim Siwoo berada di bawah Matsuyama setelah mencatatkan total skor 1-under 287 selama empat putaran. Pegolf yang segera mempertahankan gelar THE PLAYERS Championship pada bulan Mei mendatang ini sempat main tanpa bogey pada hari ketiga, namun mencatatkan 3 bogey pada putaran finalnya. Beruntung ia mencatatkan 4 birdie untuk skor 1-under 71. Ia finis di posisi T24.

Pegolf Jepang yang menjalani debutnya di Augusta National Golf Club, Satoshi Kodaira mencatatkan hasil yang cukup membanggakan. Kodaira membukukan skor even par 288 setelah menuntaskan putaran finalnya dengan skor 72 berkat 4 bogey dan 4 birdie.

Adapun wakil Asia Tenggara yang juga merupakan pegolf nomor satu Asian Tour pada musim 2013 Kiradech Aphibarnrat menyudahi pekan The Masters dengan finis di peringkat 44 bersama Ian Poulter, Brian Harman, dan Tyrrell Hatton. Pada putaran finalnya, Aphibarnrat kembali bermain under dengan skor 1-under 71 berkat 3 bogey dan 4 birdie.

Sementara itu, Rolex Testimonee asal China, Li Haotong finis di peringkat yang sama dengan Rolex Testimonee lainnya yang merupakan pemegang 5 gelar The Masters dan 14 Major Tiger Woods. Keduanya finis di peringkat T32 dengan 1-over 289.

Jika Li menutup putaran finalnya dengan kembali bermain dengan skor 72—seperti pada hari ketiga—Woods kembali membangkitkan semangat para penonton dengan permainan khasnya dan menutup putaran final dengan 3-under 69. Ini menjadi penampilan Major perdana bagi Tiger setelah absen lama.

Pegolf Amerika Serikat Patrick Reed berhasil memenangkan Major pertama dalam kariernya setelah mencatatkan skor 15-under 273. Ia mengungguli Rickie Fowler dengan satu stroke.