Hideki Matsuyama memulai Masters Tournament pekan ini dengan hasil solid, yang langsung membawanya ke jajaran atas klasemen.

Guyuran hujan mewarnai Masters Tournament pada hari pertama Kamis (12/11) kemarin waktu Augusta, Georgia, AS. Hujan tersebut memaksa para pemain menunda putaran pertama mereka hingga tiga jam. Namun, begitu memungkinkan untuk memulai aksi di lapangan, kondisi lapangan yang basah membuka pintu bagi permainan agresif sehingga banyak birdie tercipta pada putaran pertama. Pegolf Inggris Paul Casey menjadi pemain yang paling sukses memanfaatkan kondisi demikian dengan menorehkan sebuah eagle dan lima birdie untuk memimpin klasemen sementara dengan 7-under 65.

Lapangan yang kondusif demikian ikut membantu sejumlah wakil Asia untuk menorehkan hasil yang solid pada putaran pertama. Hideki Matsuyama dan pemain debutan, yang sekaligus menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara pada ajang Major ini, Jazz Janewattananond mencatatkan skor yang membawa mereka untuk ikut bersaing.

Matsuyama sendiri menunjukkan bahwa dirinya masih pantas menjadi pemimpin bagi legiun Asia di Augusta National pada pekan ini. Catatan skor 4-under 68 yang ia torehkan kemarin menjadi skor putaran pertama terbaik yang ia bukukan dalam sembilan penampilannya pada ajang ini. Dua birdie pertama ia torehkan berkat akurasi approach jitu yang memudahkannya memasukkan putt untuk birdie.

Pemegang lima gelar PGA TOUR ini melanjutkan performanya di sembilan hole berikutnya lewat birdie ketiganya di hole 3 par 4, sebelum tersandung di hole 5. Di hole par 4 itu, approach-nya meleset dari green dan justru masuk ke rough. Meskipun berhasil mengantar bola ke green, putt dari jarak hampir 3 meter itu gagal ia masukkan sehingga ia harus meninggalkan hole tersebut dengan bogey. Meski demikian, Matsuyama berhasil mencatat dua birdie berturut-turut di dua hole terakhir untuk memberinya jarak tiga stroke dari Paul Casey.

 

Jazz Janewattananond menikmati debut yang berkesan di Augusta National dengan torehan skor 3-under 69. Foto: Asian Tour.

 

Sementara itu, pegolf No.1 Asian Tour juga menikmati debutnya yang solid pada Major prestisius ini. Sama seperti Matsuyama, Jazz juga memaksimalkan kondisi lapangan yang memungkinan Juara Indonesian Masters 2019 ini untuk bermain agresif, khususnya di sembilan hole keduanya. Usai membukukan 1-under di hole 2, ia sempat dua kali mendapat bogey, yaitu di hole 11 dan 12, namun berhasil mencatatkan empat birdie di enam hole terakhirnya.

Bagi Jazz, Masters Tournament pekan ini menjadi ajang Major keenam dalam kariernya. Dan skor 3-under 69 memberinya skor putaran pertama terbaik dari seluruh penampilan Major tersebut. Skor ini pun membawanya menjadi salah satu dari empat pemain yang telah menuntaskan putaran pertama dan berada di peringkat 13. Rickie Fowler, Bernhard Langer, Dustin Johnson, dan Justin Rose juga mencatatkan 3-under, tapi keempatnya belum menuntaskan putaran pertamanya.

Sementara itu, pemain debutan lainnya, C.T. Pan juga menikmati penampilan perdana yang berkesan. Pan menjadi pegolf China Taipei pertama yang tampil di Augusta National sejak 2009—Lin Wen-tang menjadi wakil China Taipei kala itu. Dalam putaran pertama, yang sekaligus hari ulang tahunnya yang ke-29, Pan menorehkan skor 2-under 70, yang diwarnai dengan tiga birdie di hole 4, 13, dan 16, yang semuanya ia torehkan dari jarak dekat. Satu-satunya bogey ia torehkan di hole 12 par 3 ketika pukulannya meleset dari green.

Adapun Juara THE PLAYERS 2019 Kim Siwoo juga menorehkan skor yang serupa dengan Pan dan sama-sama berada di peringkat 21. Sementara debutan lain, Im Sungjae menorehkan 2-under setelah baru bisa bermain sebanyak tujuh hole. Im akan menjadi salah satu dari 44 pemain yang melanjutkan putaran pertama mereka pada hari Jumat ini.