Bermain bersih tanpa bogey, Kim Siwoo menempati jajaran atas pada putaran pertama Sony Open in Hawaii.

Tahun baru ternyata memang memberi semangat baru dan start yang positif bagi Kim Siwoo. Pegolf Korea ini bermain tanpa bogey dan menorehkan skor 6-under 64 untuk berada di jajaran atas klasemen sementara dengan menempati peringkat T4.

Pemegang dua gelar PGA TOUR ini layak menghuni posisi yang meyakinkan tersebut mengingat permainan iron-nya yang cemerlang. Sepanjang 18 hole pertama, Kim berhasil 15 kali memenuhi green in regulation di Waialae Country Club di Honolulu. Keenam birdie yang ia torehkan pun ia bukukan dari jarak di bawah 1,5 meter. Untuk sementara ia berada dua stroke di belakang duo pimpinan klasemen, Peter Malnati dan Jason Kokrak, yang sama-sama menorehkan skor 62.

Jelas tidak ada pemain yang tidak senang mendapatkan kartu skor yang bersih dari bogey. Bagi Kim, performa pada putaran pertama ini tak lepas dari bagaimana ia bisa menikmati liburan di Korea untuk mempersiapkan dirinya menyambut kompetisi pada Tahun Baru ini.

”Mengingat ini merupakan turnamen pertama (saya) tahun ini, saya merasa sedikit lebih gugup daripadda biasanya Namun, saya bisa main tanpa bogey dan mempertahankan permainan saya. Pukulan iron saya benar-benar mujarab dan putting saya bisa kembali menjelang akhir putaran sehingga saya bisa mendapat skor yang lebih baik,” tutur Kim, yang juga merupakan Juara PLAYERS Championship 2017.

Saat ini ia menempati peringkat 78 pada klasemen FedExCup. Tahun ini ia juga berniat untuk bisa mengulangi prestasi terbaiknya pada musim 2016 ketika ia meraih gelar PGA TOUR pertamanya pada ajang Wyndham Championship dan mengakhiri tahun tersebut di peringkat 17 pada klasemen akhir FedExCup.

 

 

”Musim reguler tahun lalu terasa lebih panjang karena COVID-19. Saya terpaksa istirahat di Dallas selama beberapa waktu dan kemudian tinggal di Koreae selama empat pekan, yang ternyata menjadi jeda yang positif buat saya. Setelah itu saya kembali ke Dallas dan berlatih sekitar dua pekan. Tidak ada yang terlalu istimewa dalam latihan itu, saya hanya melakukan rutinitas yang biasa,” jelas pemain yang sempat finis di peringkat 4 pada Sony Open in Hawaii 2016, yang juga menjadi prestasi terbaiknya dalam tiga penampilannya pada ajang ini.

”Lapangan ini terlihat berada dalam kondisi yang sangat baik. Saya sendiri harus mempertahankan permainan saya, melakukan apa yang sudah saya latih. Jika bisa mempertahankan laju dan permainan, saya pikir saya bisa menembus posisi atas.”

Bintang asal China Taipei C.T. Pan berada satu stroke di belakang Kim. Dengan skor solid 65, ia menjadi salah satu penghuni peringkat 10 berkat enam birdie dan satu bogey. Adapun bintang asal Jepang Hideki Matsuyama dan pegolf Korea lainnya Kang Sung sama-sama memulai pekan ini dengan skor 66.

Sementara itu, pegolf veteran Korea K.J. Choi mengawali turnamen ini dengan skor 67. Adapun Im Sungjae, yang finis di lima besar pada Sentry Tournament of Champions pekan lalu menorehkan skor 68.

Pegolf India Anirban Lahiri dan Zhang Xinjun asal China menjadi dua dari total 27 pemain yang membukukan skor 1-under 69.