Lima pegolf Asia bersiap untuk memainkan permainan terbaik mereka ketika memainkan putaran akhir pekan di Augusta National Golf Club hari ini (7/4). Jumlah ini dipastikan setelah Hideki Matsuyama, Li Haotong, Satoshi Kodaira, Kim Siwoo, dan Kiradech Aphibarnrat berhasil lolos cut setelah memainkan putaran kedua mereka kemarin (6/4).

Mantan pegolf Asian Tour nomor satu asal Thailand Kiradech Aphibarnrat menunjukkan perjuangan yang luar biasa pada putaran kedua kemarin untuk melanjutkan langkahnya pada ajang The Masters ini. Setelah bermain dengan 7-over 79, Kiradach mencatatkan skor paling rendah di antara para pegolf Asia lain yang berhasil lolos cut dengan membukukan 2-under .

Salah satu sorotan permainannya ada di hole 13 par 5 ketika ia berhasil membukukan eagle di sana. Ketika mencatatkan eagle posisinya memang jauh dari aman lantaran masih berada  6-over, satu stroke melebihi batas cut. Peluangnya mulai terbuka ketika berhasil mencatatkan birdie di hole 15.

Namun, sayangnya ia kembali mendapat bogey di hole 16. Kiradech berhasil menunjukkan kelasnya ketika berhasil mencatatkan birdie di hole terakhir, yang sekaligus membawanya melangkah ke posisi T46 untuk sementara dengan total skor 149.

”Saya tahu saya mesti berjuang keras dan tak boleh menyerah hingga hole terakhir. Setelah main even par di sembilan hole pertama, saya sadar saya mesti mendapat beberapa birdie. Eagle di hole 13 dan birdie di hole 15 dan 18 akhirnya berhasil membawa saya lolos,” ujar Kiradech yang mencatatkan finis T15 pada debutnya dua tahun silam.

Hole 18 dianggap sulit dimainkan pada hari Jumat kemarin (6/4). Tapi sebagai peluang terakhir untuk melangkah ke putaran ketiga dan keempat, Kiradech memukul bolanya hingga berjarak 295 yard sebelum kemudian melakukan pukulan kedua yang mengantarkan bolanya hingga berjarak 3 kaki dari lubang untuk birdie krusial bagi pegolf berusia 28 tahun tersebut.

Seperti yang sudah bisa dibayangkan, legiun Asia kembali dipimpin oleh pegolf Asia terbaik saat ini Hideki Matsuyama. Matsuyama yang pada putaran pertama bermain 1-over 73 berhasil melaju ke putaran akhir pekan setelah membukukan skor 71 untuk total skor 144.

Matsuyama jelas memainkan permainan yang jauh lebih baik kemarin. Ia berhasil mendapat 4 birdie dengan 3 bogey yang menempatkannya di peringkat T18.

Adapun pegolf asal Korea Kim Siwoo memastikan lolos ke dua putaran final setelah membukukan total skor 4-over 148.

Dua pemain debutan pada The Masters pekan ini, Li Haotong dan Satoshi Kodaira juga akan menikmati putaran ketiga dan keempat. Bintang asal China Li berhasil memastikan langkahnya itu meskipun kemarin membukukan skor 4-over 76 dan untuk sementara berada di posisi T23 dengan skor total 145. Kodaira membukukan skor total yang sama setelah bermain 74.

Empat pegolf Asia lainnya, Shubhankar Sharma, Yuta Ikeda, Yusaku Miyazato, dan pemain amatir Lin Yuxin harus mengakhiri pekan The Masters ini lebih awal. Sharma bermain 7-over 151 sementara Ikeda membukukan skor 153. Miyazato mencatatkan skor 154 dan Lin 159.

Meskipun perjalanannya berakhir lebih awal, Sharma mengaku belajar banyak dari pengalamannya pekan ini.

”Pengalaman ini jelas sangat berharga. Saya tak sabar untuk bisa kembali ke sini tiap tahun setelah ini dan saya akan melakukan yang terbaik dan saya paham kalau saya harus memainkan permainan terbaik agar bisa kembali ke sini tiap tahun, tapi jelas ini pengalaman yang fantastis. Lapangannya berada dalam kondisi yang luar biasa, penontonnya juga hebat, dan sangat menyenangkan bisa bermain di depan mereka,” ujar Sharma yang berniat untuk tetap berada di Augusta sebelum menuju Texas untuk memainkan jadwal berikutnya.