Pekan ini lima pegolf Indonesia akan mengikuti putaran final Q-School Asian Tour yang berlangsung di Thailand. Kelima pegolf itu ialah Danny Masrin, Rory Hie, George Gandranata, Ian Andrew, dan Jordan Irawan. Putaran final ini sendiri akan dimainkan di Suvarnabhumi Golf and Country Club, Bangkok mulai 11-14 Januari mendatang.

Lapangan tersebut, dulu dikenal sebagai President Country Club, merupakan lapangan 36 hole yang terdiri dari West Course, South Course, North Course, dan East Course, yang masing-masing memiliki 9 hole. Danny, Rory, dan George akan memainkan lapangan West dan North, sementara Ian dan Jordan akan memainkan lapangan East dan South.

Tahun ini putaran final Q-School Asian Tour menjadi medan terakhir untuk memperoleh keanggotaan Asian Tour musim 2017. Para pemain yang ada di zona 40 besar, berikut ties, akan mendapatkan kartu Asian Tour. Sebanyak lebih dari 550 pemain bersaing untuk mendapatkan kartu Asian Tour tahun ini.

Pada putaran final kali ini, 221 peserta dari 30 negara akan memulai perjuangan mereka pada Kamis (11/1) mendatang. Thailand menyumbangkan jumlah peserta terbanyak pada putaran final ini dengan total 38 pegolf. Amerika Serikat berada di tempat kedua dengan total 28 peserta, sementara Korea mengikuti di belakang dengan 25 pemain.

Pada tahap final Q-School tahun lalu, Indonesia diwakili oleh Rory Hie, George Gandranata, dan Ian Andrew. Rory Hie nyaris mendapatkan kembali kartu Asian Tour. Dalam empat putaran yang ia mainkan, Rory mencatatkan 1-under 283, hanya kurang 2 stroke dari peringkat ke-40. Sementara itu, George hanya bermain 3-over 287, sementara Ian bermain 5-over 289.

Dengan perkembangan yang demikian pesat, Asian Tour telah menjadi target bagi para pegolf di seluruh dunia untuk memulai karier profesionalnya. Beberapa nama yang telah meraih sukses melalui sirkuit ini ialah pegolf Thailand Thongchai Jaidee dan Kiradech Aphibarnrat, serta baru-baru ini ialah Scott Hend asal Australia.

Sejumlah pemain lulusan Q-School, seperti Chan Shih-chang, Danthai Boonma, dan Shaun Norris, bahkan telah menikmati gelar juara Asian Tour.