Tampil tanpa ekspektasi, Kiradech Aphibarnrat mencatatkan finis positif pada At&T Byron Nelson.

Ajang AT&T Byron Nelson pada pekan lalu menghadirkan prestasi positif lain bagi satu-satunya wakil Asia Tenggara pada kancah PGA TOUR tahun ini. Bintang golf asal Thailand, Kiradech Aphibarnrat mencatatkan performa membanggakan dengan menorehkan prestasi lima besar ketiga sepanjang bermain pada level PGA TOUR. Pada ajag yang berlangsung di Trinity Forest Golf Club tersebut, ia berhasil mencatatkan 17-under 267 dan menjadi salah satu penghuni di peringkat lima.

Pada putaran final itu, Kiradech berhasil mencatatkan skor terendahnya pada musim ini dengan bermain 7-under 64. Skor total 267 miliknya juga menjadi skor total terbaiknya sepanjang tahun ini. Ini berarti ia pun memperbaiki peringkatnya pada klasemen FedExCup sehingga kini berada di peringkat 61. Hasil ini otomatis juga berpeluang melambungkan peringkatnya pada peringkat Tim Internasional yang akan berhadapan dengan Tim AS pada Presidents Cup, yang bakal digelar di Ryoale Melbourne Golf Club bulan Desember tahun ini.

Performa kali ini tak lepas dari ketajaman permainan putting-nya. Statistik putting Kiradech bahkan menempatkannya di jajaran teratas untuk kategori putting, yang di antaranya ia tampilkan pada putaran final. Kiradech menorehkan tujuh birdie dengan tanpa bogey pada hari terakhir.

“Saya menggulirkan bola dengan cukup bagus pekan ini. Kalau melihat statistiknya, saya sangatlah konsisten dan saya bisa mendapat kecepatan yang bagus dan menggulirkan bola sesuai dengan jalurnya,” tutur Kiradech, yang meraih finis lima besar lainnya pada dua ajang World Golf Championships, yaitu pada WGC-HSBC Champions di China dan WGC-Mexico Championship.

Hasil ini jelas sangat ia butuhkan mengingat ini pertama kalinya ia mengikuti turnamen pasca-cedera dan rehat selama tiga pekan.

Para penggemar golf tentu masih mengingat bagaimana ia melakukan pukulan recovery di Augusta National Golf Club, yang membuatnya sampai terjatuh dan menimbulkan cedera pada lututnya. Meski pada tayangan video terkesan posisi jatuhnya tidak terlalu fatal, toh peristiwa tersebut ternyata merobek bagian Anterior Cruciate Ligament (ACL).

“Saya cukup terkejut dengan hasil yang saya dapatkan apalagi setelah absen tiga pekan tanpa memukul bola sama sekali.” – Kiradech Aphibarnrat

Kiradech sempat kembali ke Asia Tenggara dan bermain pada ajang Asian Development Tour, Butra HeidelbergCement Brunei Championship, untuk mempertahankan gelar yang ia menangkan tahun lalu. Ia sempat bermain tiga putaran, namun harus mundur pada putaran final lantaran cedera lututnya itu kembali kambuh dan memaksanya rehat selama tiga pekan.

“Pekan ini (pekan lalu), saya hanya bermain untuk sekedar menikmati permainan, mendapatkan sensasi (memukul) bola. Saya cukup terkejut dengan hasil yang saya dapatkan apalagi setelah absen tiga pekan tanpa memukul bola sama sekali. Bisa bermain bebas ternyata membantu karena kadang Anda tidak tahu apa yang bakal terjadi setelah tidak memukul bola selama beberapa waktu,” sambung Kiradech lagi.

“Saya bisa terus melihat jalur guliran bola dan bisa membayangkan kecepatannya. Bisa terus melakukan apa yang saya lakukan saat ini dan saya harap hal ini bisa berlanjut pekan depan (pekan ini).”

Hasil meyakinkan ini tak hanya bakal meningkatkan percaya dirinya untuk melakoni sisa musim ini, tapi juga bakal sangat bermanfaat ketika ia turun pada ajang Major kedua musim ini, U.S. PGA Championship, yang akan dimainkan di Bethpage Black. Ini akan menjadi penampilannya yang keenam pada ajang Major ini. Hasil terbaik sejauh ini ialah finis T25 pada tahun 2013. Bulan lalu ia berhasil finis di peirngkat T49 pada The Masters. Mungkinkah kali ini kita akan melihat performa terbaiknya lagi?

Pegolf Korea Selatan Kang Sung sukses menjuarai AT&T Byron Nelson setelah mengumpulkan skor total 23-under 261. Kemenangan istimewa ini terjadi persis tiga pekan setelah pegolf China Taipei C.T. Pan menjuarai RBC Heritage. Kemenangan Kang ini sekaligus menempatkannya sebagai pegolf kelahiran Korea ke-10 yang menjuarai ajang PGA TOUR.

Leave a comment