Li Haotong berniat meneruskan tren positif dalam keikutsertaan ketiga pada U.S. Open pekan ini.

Ajang Major dengan total hadiah terbesar di antara keempat Major akan segera dimulai besok. Edisi ke-119 U.S. Open pekan ini memberi kesempatan ketiga bagi para pegolf Asia untuk kembali bersinar. Dan nada optimis tersebut sekali lagi dikemukakan oleh para wakil Asia ini, salah satunya ialah Li Haotong.

Pegolf nomor satu China ini, merupakan salah satu bintang Asia yang kembali tampil pada U.S. Open. Dalam dua tahun terakhir, Li telah menunjukkan peningkatan kualitas permainan ketika bermain pada ajang Major tertua kedua di dunia ini. Ketika melakoni debutnya dua tahun silam di Erin Hills, Li harus puas finis di peringhkat 68. Lalu ketika Brooks Koepka mempertahankan gelarnya tahun lalu, ia finis di peringkat T16. Maka tak heran jika ia berniat untuk kian mendapatkan pengakuan publik dunia ketika bermain dalam U.S. Open ketiga baginya pekan ini.

Pekan ini, Pebble Beach diprediksi akan menjadi seperti biasanya lapangan penyelenggara U.S. Open pada umumnya. Skor-skor besar diprediksi akan bertaburan, mengingat set up sulit yang biasa dilakukan USGA untuk ajang ini. Meski demikian, Li menegaskan kesiapannya untuk bertarung menghadapi para pegolf terbaik di dunia. Tidak tanggung-tanggung ia malah berharap Pebble Beach dimainkan dengan lebih sulit lagi kali ini.

“Saya senang bermain di lapangan dan kondisi yang berat. Saya rasa ketika bermain dalam kondisi demikian, saya merasa lebih nyaman karena saya tahu, pemain lain juga akan main jelek. Kalau saya bisa main sedikit lebih baik saja, pasti hasilnya akan bagus buat saya,” ujar Li, yang kini berperingkat 40 dunia.

“Kemenangan pada ajang Major bakal berdampak sangat luar biasa bagi para pegolf China dan bagi saya.”

Pemegang dua gelar European Tour ini memang belum pernah bermain di Pebble Beach sebelumnya. Ia hanya menyaksikannya dari TV.

“Saya menantikannya. Saya merasa sangat bersemangat terutama karena saya bermain dalam ajang Major. Saya belum pernah ke Pebble Beach, saya pikir bermain di sini akan sangat seru. Ada banyak kisah menarik yang saya dengar tentang lapangan ini dan saya hanya ingin menampilkan permainan terbaik saya. Persiapannya bakal sama, yang pasti harus lebihe fokus, dan tidak perlu terlalu banyak berpikir,” ujarnya.

Bagi Li, U.S. Open kali ini merupakan ajang yang sangat penting baginya. Tidak hanya karena ini merupakan ajang Major, tapi juga bila bisa bermain dengan baik dan finis di posisi yang meyakinkan, ia berpeluang untuk menerima undangan sponsor tanpa batas untuk bermain pada PGA TOUR sepanjang sisa musim ini. Dan itu berarti, ia berpeluang meraih kartu PGA TOUR melalui kategori Non-Member FedExCup Points List.

Saat ini ia berada di peringkat 243 setelah finis solid pada World Golf Championships-HSBC Champions (T11), WGC-Mexico Championship (T19), dan WGC-Dell Technologies Match PLay (T9). Ia tinggal membutuhkan 23 poin lagi untuk meraih status Special Temporary Membership. Lalu ia juga harus menyamai atau melampui peringkat 125 pada FedExCup Points List akhir pada akhir musim 2018-2019 untuk mendapat hak main penuh pada PGA TOUR musim 2019-2020. Untuk itu, ia hanya perlu berbagi tempat dengan dua pegolf lain di peringkat 35, atau finis di peringkat 34 dengan enam pemain lainnya, atau finis lebih baik lagi pekan ini.

U.S. Open pekan ini memberi peluang bagi Li Haotong untuk mengejar status Special Temporary Membership pada PGA TOUR. Foto: Getty Images.

Performa meyakinkan pekan ini juga berarti ia memantapkan posisinya di daftar calon anggota Tim Internasional untuk Presidents Cup bulan Desember 2019 ini. Dan kali ini ia sangat berpeluang untuk menjadi pegolf China pertama yang tampil dalam ajang yang berhadapan dengan para pegolf terbaik Amerika itu.

Jelas targetnya ialah menjadi juara Major. Baginya hal ini akan memberikan dampak yang sangat besar bagi golf di China. Ia melihat sendiri bagaimana kehadiran ajang besar, seperti WGC-HSBC Champions dan PGA TOUR Series-China memberi efek yang sangat positif. Bahkan ia sendiri menjuarai Order of Merit PGA TOUR Series-China ketika ajang batu loncatan menuju Web.com Tour ini dimulai pada 2014.

“Menjuarai ajang Major bagi saya tidaklah terlalu jauh, tapi pertama-tama saya harus menjuarai ajang PGA TOUR dulu,” ujarnya. “Kemenangan pada ajang Major bakal berdampak sangat luar biasa bagi para pegolf China dan bagi saya.”

Dari dua ajang Major yang ia ikuti tahun ini, Li masing-masing finis di peringkat T43 dan T36 pada ajang Masters dan U.S. PGA Championship. Finis di posisi yang bagus pada pekan ini jelas akan membuatnya meninggalkan rekam jejak yang positif pada ajang Major tahun ini.

Leave a comment