Kolaborasi LG Electronics dan Hyundai Motor menghadirkan kenyamanan khas rumah dalam perjalanan.

Kendaraan listrik masa kini memiliki keunggulannya tersendiri. Tak hanya kendaraan ini lebih ramah lingkungan, tapi juga membuat kendaraan memiliki ruang ekstra. Pasalnya, kendaraan listrik tak lagi dibebani oleh keberadaan mesin pembakaran internal dan komponen-komponen mekaniknya. Interior kendaraan pun menjadi lebih luas sehingga memberi ruang kreativitas dan inovasi berlebih.

Fakta tersebut kemudian dimanfaatkan oleh LG Electronics dan Hyundai Motor untuk menerapkan keahlian masing-masing merek dalam memberi kenyamanan gaya hidup konsumen dan kendaraan listrik pribadi. Kolaborasi ini hadir dalam IONIQ Concept Cabin.

 

Secangkir kopi seperti ini dapat tersaji selagi melakukan perjalanan pada pagi hari. Foto: LG Electronics.

 

IONIQ Concept Cabin dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang menghadirkan kenyamanan khas rumah dalam perjalanan. Dalam kabin ini, misalnya, kapsul mesin pembuat kopi akan menghadirkan secangkir kopi hangat bagi penumpang yang tengah melakukan perjalanan padap agi hari. Adapun kompartemen di bawah kursi akan mengeringkan dan menyegarkan atau menyimpan sepatu selama perjalanan. Sedangkan lemari pakaian bisa digunakan untuk menjaga pakaian tetap licin dan bebas kerut. Ada pula kulkas kecil yang siap menyimpan minuman dingin.

Jika Anda merasa fasilitas itu cukup, nanti dulu! Pusat perhatiannya justru terlihat pada layar OLED fleksibel yang menghias langit-langit interior kendaraan. Para penumpang di belakang bisa menyesuaikan sudut lengkungan dengan gerakan tangan yang intuitif guna mengoptimalkan sudut pandang. Layar OLED 77 inchi ini bisa dibagi dua sehingga penumpang bisa menikmati tayangan berbeda secara bersamaan. Pengeras suara di senderan kepala juga akan menciptakan audio yang persional sehingga tak mengganggu penumpang lainnya.

 

Penyimpanan sepatu di bawah tempat duduk ini akan sekaligus mengeringkan sepatu. Foto: LG Electronics.

 

Tak sampai di situ, LG dan Hyundai juga menciptakan inovasi lain setelah penumpang meninggalkan kabin kendaraan. Begitu kabin kosong, sebuah sliding bar akan membersihkan, mengangkat sampah, dan mengepel lantai. Pada saat yang sama, lampu-lampu LED UV akan menyala untuk mendisinfeksikan interior kendaraan dari berbagai kuman dan mikroorganisme.

LG sendiri telah terlbiat sebagai solusui kendaraan terkoneksi pada ajang CES 2020. Pada ajang tersebut mereka telah menunjukkan pengalaman dalam kendaraan yang telah dipersonalisasikan, yang memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk membawa pengalaman di rumah mereka dalam perjalanan yang mereka tempuh.

 

Segera setelah kabin kosong, lantai akan dibersihkan dan lampu LED UV akan membersihkan ruangan dari berbagai kuman dan mikroorganisme. Foto: LG Electronics.

 

”Dengan IONIQ Cabin Concept ini, kami meningkatkan level pengalaman tersebut dengan menjalin kemitraan dengan Hyundai, yang membawa pengalaman mobilitas sejati yang mereka miliki,” ujar Corporate Design Management Center LG Electronics Lee Chul-bae.