Hole 1, Par 5—459 meter. Bagi pemain dengan pukulan yang tidak terlalu jauh, penempatan bola menjadi hal yang penting di hole pembuka ini. Pastikan agar bola mencapai fairway. Jika pukulan kedua bisa dipertahankan tetap di fairway, jarak ke green sekitar 60-90 meter sehingga relatif mudah mencapai green. Perlu diperhatikan penempatan pin; jika di merah relatif mudah, tapi kalau di biru, bola harus melintasi gundukan sehingga sebelum mengarahkan bola ke green, pemain sudah harus berpikir apakah hendak melakukan penempatan bola atau menembak langsung ke pin.

Hole 3, Par 4—398 meter. Sekali lagi, pegolf yang bukan bertipe pemukul jauh mesti bermain rileks dan tidak ngotot di hole ini, terutama karena jaraknya tidak terlalu jauh. Sikap bermain yang rilesk dimaksudkan untuk menghindari pukulan slice yang bisa berujung bola menyasar ke bunker, flower bed, atau malah masuk ke perumahan. Hindari juga pukulan yang terlalu draw untuk menghindari paving dan OB. Jika pukulan Anda standar, jarak ke green akan berkisar 180 meter atau 130 meter bagi yang pukulannya jauh. Kemiringan green tak terlalu tajam, namun bagi yang baru pertama kali bermain, butuh penyesuaian untuk membaca dan menaklukkan green di hole ini.

Hole 5 Par 4—433 meter. Tantangan di hole ini berupa jarak dan rintangan. Di sisi kanan fairway ada bunker dan kolam. Sementara di sebelah kiri terdapat bunker, dan sebelum green juga ada bunker. Jadi, kunci bermain di hole ini ialah memastikan bola mengarah ke tengah fairway dan menghindari sikap main yang terlalu ngotot. Syarat bermain aman di sini ialah memiliki chip yang akurat untuk mencapai green.

Hole 9 Par 5—507 meter. Ini merupakan hole dogleg lain dari Ciputra Golf. Rintangan di sini berupa bunker di sisi kanan fairway, dan rintangan air pada pukulan kedua. Pemain yang mahir mengontrol bola dan tenaga mungkin cenderung tergoda untuk mencapai green pada pukulan kedua. Untuk menghindari air—terutama bagi pemain yang mudah ragu—disarankan untuk melakukan penempatan bola yang baik sehingga jarak ke green bisa dipersingkat sehingga tersisa 30-40 meter. Hole ini memang menuntut kejelian pemain karena selain sisi kanan dan kiri terdapat bunker, di sisi kanan green juga ada bunker dengan air di belakang dan sisi kiri green. Selain mesti membaca jalur putting dengan cermat, Anda perlu mengontrol power untuk menaklukkan green di sini.

  • Teks Raka S. Kurnia dan Emy Andrianto
  • Foto Taufik Dwilesmana