Pegolf Indonesia Kurnia Herisiandy Santoso menargetkan masuk 20 besar pada akhir perhelatan BNI Indonesian Masters presented by Zurich di Royale Jakarta Golf Club, Jakarta. Kurnia menunjukkan nada yang sangat optimis meskipun pada hari ini (8/10) ia bermain 3-over 75.

Mencatatkan 2 birdie dan 5 bogey, Kurnia mencatatkan total skor 1-over 217. Meskipun saat ini ia berada di peringkat 61, Kurnia masih sangat optimis untuk bisa bermain baik pada putaran akhir besok (9/10).

”Tetap optimis berusaha lebih baik. Kali ini saya merosot ke bawah, tapi saya akan berusaha masuk 20 besar,” ujarnya dengan tegas.

Kurnia sempat merasa sedikit emosi dengan kedinya. Di hole 11, ia mendapati kedinya melakukan kesalahan saat mengangkat pin. Rasa kesal itulah yang kemudian mengganggu permainannya sehingga mendapat tiga bogey berturut-turut di hole 11-13.

Permainannya sempat pulih, namun masih belum mendapatkan birdie. Beberapa kali ia terpaksa melakukan up-and-down, seperti di hole 16 ketika pukulan keduanya dari rough sebelah kiri fairway malah melewati green dan kembali masuk ke rough di belakang green. Pukulan ketiganya sempat mengenai pin dan membuat bola berhenti sekitar dua meter dari hole.

Di hole berikutnya, pukulan keduanya masuk ke bunker sebelah kiri. Meskipun pukulan ketiganya membuat bola berhenti di rough kanan green, ia masih bisa mengamankan par setelah chipping-nya langsung masuk.

”Kaki saya sempat merasa sakit lantaran salah memakai sepatu. Akibatnya kaki kanan dan kiri saya lecet.” tutur pegolf yang akrab disapa Heri ini.

Pegolf yang karier golfnya mulai tumbuh di Bukit Barisan Country Club ini kembali mendapat bogey di hole 1.

”Di hole [ke-]10 ada saya sempat terganggu oleh media. Waktu saya mau putting, dia berjalan di depan saya,” tutur Kurnia. ”Saya terpaksa mundur dulu. Tapi waktu putting akhirnya tidak masuk dan saya kena bogey.”

Birdie yang ia nantikan akhirnya ia peroleh di hole 3 dan 5. Sayangnya, ia kembali mendapat bogey di hole 7.

Meskipun sempat mengalami penundaan akibat hujan, Kurnia masih bisa mempertahankan permainannya dan mengakhiri putaran ketiga ini dengan total skor 1-over 217.

Pegolf senior lainnya, Nasin Surachman harus menjalani putaran yang berat hari ini. Sama seperti Kurnia yang bermain dari hole 10, Nasin bermain 1-over di sembilan hole pertamanya.

Faktor stamina tampaknya menjadi salah satu tantangan bagi pegolf asal Sawangan ini. Beberapa kali pukulannya gagal menemui sasaran. Akibatnya di sembilan kedua, permainannya menurun dengan mencatatkan dua bogey dan satu double bogey.

Saat ini Nasin berada di peringkat 67 atau juru kunci. Meski demikian, ia masih berpeluang untuk memperbaiki posisinya pada putaran akhir besok.

Informasi lengkap papan klasemen dan jadwal tee off bisa Anda dapatkan di www.indonesianmasters.co.id atau www.asiantour.com.