Pegolf India Mukesh Kumar membuktikan pepatah yang berbunyi ”makin tua makin jadi” ketika ia akhirnya memenangkan Panasonic Open India sebagai gelar internasional pertama dalam kariernya.

Pegolf yang berusia 51 tahun dan 126 hari ini memberi pelajaran berharga bagi para pesaingnya yang lebih muda agar tetap tenang menghadapi persaingan sengit. Gelar ini sekaligus mengakhiri penantiannya selama 32 tahun untuk menjuarai gelar internasional in.

”Saya amat bangga pada diri sendiri. Saya sudah menanti selama 32 tahun (sejak beralih profesional) untuk kemenangan ini. Gelar ini sangat berarti buat saya karena inilah kemenangan internasional saya,” ujar Kumar.

Kumar yang di sirkuit domestik telah menjadi salah satu pemain yang sangat dominan, benar-benar mengandalkan pengalamannya selama bertahun-tahun untuk akhirnya berhasil mendapatkan sorotan dari publik golf dunia.

”Tatkala saya memimpin di Tour lokal, tidaklah mudah buat saya untuk bisa mempertahankannya. Tapi kali ini sensasinya berbeda karena saya tahu ada banyak pemain bagus yang bertanding,” ujarnya lagi. ”Saya amat gembira bisa tetap fokus dan menuntaskan permainan.”

Keberhasilan Kumar ini pun mengundang pujian dari pegolf India lainnya. Jeev Milkha Singh, misalnya, memuji Kumar lewat Twitter-nya dengan menulis, ”Mukesh Kumar adalah contoh yang perlu kita ikuti. Ia tetap setia menekuni pekerjaannya dan memetik buahnya bahkan pada usia 51. Selamat!”

S.S.P. Chawrasia juga memuji Kumar dengan menulis, ”Kita semua mendapat pelajaran dari Mukesh Kumar. Dia inspirator sejati. Juara yang sangat pantas!”

Sayangnya, Kumar akan melewatkan turnamen terakhir Asian Tour musim ini, UBS Hong Kong Open.

”Saya akan bermain pada Asian Tour tahun depan setelah memenangkan kartu saya. Tapi saya tak bakal bermain di Hong Kong Open pekan depan (pekan ini) karena saya takkan sempat memperbarui paspor saya,” tuturnya.

Panasonic Open India ini sendiri menjadi satu-satunya turnamen yang terpaksa dimainkan hanya 54 hole setelah kabut tebal memaksa sejumlah penundaan. Dua pegolf Indonesia yang ikut berlaga di Delhi Golf Club, Rory Hie dan Danny Masrin juga terpaksa gugur lebih awal. Rory mencatatkan total  5-over  149, sementara Danny bermain 8-over 152.