TaylorMade Driving Relief akan mempertemukan dua pasang bintang top dunia dalam upaya menggalang dana membantu penanganan COVID-19.

Para penggemar golf dunia bakal segera menikmati aksi para bintang PGA TOUR pada tanggal 17 Mei 2020 mendatang. Meski bukan berupa sebuah turnamen, tapi ajang bertajuk TaylorMade Driving Relief ini dijamin bakal menyuguhkan tontonan yang sangat menarik, terutama setelah hampir delapan pekan tidak mendapatkan tayangan golf langsung.

TaylorMade Driving Relief merupakan kerja sama PGA TOUR, NBC Sports, Sky Sports, dan TaylorMade yang digarap untuk partai amal senilai US$3 juta, yang akan dilangsungkan di Seminole Golf Club. Ajang yang didukung oleh UnitedHealth Group ini bermaksud untuk menggalang dana dan kesadaran bagi American Nurses Foundation dan CDC Foundation. Dua organisasi tersebut berada di garda depan dalam upaya membantu penanganan COVID-19.

TaylorMade Driving Relief ini dikemas sebagai partai berformat skin match yang mempertemukan Rory McIlroy, Dustin Johnson, Rickie Fowler, dan Matthew Wolff. McIlroy, yang merupakan pemegang dua gelar FedExCup dan No.1 Dunia saat ini akan berpasangan dengan Johnson yang telah mengoleksi 20 gelar PGA TOUR. Sementara Fowler akan berpasangan dengan Wolff, Juara NCAA National 2019 yang juga telah menjuarai satu gelar; keduanya juga merupakan alumni Oklahoma State University.

“Sungguh berat rasanya menyaksikan betapa banyak yang harus bertahan menghadapi beberapa pekan terakhir dalam suasana pandemi COVID-19. Saya bersemangat dan bersyukur kepada TaylorMade dan UnitedHealth Group yang memungkinkan ajang seperti ini bisa dilangsungkan, sekaligus memberi kesempatan untuk menunjukkan dukungan kami kepada mereka yang berjuang di garis terdepan,” ujar McIlroy, yang telah mengemas 18 gelar PGA TOUR, termasuk 4 Major, 3 gelar World Golf Championships, THE PLAYERS Championship 2019, serta gelar FedExCup 2016 dan 2019. McIlroy sendiri saat ini merupakan duta bagi TaylorMade dan UnitedHealth Group.

Johnson menimpali, dirinya tak kalah bersemangatnya untuk berpasangan dengan McIlroy.

“Saya berharap Rory dan saya bisa mengalahkan Rickie dan Matthew dan membantu mengumpulkan banyak uang untuk mendukung kegiatan amal ini dan mereka yang paling terdampak COVID-19.” — Dustin Johnson

“Seminole adalah lapangan yang sangat bagus dan pasti sangat menyenangkan bisa menunjukkannya ke seluruh dunia lewat ajang ini. Saya yakin Rickie dan Matthew juga akan siap menghadapi kami, tapi saya berharap Rory dan saya bisa mengalahkan mereka dan membantu mengumpulkan banyak uang untuk mendukung kegiatan amal ini dan mereka yang paling terdampak COVID-19,” ujar Johnson, yang saat ini merupakan pegolf No.5 Dunia.

Ajang ini juga telah mendorong Farmers Insurance untuk menyumbangkan US$1 juta untuk birdie dan eagle yang didapatkan. Dana ini nantinya akan disumbangkan kepada Off Their Plate, sebuah organisasi amal yang membantu para pekerja kesehatan COVID-19, yang juga memberi dukungan bagii para petugas di garda depan.

Fowler sendiri mengungkapkan antusiasmenya terhadap ajang ini. Tidak hanya mengingat dampak yang bakal diberikan kepada mereka yang bakal menerima sumbangan, tapi juga mengingat inilah aktivitas olahraga yang bisa kembali ditayangkan langsung di televisi.

“Ketika mendengar rencana kegiatan ini, saya langsung bersemangat untuk terlibat. Ini kesempatan istimewa untuk bisa memberi dampak dan mengumpulkan sumbangan melalui olahraga kami, apalagi saya bisa melakukannya bersama Matthew sebagai rekan saya. Bagi Matthew dan saya, main agresif bukanlah masalah, jadi bukan hal besar bagi kami untunk mencoba mendapatkan bonus birdies-and-eagels yang telah didukung oleh Farmers Insurance hingga senilai US$1 juta,” ujar Fowler, yang juga merupakan duta bagi Farmers Insurance.

Bagi McIlroy, Johnson, dan Fowler, kehadiran Wolff sebagai sala satu atlet TaylorMade memang terbilang baru. Wolff baru beralih profesional bulan Juni 2019 lalu, dan meraih gelar PGA TOUR pertamanya sebulan setelah ia beralih profesional. Ia menjadi pegolf ketiga setelah Ben Crenshaw dan Tiger Woods yang meraih gelar individu NCAA Championship dan PGA TOUR pada tahun yang sama.

“Kami akan memberikan yang terbaik dan yang terpenting membantu para pahlawan di garis terdepan untuk membantu kami melewati masa-masa sulit ini.” — Matthew Wolff

“Rory dan DJ telah menyambut saya ke dalam Tim TaylorMade dengan tangan terbuka dan kami menjadi teman baik. Jadi, saya tak sabar untuk menikmati kompetisi yang menyenangkan menghadapi para koboi, saya dan Rickie. Kami akan memberikan yang terbaik dan yang terpenting membantu para pahlawan di garis terdepan untuk membantu kami melewati masa-masa sulit ini,” tutur Wolff.

Dalam kompetisi ini, McIlroy dan Johnson akan mewakili American Nurses Foundation. Adapun Fowler dan Wolff mewakili CDC Foundation.

Kapan Diselenggarakan?
TaylorMade Driving Relief akan diadakan pada 17 Mei 2020 dengan tayangan langsung dari pukul 14:00-18:00 Eastern Time. Ini berarti para penggemar golf di Indonesia bisa menyaksikan tayangan ini pada 18 Mei 2020 pukul 01:00-05:00 WIB.

NBC, Golf Channel, NBCSN, Sky Sports, dan rekan-rekan media global PGA TOUR lainnya dijadwalkan akan menyiarkan kompetisi ini secara langsung.

TaylorMade Driving Relief juga bisa disaksikan secara live streaming melalui PGA TOUR LIVE (NBC Sports Gold dan Amazon Prime Video), GOLFPASS, GolfChannel.com, dan GOLFTV powered by PGA TOUR.

Selain itu, tayangan langsung sebelum pertandingan dimulai dan dua hole pertama juga akan disiarkan langsung melalui Twitter.

“Dengan partisipasi Rory, Rickie, Dustin, Mattthew dari Tim TaylorMade, dan UnitedHealth Group, serta Farmers Insurance, para penggemar golf di seluruh dunia bakal mendapatkan hiburan interaktif yang unik dan menghibur, yang akan membantu mereka yang membutuhkan.” — Komisioner PGA TOUR Jay Monahan

PGA TOUR Entertainment akan melakukan siaran langsung ini dengan melibatkan komentator NBC Sports, Mike Tirico dari rumahnya di Michigan. Selain itu analis Paul Azinger dan Gary Koch, serta komentator sepanjang permainan Rich Lerner juga akan terlibat. Reporter di lapangan yang bakal bertugas di Seminole Golf Club ialah Jerry Foltz dan Steve Sands.

Mengikuti Protokol Ketat
Kompetisi ini sendiri dipastikan akan mengikuti panduan social distancing yang ketat dari CDC, peraturan lokal, dan akan menjalani pengetesan kesehatan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para pegolf, kru produksi, dan pihak pendukung lain.

Selain total US$4 juta tersebut, PGA TOUR Charities juga akan mengumumkan aktivasi wadah Text-To-Donation dan donasi online yang didukung oleh GoFundMe. Hal ini menjadi langkah untuk mengajak para penonton agar bisa ikut memberi kontribusi tambahan sekaligus ikut memberi sumbangan untuk bantuan penanganan COVID-19.

“Kami bersemangat menyambut kembalinya siaran golf langsung yang diadakan dengan aman dan bertanggung jawab, dan peluang untuk mengumpulkan sumbangan secara signifikan kepada mereka yang ada di garis terdepan menghadapi pandemi COVID-19 melalui TaylorMade Driving Relief ini,” ujar Jay Monahan, Komisioner PGA TOUR.

“Dengan partisipasi empat bintang top PGA TOUR, Rory, Rickie, Dustin, Matthew dari Tim TaylorMade dan UnitedHealth Group sebagai yayasan yang memberikan sumbangan, dan Farmers Insurance yang menyediakan bonus tambahan, para penggemar golf di seluruh dunia bakal mendapatkan hiburan interaktif yang unik dan menghibur, yang akan membantu mereka yang membutuhkan.”