Bintan bakal menjadi tuan rumah untuk Global Qualifying Tournament PGA TOUR Series-China awal tahun 2020.

PGA TOUR Series-China mengumumkan rangkaian Qualifying Tournament 2020 mereka bakal dimulai pada bulan Januari ini. China akan menjadi tuan rumah untuk dua turnamen, yaitu Mainland China Qualifying Tournament, yang akan diadakan di Foison Golf Club di Guangzhou dan satu Global Qualifying Tournament, yaitu di Mission Hills Golf Club (Lava Fields) di Haikou. Menariknya, dua Global Qualifying Tournament lainnya akan diadakan di Thailand, dan, untuk pertama kalinya, di Indonesia, yaitu di Bintan.

Foison Golf Club akan kembali menjadi tuan rumah bagi kualifikasi pertama, yang akan diadakan pada 7-10 Januari 2020. Turnamen ini ditujukan khusus bagi para pegolf yang memiliki paspor China Daratan.

Adapun tiga Global Qualifying Tournament akan ditujukan bagi para pegolf di luar China Daratan. Indonesia mendapat kesempatan untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah. Global Qualifying Tournament No.1 ini akan digelar di Lagoi, Bintan, yaitu di Laguna Bintan Resort pada 14-17 Januari 2020.

Setelah jeda selama lima pekan untuk menyambut Tahun Baru Imlek, rangkaian kualifikasi global ini akan dilanjutkan ke Mission Hills Golf Club Lava Fields Course pada 25-28 Februari 2020. Sepekan kemudian, Laguna Phuket Golf Club di Phuket, Thailand akan menjadi tuan rumah kualifikasi global yang terakhir, yaitu pada 3-6 Maret.

PGA TOUR Series-China juga mulai menerima pengajuan untuk mengikuti rangkaian Qualifying Tournament ini. Per 11 November 2019 ini, mereka yang sempat menjadi anggota pada PGA TOUR Series-China, Korn Ferry Tour, PGA TOUR Latinoamerica, dan MacKenzie Tour sudah dapat mendaftarkan dirinya. Sementara pendaftaran untuk pemain lainnya bisa dilakukan mulai 14 November 2019 mendatang.

Mereka yang ingin mengikuti Global Qualifying Tournament diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar US$1.650. Adapun untuk Mainland China Qualifying Tournament dikenakan biaya pendaftaran sebesar RMB8.000.

Tiap Qualifying Tournament nantinya akan diikuti 120 peserta, dengan pemenang pada tiap 72 hole stroke play ini akan mendapat exemption penuh untuk sepanjang musim 2020. Adapun juara dan pemain yang finis di peringkat 2-12 pada Mainland China Qualifying Tournament akan mendapatkan exemption penuh untuk musim 2020.

Para peserta yang finis di peringkat 2-12 pada Global Qualifying Tournament nantinya akan mendapat status penuh hanya pada tujuh turnamen pertama PGA TOUR Series-China musim 2020. Sementara, pemain yang finis di posisi 13-35 dan ties mendapat status kondisional untuk tujuh turnamen pertama musim depan.

“Kami merasa bersemangat untuk memikirkan bagaimana memulai musim yang baru, dan menuju ke Indonesia untuk pertama kalinya dan memulai bab baru dalam sejarah kami.” – Executive Director PGA TOUR Series-China, Greg Carlson

“Kami sudah melihat sejumlah pemain yang mengikuti Qualifying Tournament, dan setahun-dua tahun ke,mudian mereka bermain dan berjuang di Korn Ferry Tour dan PGA TOUR. Pada tahap kualifikasi inilah kebanyakan mereka memulai perjalanan profesionalnya. Dan kami mengakui bakat yang teruji melalui Tour kami dalam lima musim terakhir,” ujar Greg Carlson, Executive Director PGA TOUR Series-China.

“Bahwa kami memainkan Tour ini di China menekankan pentingnya Mainland China Qualifying Tournament. Kami akan terus mencari para pemain terbaik dari China, dan banyak yang akan datang melalui Qualifying Tournament kami karena kami tetap berkomitmen mengembangkan olahraga ini di China.”

Foison Golf Club Dye Course telah menjadi tuan rumah kualifikasi China Daratan pada 2018 lalu. Lapangan ini juga menjadi turnamen tutup musim, Buick Open pada musim 2016. Lapangan karya Cynthia Dye itu sendiri dibuka pada 2012.

Sementara itu, Lava Field Course di Mission Hills Golf Club berada di Haikou. Lapangan ini didesain oleh Schmidt dan Curley, yang dimainkan melintasi bebatuan vulkanik dan menjadi satu dari 12 lapangan yang ada di kompleks Mission Hills di sana.

Arsitek Paul Jansen menjadi orang yang bertanggung jawab memperbarui Laguna Phuket Golf Club pada tahun 2014. Lapangan ini dibangun di antara laguna dengan area hutan alami. Turnamen profesional terakhir yang dimainkan di sini ialah ajang Asian Development Tour, Singha Laguna Phuket Open 2019 yang dimenangkan oleh mantan pemain Korn Ferry Tour, Miguel Carballo.

Adapun karya Greg Norman, Laguna Bintan Resort, mengalami pembaruan pada 2016 lalu. Lapangan ini menawarkan pemandangan ke arah laut, dimainkan melintasai laguna dan hutan untuk kembali ke arah lautan.

“Kami merasa bersemangat untuk memikirkan bagaimana memulai musim yang baru, dan menuju ke Indonesia untuk pertama kalinya dan memulai bab baru dalam sejarah kami. Kami tak sabar untuk menyambut perpaduan para pemain baru yang akan muncul dari kualifikasi ini, termasuk mereka yang bakal kembali,” imbuh Carlson.