Korean Women’s Open resmi menjadi turnamen pertama pada kalender Ladies Asian Tour.

Persis ketika putaran pertama berlangsung pada hari Kamis (17/6) kemarin di Rainbows Country Club, DB Group Korea Women’s Open menjadi turnamen resmi pertama dari seri Ladies Asian Tour baru yang dikelola oleh Asia Golf Leaders Forum (AGLF).

Kompetisi yang akan berlangsung hingga hari Minggu (20/6) ini bakal menjadi babak pertama bagi para pegolf wanita papan atas di Asia untuk bersaing menjadi yang terbaik dan meraih predikat AGLF Asian Player of the Year pada akhir musim kompetisi nanti.

Kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung menyebabkan hanya segelintir personel kunci yang bisa hadir dalam seremoni penandatanganan antara AGLF dan Korea Golf Association. Mereka yang hadir termasuk Ketua AGLF & KLPGA Kim Jungtai, Ketua Korea Golf Association Lee Jongmyung, Wakil Ketua Korea Golf Association Kang Hyungmo, dan Sekretaris Jenderal AGLF Paul Park.

”DB Group Korea Women’s Open menjadi turnamen pertama dari seri LAT dan jelas menjadi sorotan yang signifikan bagi golf wanita di Asia. Turnamen-turnamen ini akan memberi kita peluang untuk memperkuat relasi olahraga internasional dan mempromosikan persahabatan di antara negara-negara Asia melalui golf,” ujar Kim.

LAT telah mendapat dukungan dari R&A untuk mendorong pertumbuhan golf wanita di Asia, dimulai dari ajang DB Group Korea Women’s Open, yang akan disusul dengan ajang Hana Financial Group Championship akhir September mendatang, dan Hana Financial Group Singapore Women’s Open pada awal Desember.

”Turnamen-turnamen ini akan memberi kita peluang untuk memperkuat relasi olahraga internasional dan mempromosikan persahabatan di antara negara-negara Asia melalui golf.” — Kim Jungtai, Ketua Asia Golf Leaders Forum & KLPGA.

Selain turnamen-turnamen yang menjadi bagian dari KLPGA itu, turnamen-turnamen lain di sekitar Asia, seperti Taiwan Women’s Open with SBS pada bulan November dan Hyosung Championship with SBS di Vietnam yang digelar pada pekan pertama Desember juga akan menjadi bagian dari kalender kompetisi tahun 2021. Tahun ini LAT berencana menggelar enam turnamen dan berniat menggelar hingga 10 ajang pada tahun 2023.

LAT juga telah melakukan diskusi dengan sejumlah pemangku kepentingan, termasuk Persatuan Golf Indonesia dan Thailand Golf Association untuk menggelar ajang terbuka wanita di masing-masing negara.

Selain itu, LAT juga akan memperkenalkan sistem pemeringkatan mereka dan menyiapkan AGLF Asian Player of the Year Award, yang nantinya akan diberikan kepada pemain yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak dalam tiap seri LAT pada tahun ini.

Sebagai organisasi nonprofit, AGLF kini bekerja untuk mengukuhkan seri golf khusus bagi kaum wanita di Asia dengan frase ”Of the Asian, By the Asian, For the Asian” atau ’Oleh Asia, Dari Asia, Untuk Asia’. Upaya mengembangkan golf kaum wanita ini mereka lakukan lewat kerja sama dengan sejumlah turnamen yang sudah eksis atau malah mengadakan turnamen-turnamen baru di wilayah Asia Pasifik.

Dalam proyeksi jadwal untuk 2022, Indonesia Women’s Open diharapkan bisa digelar pada bulan Juli 2022, sementara Thailand Ladies Open diharapkan berlangsung bulan Desember 2022.

Jadwal Musim 2021
17-20 Juni: DB Group Korea Women’s Open (badan penyokong KGA; total hadiah KRW1,2 milyar atau US$1 juta)
30 September-3 Oktober: Hana Financial Group Championship (KLPGA; KRW1,5 milayr atau US$1,3 juta)
25-28 November: Taiwan Women’s Open with SBS Golf (KLPGA, CTGA; US$800.000)
3-5 Desember: Championship with SBS Golf (KLPGA/VGA; KRW700.000 atau US$600.000)
10-12 Desember: Hana Financial Group Singapore Women’s Open: (KLPGA/SGA; KRW1 milyar atau US$900.000)