PGA TOUR mengumumkan rencana memulai kembali kompetisi pada bulan Juni 2020 ini, sekaligus memperkenalkan sebagian jadwal musim 2020-2021.

Para penggemar golf dunia masih harus bersabar untuk menikmati tontonan golf kelas dunia. Sejak THE PLAYERS Championship dibatalkan pada tanggal 13 Maret 2020 lalu, PGA TOUR telah mengeluarkan sejumlah pernyataan dan penyesuaian jadwal, terakhir ketika bersama sejumlah badan golf dunia mengumumkan kesepakatan terkait penyesuaian jadwal kompetisi.

Kemarin mereka kembali mengeluarkan pernyataan terkait rencana menggelar kembali turnamen untuk sisa musim FedExCup 2019-2020. Selain itu, mereka juga turut merilis sejumlah turnamen untuk musim gugur pada Musim Reguler PGA TOUR 2020-2021.

Dalam beberapa pekan terakhir, pihak PGA TOUR terus mengupayakan kemungkinan untuk bisa menggelar kompetisi dalam situasi yang paling terkendali dan aman, terutama mengingat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

“Kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terkait dengan PGA TOUR dan komunitas global kami terus menjadi prioritas utama, dan kami berharap menjalankan peran—tanggung jawab—kami dalam mengembalikan olahraga yang kita cintai ini,” ujar Komisioner PGA TOUR Jay Monahan.

“Pengumuman kali ini menjadi langkah positif bagi para penggemar dan pemain kami yang patut dinantikan. Tapi, seperti yang kami tekankan dalam sejumlah kesempatan, kami akan melanjutkan kompetisi hanya ketika—bekerja sama dengan turnamen-turnamen, mitra-mitra, dan komunitas kami—kondisinya benar-benar aman untuk melakukannya berdasarkan panduan dari otoritas kesehatan publik terkemuka.”

Sebelumnya, PGA TOUR menargetkan untuk memulai kembali kompetisi pada ajang Charles Schwab Challenge (18-24 Mei 2020). Namun, pengumuman kali ini mengundurkan rencana tersebut hingga tiga minggu setelah jadwal itu. Ini berarti, jika kondisi telah mendukung, para penggemar bisa menyaksikan Charles Schwab Challenge mulai 8 Juni 2020, dengan turnamen-turnamen lain disesuaikan setelah ajang tersebut dan sebelum ajang pamungkas tutup musim, TOUR Championsip, yang dijadwalkan berakhir pada 7 September 2020, persis pada Hari Buruh.

“Tapi, seperti yang kami tekankan dalam sejumlah kesempatan, kami akan melanjutkan kompetisi hanya ketika kondisinya benar-benar aman untuk melakukannya berdasarkan panduan dari otoritas kesehatan publik terkemuka.” – Komisioner PGA TOUR Jay Monahan

Keputusan kembali melanjutkan kompetisi ini jelas disertai dengan konsekuensi lain. PGA TOUR berniat untuk menggelar empat turnamen pertama tanpa dihadiri penonton sama sekali, sembari terus memantau situasi dan mengikuti rekomendasi ototoritas untuk menentukan akses yang paling layak untuk tiap penyelenggaraan. Dengan demikian, PGA TOUR akan bisa terus mengikuti protokol terkait COVID-19 yang harus diterapkan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat.

Total 36 Turnamen untuk Musim 2019-2020
Selain Charles Schwab Challenge, tanggal penyelenggaraan dua turnamen lain, yaitu Rocket Mortgage Classic dan Memorial Tournament presented by Nationwide ikut digeser.

RBC Heritage, awalnya mesti digelar 13-19 April 2020 dan terpaksa dibatalkan pada 17 Maret 2020, kembali masuk jadwal. Turnamen ini mengisi kekosongan jadwal setelah U.S. Open diundurkan ke bulan September 2020.

Adapun RBC Canadian Open, semula dijadwalkan 8-14 Juni 2020 terpaksa dibatalkan. Sedang Barbasol Championship, yang seyogianya digelar bersamaan dengan gelaran The Open tanggal 16-19 Juli 2020 turut dibatalkan, bersama dengan ajang Major tertua di dunia tersebut.

Kekosongan kompetisi yang terjadi sejak pertengahan Maret 2020 lalu pun mendorong PGA TOUR untuk menambah jumlah peserta pada tiga kompetisi pertama yang rencananya akan digelar nanti. Baik Charles Schwab Challenge (semula hanya dibatasi 120 peserta), RBC Heritage (132), dan Memorial Tournament (120), masing-masing kini akan diikuti oleh 144 peserta untuk memberi kesempatan bermain tambahan bagi para anggota PGA TOUR.

Dengan 22 turnamen dimainkan hingga Arnold Palmer Invitational presented by Mastercard, penyesuaian kali ini, yang tentunya bisa berubah, membuat musim kali ini akan terdiri dari 36 ajang, termasuk tiga ajang FedExCup Playoffs, yang berakhir pada TOUR Championship.

Meskipun dijadwalkan tidak dimainkan dalam kerumunan penonton, yang kerap menghiasi tiap turnamen, PGA TOUR akan bekerja sama dengan mitra-mitra media mereka untuk rencana produksi ketika kompetisi kembali dimulai. CBS dijadwalkan menyiarkan Charles Schwab Challenge hingga THE NORTHERN TRUST, yang berarti 11 turnamen berturut-turut, termasuk PGA Championship. Sementara itu, NBC dijadwalkan menyiarkan BMW Championship dan TOUR Championship, yang berakhir pada Hari Buruh pada hari Senin, 7 September 2020.

Jadwal Musim 2020-2021
Selain mengumumkan jadwal kompetisi untuk musim 2019-2020, PGA TOUR juga mengumumkan jadwal untuk sejumlah pekan pembuka musim 2020-2021, yang terdiri atas 13 turnamen FedExCup, termasuk U.S. Open dan Masters Tournament.

“Sebagian jadwal 2020-2021 ini hanya mungkin terjadi karena berbagai mitra yang telah bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan turnamen-turnamen mereka dan meningkatkan dampak hidup masyarakat setempat, dan para pemain kami, yang menerima penambahan jadwal pada musim gugur dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Andy Pazder, Ketua Turnamen dan Kompetisi PGA TOUR.

“Pengakomodasian seperti ini akan membantu komunitas golf global dalam memaksimalkan kalender 2020, yang akan memberi dampak yang luar biasa bagi para penggemar dan menempatkan kami dalam posisi yang lebih baik menuju 2021.” – Andy Pazder, Ketua Turnamen dan Kompetisi PGA TOUR

“Kami ingin mengungkapkan apresiasi kami kepada kepemimpinan pada ajang Safeway Open, Houston Open, dan Mayakoba Golf Classic—yang akan menutup kalender tahun ini di Riviera Maya, Meksiko—berkat fleksibilitas mereka sehingga memungkinkan U.S. Open dan Masters Tournament dimainkan pada musim gugur ini. Pengakomodasian seperti ini akan membantu komunitas golf global dalam memaksimalkan kalender 2020, yang akan memberi dampak yang luar biasa bagi para penggemar dan menempatkan kami dalam posisi yang lebih baik menuju 2021.”

Sementara itu, Korn Ferry Tour rencananya akan kembali bergulir pada pertengahan bulan Juni. Sedangkan Mackenzie Tour-PGA TOUR Canada menunda enam turnamen pertama mereka.

REVISI JADWAL PGA TOUR MUSIM 2019-2020
8-14 Juni: Charles Schwab Challenge, Colonial Country Club, Fort Worth, Texas
15-21 Juni: RBC Heritage, Harbour Town Golf Links, Hilton Head, South Carolina
22-28 Juni: Travelers Championship, TPC River Highlands, Cromwell, Connecticut

2-5 Juli: Rocket Mortgage Classic, Detroit Golf Club, Detroit, Michigan
6-12 Juli: John Deere Classic, TPC Deere Run, Silvis, Illinois
13-19 Juli: the Memorial Tournament presented by Nationwide, Muirfield Village Golf Club, Dublin, Ohio
20-26 Juli: 3M Open, TPC Twin Cities, Blaine, Minnesota
27 Juli-2 Agustus: World Golf Championships-FedEx St. Jude Invitational, TPC Southwind, Memphis, Tennessee
27 Juli-2 Agustus: Barracuda Championship, Tahoe Mountain Club (Old Greenwood), Truckee, California

3-9 Agustus: PGA Championship, TPC Harding Park, San Francisco, California
10-16 Agustus: Wyndham Championship, Sedgefield Country Club, Greensboro, North Carolina
17-23 Agustus: THE NORTHERN TRUST, TPC Boston, Norton, Massachusetts
24-30 Agustus: BMW Championship, Olympia Fields Country Club (North), Olympia Fields, Illinois
31 Agustus-7 September: TOUR Championship, East Lake Golf Club, Atlanta, Georgia

JADWAL PGA TOUR MUSIM 2020-2021 (musim gugur)
7-13 September: Safeway Open, Silverado Resort and Spa North, Napa, California
14-20 September: U.S. Open, Winged Foot Golf Club, Mamaroneck, New York
*21-27 September: Ryder Cup, Whistling Straits, Kohler, Wisconsin
21-27 September: Corales Puntacana Resort & Club Championship, Corales Golf Club, Punta Cana, Dominican Republic
28 September-4 Oktober: Sanderson Farms Championship, Country Club of Jackson, Jackson, Mississippi

5-11 Oktober: Shriners Hospitals for Children Open, TPC Summerlin, Las Vegas, Nevada
12-18 Oktober: THE CJ CUP @ NINE BRIDGES, Nine Bridges, Jeju Island, Korea
19-25 Oktober: ZOZO CHAMPIONSHIP, Accordia Golf Narashino Country Club, Chiba Prefecture, Japan
26 Oktober-1 November: World Golf Championships-HSBC Champions, Sheshan International Golf Club, Shanghai, China
26 Oktober-1 November: Bermuda Championship, Port Royal Golf Course, Southampton, Bermuda

2-8 November: Houston Open, Memorial Park Golf Course, Houston, Texas
9-15 November: Masters Tournament, Augusta National Golf Club, Augusta, Georgia
16-22 November: The RSM Classic, Sea Island Resort (Seaside and Plantation), Sea Island, Georgia
23-29 November: Open week (Thanksgiving)
30 November-6 Desember: Mayakoba Golf Classic, El Camaleón Golf Club, Playa del Carmen, Mexico
*30 November-6 Desember: Hero World Challenge, Albany, New Providence, Bahamas
*7-13 Desember: QBE Shootout, Tiburón GC, Naples, Florida
*14-20 Desember: PNC Father-Son Challenge, The Ritz-Carlton Orlando, Grande Lakes, Orlando, Florida

* menandakan ajang tak resmi