Pegolf asal Amerika Serikat yang baru saja mendapatkan kartu Asian Tour-nya, Kurt Kitayama berpeluang meraih gelar Asian Development Tour pertamanya setelah kembali menunjukkan performa yang luar biasa pada putarna ketiga PGM Darulaman Championship di Kedah, Malaysia.

Pegolf berusia 25 tahun ini membukukan 8-under 64 untuk memperkukuh posisinya di puncak klasemen setelah hasil hari ini (26/1) membuatnya mengumpulkan total 19-under 197 pada turnamen yang digelar di Darulaman Golf and Country Club ini.

”Saya berhasil mendapat eagle di hole 10 setelah melakukan tee off yang bagus dan berhasil memukul bola hingga berjarak sekitar tiga kaki dengan 7-iron saya,” ujarnya. ”Pekan ini terasa rileks buat saya. Saya akan melakukan hal yang sama. Pukulan saya bagus dan putting saya yang bagus juga banyak membantu.”

Posisi memimpin seperti ini merupakan pengalaman pertama bagi Kitayama yang beralih profesional pada 2015. Ia sempat mencoba peruntungannya pada Web.com Tour selama dua tahun sampai akhirnya mengamankan kartu Asian Tour setelah lolos Q-School awal tahun ini.

”Sejak beralih profesional saya belum pernah memenangkan turnamen. Ini juga merupakan pertama kalinya saya memimpin setelah bermain 54 hole. Saya senang berada di posisi yang bagus menuju putaran final,” ujar Kitayaman.

Lima stroke di belakang Kitayama, pegolf Amerika lainnya John Catlin berusaha mencatatkan kemenangan ketiga pada kancah ADT.

”Saya menikmati waktu bermain bersama Kurt hari ini. Kami sudah saling kenal sejak kuliah dan sama-sama saling bertukar birdie dan hal seperti inilah yang Anda inginkan, itulah kesenangan bermain golf,” ujar pegolf berusia 27 tahun ini.

Sementara itu, dua pegolf andalan Indonesia, Danny Masrin dan George Gandranata sekali lagi mencatatkan hasil yang berbeda pada turnamen ini. Danny sempat bermain 3-over dalam empat hole pertamanya. Namun, ia segera mencatatkan birdie di hole 5 dan eagle di hole 7. Bogey di hole 8 ia ikuti dengan birdie di hole 9. Sayangnya, dalam sembilan hole selanjutnya, ia hanya sanggup mencatatkan even par sehingga hari ini ia hanya membukukan skor 72. Dengan total skor 4-under 222, untuk sementara ini Danny berada di peringkat 10, bersama lima pemain lainnya.

Adapun George hari ini harus puas bermain 74. Ia hanya bisa mendapatkan satu birdie dengan tiga birdie. Total even par 216 membuatnya berada di peringkat 27 bersama delapan pegolf lainnya.