Pemain amatir Kim Dongmin masih bertahan di puncak klasemen sementara pada 3rd Global Qualifying Tournament PGA TOUR Series-China yang berlangsung di Laguna Golf Phuket. Skor total 12-under 198 miliknya menempatkan mantan anggota tim nasional Korea di posisi teratas dan berpeluang mengikuti rekan senegaranya, Kim Taeho, untuk mengamankan hak bermain penuh pada PGA TOUR Series-China musim ini.

Kim kembali menampilkan permainan yang meyakinkan pada putaran ketiga tadi. Hingga hole 15, ia telah bermain 5-under dan memimpin empat stroke. Namun, double bogey yang ia peroleh di hole 16 membuatnya harus puas memimpin dengan hanya unggul dua stroke dari pesaing terdekatnya, Alexander Kang.

“Hari ini cukup berangin, tapi saya masih bisa melakukan pukulan yang solid dan masih bisa finis dengan 3-under. Saya sangat bersemangat untuk menghadapi putaran final besok (8/3),” ujar Kim yang menetap di Daegu, Korea.

Pemenang 2nd Global Qualifying Tournament pekan lalu, Kim Taeho, merupakan teman satu tim nasional Kim Dongmin. Dan keberhasilan rekannya itu mendorong Dongmin untuk bisa mengikuti jejak Taeho. Ia sendiri berniat untuk melepas status amatirnya usai mengikuti kualifikasi kali ini.

“Saya pikir lapangan ini tidak cukup sesuai dengan permainan saya. Tidak benar-benar pas, tapi kalau saya bisa memukul lurus, saya punya peluang mendapat skor yang bagus,” komentara Kim soal Laguna Golf Phuket.

Dengan tersisa 18 hole lagi, Kim jelas memiliki peluang lebih baik untuk menjuarai kualifikasi ini. Tapi ia juga harus berhati-hati lantaran Alexander Kang hanya berjarak dua stroke di belakangnya. Dan keduanya pun akan kembali bermain bersama untuk keempat kalinya secara berturut-turut besok.

“Saya tahu Kang pemain yang bagus, tapi yang saya harus lakukan hanyalah fokus pada diri sendiri dan berusaha memainkan permainan saya sendiri. Saya penasaran untuk melihat apa yang bakal terjadi dan semoga saya bisa terus main bagus dan menang pekan ini,” tandas Kim.

Meski berada di tempat kedua, Alexander Kang (depan) optimis masih sanggup menyalip Kim Dongmin untuk menjuarai 3rd Global Qualifying Tournament ini. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang.

Dalam dua kualifikasi global sebelumnya, tak satu pun pemain amatir yang berhasil meraih status pada PGA TOUR Series-China. Kini Kim berpeluang menciptakan catatan tersebut. Adapun pegolf amatir yang paling dekat dengan Kim saat ini ialah James Grierson asal Australia. Namun, Grierson berada di peringkat T47.

Kang sendiri mengaku cukup kecewa dengan performanya hari ini. Apalagi ketika mengingat sehari sebelumnya ia sempat bermain dengan skor 61. Meski demikian, kakak dari pegolf LPGA Danielle Kang ini optimis bisa menyalip Kim.

“Saya gagal memaksimalkan semua par 5 dan par 4 yang bisa dicapai dengan driver. Hari ini memang sedikit lebih berat dan lebih berangin, jadi saya tidak benar-benar memiliki momentum seperti kemarin,” ujar Kang, yang masih memegang rekor skor terendah dalam 72 hole pada PGA TOUR Series-China.

Pengalamannya menikmati Web.com Tour pada musim 2017 dan 2018, yang ia peroleh berkat finis di tempat ketiga Order of Merit musim 2016, jelas membuatnya sangat bersemangat untuk kembali ke Amerika.

“Tentu saya yakin bisa mengejar dia. Saya hanya tertinggal dua stroke, jadi kita lihat saja!” tegasnya.

Global Qualifying Tournament kali ini merupakan yang terakhir untuk menentukan siapa yang berhak mendapat kartu PGA TOUR Series-China. Sama seperti dua kualifikasi sebelumnya, hanya sang juara saja yang berhak bermain sepanjang 14 turnamen untuk musim 2019 ini. Peringkat 2-12 hanya mendapat status pada enam turnamen pertama, sedangkan posisi 13-35 dan ties hanya mendapat status kondisional untuk enam turnamen pertama.

Global Qualifying Tournament kali ini juga menandakan pertama kalinya kualifikasi internasional ini dimainkan di luar China. Pekan ini ada 115 peserta yang bertanding. Mereka berasal dari 18 negara.

Leave a comment