Kim Siwoo dan An Byeonghun menikmati hasil solid hari pertama The American Express dengan menempati jajaran atas klasemen sementara.

Hasil pembentukan swing dalam jeda selama enam pekan yang lalu memberi hasil positif bagi An Byeonghun. Pegolf Korea ini mengawali The American Express dengan hasil yang mengagumkan. Skor 7-under 65 menempatkannya di jajaran atas klasemen sementara, hanya terpaut satu stroke dari pegolf Amerika Brandon Hagy, sang pimpinan klasemen.

Memainkan Nicklaus Tournament Course di PGA West, An berhasil main bersih tanpa membukukan bogey sama sekali. Ia menorehkan tiga birdie di sembilan hole pertama, sebelum mencatatkan empat birdie lain di sembilan hole terakhirnya dan memastikan berada di jajaran atas.

”Sebagian besar birdie yang saya bukukan hari ini saya dapatkan dari jarak kurang dari satu meter. Ada satu putt di hole 12 par 3 yang saya masukkan dari jarak 5 meter. Birdie lainnya, di hole-hole par 5, saya bisa melakukan pukulan yang bagus dengan chipping yang juga bagus dan bisa melakukan sejumlah up-and-down untuk mendapat par,” jelas An.

Selama ini An dikenal sebagai pemain yang cukup solid. Meski demikian, sejak musim 2020-2021 dimulai, ia mengalami kesulitan pada aspek long game-nya sehingga membuatnya hanya bisa lolos cut pada dua dari tujuh turnamen yang ia ikuti.

 

 

”Memang selama ini saya menjadi pemain yang solid, bisa memukul dengan cukupo baik, tapi saya kesulitan dengan long game saya sehingga perlu mengatasinya dengan pelatih baru saya, Sean Foley, dan saya melatih long game saya selama jeda kompetisi, dan sepertinya latihan itu membuahkan hasil,” jelasnya.

An, yang mulai berlatih dengan Sean Foley pada bulan November 2020, juga berusaha untuk menurunkan jumlah spin pada short iron-nya.

”Spin saya terlalu banyak, bukan di sekitar green, melainkan pada pukulan approach ke green. Spin ini sedikit di luar kendali, kemudian malah menular ke driver dengan spin yang sedikit terlalu banyak. Akibatnya dispersinya menjadi sedikit lebih lebar,” jelas An. ”Kami tidak banyak melakukan perubahan, hanya berusaha memperkecil dispersi supaya saya bisa lebih banyak memukul ke fairway dan green dan berusaha untuk membuat birdie.”

Meski demikian, An sebenarnya sempat harus kehilangan enam bola ketika memainkan putaran latihan di Nicklaus Tournament Course ini. Hanya saja hasilnya kemudian menjadi berbeda ketika ia menuntaskan putaran pertamanya yang sangat solid itu. ”Mungkin saya hanya mishit satu atau dua kali saja kali ini,” imbuhnya.

Rekan senegaranya, Kim Siwoo, juga menampilkan performa yang solid. Seperti halnya An, Juara THE PLAYERS Championship 2017 ini juga bermain tanpa bogey ketika memainkan Stadium Course di PGA West.

”… seperti pekan lalu, putting saya tidak begitu bagus dan saya hanya berfokus untuk berlatih lebih keras dan melakukan putting dengan lebih baik. Saya pikir itu sebabnya saya bisa mengamankan banyak par.” — Kim Siwoo.

Dalam sembilan hole pertama, yang ia mainkan dari hole 10, Kim membukukan tiga birdie d ihole 11, 13, dan 17. Meskipun harus bersabar dan puas hanya dengan bermain par di lima hole berikutnya, ia kemudian mencatatkan eagle di hole 5, sebelum akhirnya meraih birdie terakhirnya di hole 8. Skor 6-under 66 ini menempatkannya di peringkat ketiga bersama pegolf Skotlandia Martin Laird dan pegolf Amerika Max Homa.

”Saya rasa permainan saya cukup nyaman, dan seperti pekan lalu, putting saya tidak begitu bagus dan saya hanya berfokus untuk berlatih lebih keras dan melakukan putting dengan lebih baik. Saya pikir itu sebabnya saya bisa mengamankan banyak par, seperti dari jarak 4,5-6 meter,” ujar Kim.

”Saya tidak banyak berlatih pada masa jeda. Saya langsung pulang ke Korea setelah Masters Tournament, jadi ada empat pekan di Korea sebelum kemudian kembali ke Dallas. Jadi, saya berusaha mencari tahu nuansa (pertandingan) pekan lalu dan pekan ini rasanya lebih baik.”

Adapun bintang golf asal India, Anirban Lahiri, juga mengawali hari pertama The American Express dengan catatan solid 4-under 68. Bersama duo Korea Lee Kyounghoon dan Im Sungjae, Juara Indonesian Masters 2014 ini meramaikan peringkat 15.

Remaja sensasional Korea Kim Joohyung juga menampilkan permainan menjanjikan dengan satu eagle, tiga birdie, dan dua bogey untuk menempati posisi T39. Sedang bintang asal China Zhang Xinjun dan pegolf China Taipei C.T. Pan sama-sama membukukan skor 2-under 70.