Pemain Australia Kevin Yuan menorehkan putaran tanpa bogey 5-under 67 untuk skor total 11-under 133 pada ajang Beijing Championship. Catatan skor ini sekaligus menempatkannya mengungguli tiga pemain asal Amerika pada ajang PGA TOUR Series-China yang memperebutkan total hadiah sebesar RMB1,6 juta.

Trio Amerika tersebut ialah Max McGreevy dan Ryan Ree yang sama-sama bermain 8-under 64, serta Matthew Negri yang mencatatkan skor 7-under 65 di lapangan yang didesain oleh Ian Woosnam, Topwin Golf and Country Club.

Tahun ini Yuan memainkan tahun penuhnya yang kedua pada PGA TOUR Series-China. Meskipun belum mencatatkan finis di sepuluh besar, ia berhasil sepuluh kali lolos cut dari r12 turnamen tahun 2018 lalu. Prestasi ini merupakan prestasi pertama dalam karier profesionalnya yang masih muda.

Kali ini, pegolf berusia 22 tahun asal Sydney ini berhasil menampilkan permainan yang meyakinkan dalam dua hari pertama. Ia mendapatkan 14 birdie dengan hanya satu triple bogey yang ia dapatkan pada putaran pertama.

“Dua hari terakhir ini permainan saya benar-benar bagus. Ketika mendapatkan peluang, saya bahkan berhasil memasukkan putt, yang benar-benar membantu. Pukulan driver saya juga sangat bagus,” ujar Yuan.

“Rencana permainan saya ialah memberi peluang sebanyak mungkin dan ada beberapa par 5 dan par 4 pendek yang mudah yang bisa saya manfaatkan hari ini.”

Yuan sendiri telah menampilkan perkembangan yang positif pada tahun ini. Setelah gagal lolos cut pada turnamen awal musim, Chongqing Championship, ia finis T54 di Sanya dan kemudian berhasil finis di peringkat 26 pada Haikou Championship.

Matthew Negri berniat untuk mencatatkan hasil maksimal pada Beijing Championship agar bisa menembus sepuluh besar Order of Merit pada akhir musim. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang.

Beralih profesional pada tahun 2017, pegolf yang juga menyandang nama Yuan Ko Wei dan fasih berbahasa China ini kini mengejar gelar profesional pertamanya dan berharap bisa mengimbangi rekan bermainnya pada akhir pekan ini ketika ia bermain pada grup terakhir, bersama Negri dan Ree.

“Saya pikir saya agak sedikit gugup, tapi juga merasa sangat bersemangat. Saya pikir sangatlah bagus buat saya bisa bermain dengan pemain lain, yang jelas bermain sangat bagus, jadi ini akan menjadi pengalaman yang bagus. Saya tak sabar menantikannya,” ujar Yuan.

“Saya belum pernah menjuarai sebuah turnamen profesional, jadi saya sangat bersemangat. Saya harus memaksimalkan tiap pukulan pada akhir pekan ini.”

Juara bertahan turnamen ini, Peter Campbell asal Kanada berhasil bangkit dan dengan mudah memastikan dirinya lolos cut. Setelah pada putaran pertama bermain even par 72, ia mencatatkan 5-under 67 pada putaran kedua untuk memastikan tempat pada akhir pekan.

Sementara itu, pimpinan Order of Merit David Kocher juga berhasil memperbaiki performa permainannya pada putaran kedua dengan torehan 4-under 68 setelah pada hari pertama bermain even par 72.

Adapun McGreevy, Ree, dan Negri kini berniat mengejar kemenangan pertama mereka pada turnamen yang berafiliasi PGA TOUR.

“Pukulan saya tidak sebagus sekarang pada putaran pertama dan tidak memasukkan banyak putt, tapi jelas hari ini berhasil banyak memasukkan putt dan main bagus,” tutur Negri yang berniat untuk menembus sepuluh besar pada Order of Merit. “Posisi pin hari ini juga sangat mudah diakses, dan pada pagi hari juga tidak ada angin, jadi (green) sangat mudah dicapai.”

Leave a comment