Kevin Caesario Akbar dan Rivani Adelia Sihotang tampil prima dalam tiga putaran Olympic Jabar Amateur Open 2016 (OJAO) di Emeralda Golf Club, 10-12 Mei 2016 lalu. Kevin menyudahi persaingannya dengan sesama rekannya asal Jawa Barat, Naraajie Ramadhanputra, dengan total skor 7-under 209 sementara Rivani bermain 1-under 215.

Permainan Kevin selama tiga hari ini bisa dibilang merupakan kelanjutan dari permainan yang prima dalam beberapa turnamen terakhir yang ia ikuti. Setelah sebelumnya sempat menjuarai ajang amatir di Malaysia, ia juga menjuarai turnamen elit amatir yang diadakan di Sentul Highland Golf Club beberapa waktu lalu.

Meskipun demikian, Kevin mengaku tidak berharap banyak pada turnamen kali ini.

”Siapa yang nggak mau menang di turnamen yang diadakan oleh pengprovnya sendiri?” tutur Kevin. ”Tapi mulai darih ari pertama saya tetap berpikir bahwa masih banyak yang lebih jago daripada saya, jadi tetap berpikir low expectation.”

Kevin memang sudah langsung memimpin pada hari pertama dengan torehan 2-under 70 dalam turnamen ini. Permainannya semakin tajam pada hari kedua setelah mencatatkan 4-under 68.

Uggul 3 stroke ketika memasuki putaran akhir, Kevin kembali membuat kejutan dengan mencatatkan hole-in-one di hole 8 dengan menggunakan 4-iron miliknya. Sayangnya, permainannya sempat terganggu karena keberhasilan tersebut dan membuat perolehan skornya sempat menurun dan membuka peluang bagi Naraajie untuk mengejar.

Hingga memasuki hole terakhir, keduanya tinggal berselisih 1 stroke saja. Sadar bahwa peluangnya hanya di hole terakhir, Naraajie pun berusaha untuk bermain agresif. Sayang, pukulan keduanya memasuki bunker. Meskipun berhasil mengantarkan bola mendekati pin, par di hole terakhir itu tidaklah cukup untuk memaksakan play-off sehingga ia harus merelakan kemenangan ini bagi rekannya.

Keberhasilan ini tentu membanggakan, mengingat ini merupakan pertama kalinya Kevin turun dalam ajang ini. Tahun lalu ia tidak dapat berpartisipasi mengingat dirinya dikirim untuk berlaga pada ajang Asia Pacific Amateur Championship di Hong Kong.

Keberhasilan ini sekaligus meningkatkan percaya diri tim Jawa Barat. ”Menurut aku, tim ini perfect. Banyak [pemain bagus],” ujarnya.

Dari sektor Putri, juara bertahan tahun lalu, Rivani Adelia Sihotang berhasil mempertahankan gelarnya dengan keunggulan 4 stroke dari pesaing terdekatnya, Andani dari Kalimantan Timur. Sempat terhambat lantaran tidak direstui oleh pengprov tempatnya bernaung, Rivani akhirnya berhasil menjawab dukungan dari berbagai pihak, termasuk klubnya, Jakarta Golf Club.

”Tadinya aku hampir tidak main, lalu akhirnya pengprov juga mengizinkan ikut, jadi aku senang, bahagia bisa berjuang di sini, bisa memberikan yang terbaik buat klub dan pengprov,” tutur Rivani gembira.

Sejak hari pertama Rivani mengaku berusaha bermain dengan teliti untuk bisa mempertahankan gelarnya. Hal ini terbukti dengan catatn 2-under 70 pada putaran pertama. Sayangnya, pada hari kedua, permainannya sempat menurun lantaran putting-nya berkali-kali tidak mencapai lubang.

Meski bermain dalam kondisi flu, toh pada hari terakhir, ia kembali bermain 2-under 70.

”Targetku bisa memperbaiki dari yang kemarin, putting-ku supaya bisa lebih terarah, dan me-manage second shot agar tidak membuang-buang peluang,” tuturnya.

Ini merupakan kali ketiga bagi Rivani berhasil mempertahankan gelarnya. Sebelumnya, ia juga sukses mempertahankan gelar turnamen McDonald Junior Golf Championship dan Kejuaraan Nasional Junior.

Pada sektor beregu putra, tim Jawa Barat juga berhasil meraih juara setelah kombinasi Kevin Caesario Akbar dan Naraajie Ramadhanputra mencatatkan total skor 279. Tim Kalimantan Timur berada di tempat kedua dengan torehan 299 persembahan dari Sudirman dan Munic. Secara mengejutkan Tim Papua meraih tempat ketiga berkat perjuangan Lucky Mamarimbing dan Izach Wopari yang mempersembahkan total skor 303.

Sementara itu, sektor berebu putri dimenangkan oleh Tim Banten dengan kombinasi Ika Woro Palupi dan Nathania Damarisa Rim dengan skor 300. Tempat kedua diduduki oleh Ribka Vania dan Nadya Rosiana dari Tim Jawa Barat dengan skor 304. Adapun Tim Jawa Timur yang diwakili Nanda Winet Soraya dan Tiana Ivanka mengumpulkan total skor 309.

Selain berjuang meraih tempat terhormat, para pemenang dalam turnamen ini juga akan mendapatkan poin ranking amatir dunia yang akan membuka peluang bagi mereka untuk mendapatkan slot bertanding di turnamen-turnamen amatir kelas dunia.