Pemain amatir kembali menebang aroma persaingan dalam ajang Indonesian Golf Tour presented by OB Golf & Ancora Sports (IGT) kemarin (2/5). Masih cukup segar dari kemenangannya di Malaysia dan Sentul beberapa waktu lalu, Kevin Caesario Akbar kembali tampil prima dengan memimpin klasemen putaran pertama IGT dan berhasil mengungguli para pemain profesional.

Dalam sembilan hole pertamanya, Kevin sudah bermain 4-under dan membuatnya memimpin klasemen sementara, mengungguli sejumlah seniornya, seperti Ramadhan Alwie, Denny A. Wijaya, George Gandranata, dan Joshua Andrew Wirawan yang sama-sama mencatatkan 2-under 70.

Kevin masih menambah 2 birdie lagi di sembilan hole terakhirnya, namun 2 bogey di hole 11 dan 17 membuatnya harus puas mengakhiri putaran pertama tadi dengan catatan 4-under 68.

”Untuk IGT, target saya hanya ingin main enjoy saja. Putting saya sangat baik hari ini. Pukulan saya pun sangat konsisten,” ujar Kevin.

Kevin memang memiliki catatan yang positif di Matoa Nasional Golf & Country Club, tuan rumah IGT Seri III ini. Pada musim lalu, Kevin meraih prestasi yang membanggakan dengan finis di posisi kedua bersama Maan Nasim dan Indra Hermawan setelah dalam tiga putaran mencatatkan total skor 6-under 210.

Belajar dari pengalamannya itu, Kevin berniat untuk tidak berpuas diri. ”Permainan masih panjang, masih 36 hole lagi. Semua bisa terjadi. Saya hanya ingin fokus kepada permainan saya,” imbuhnya lagi.

Satu stroke di belakangnya ada Maan Nasim, pemain senior yang juga tengah berusaha mencari kemenangan pertamanya pada seri IGT. Pada putaran pertama kemarin, Maan mencatatkan 4 birdie dan 1 bogey. Pegolf berusia 56 tahun ini menunjukkan dirinya masih sanggup dan siap untuk bersaing dengan para pemain yang lebih muda.

”Tidak ada rahasia dalam permainan saya. Sebenarnya saya sedikit terhambat karena faktor usia. Tapi saya masih dapat menjaga permainan saya karena terus berlatih,” tutur Maan.

Salah satu sorotan kemarin ialah kembalinya George Gandranata ke ajang IGT. Ini merupakan kali pertama George bisa mengikuti ajang IGT setelah sejak awal tahun ia lebih banyak berlaga pada ajang Asian Tour dan Asian Development Tour.

Dalam debutnya kemarin, George berhasil mencatatkan skor 2-under 70 setelah meraih 4 birdie dan 2 bogey. Untuk sementara ia berada di posisi T4 bersama Ramadhan Alwie, Joshua Andrew Wirawan, dan Denny A. Wijaya.

Sementara itu, runner IGT Seri II di Padang Golf Modern, I Ketut Sugiarta untuk sementara berada di peringkat T8 setelah hanya bermain 1-under 71 bersama enam pemain lainnya. Adapun juara IGT Seri I, Jordan Irawan harus puas bermain even par. Sedangkan Ian Andrew yang baru pulang dari Johor Bahru tampaknya masih berjuang dengan permainannya dan mengakhiri putaran pertama dengan catan 1-over 73.

Pada akhir hari pertama, tercatat sebanyak 14 pemain berhasil bermain dengan skor under. Tahun lalu, sampai akhir putaran ketiga, 16 pemain berhasil bermain under.