Seusai terpilih sebagai Kapten Tim AS untuk Presidents Cup 2022, Davis Love III akhirnya mencurahkan emosinya melalui blognya berikut ini.

Oleh Davis Love III

Tersanjung. Gembira. Merasa terhormat. Tapi juga menyambutnya dengan penuh tekad. Itulah beberapa emosi yang saya rasakan setelah terpilih sebagai kapten Tim AS untuk Presidents Cup 2022 di Quail Hollow Club. Seiring membanjirnya pemberitaan media, saya merasa bergetar untuk akhirnya bisa berbicara kepada publik dan membagikan semangat saya dengan para penggemar terkait kesempatan ini.

Ketika menerima surat dari Tiger Woods (Kapten Tim tahun 2019) bahwa saya akan mendapat tugas kapten untuk Tim AS tahun 2022 di Kota Charlotte yang sangat berarti buat saya, emosi saya tumpah ruah sehingga kesulitan mencari kata-kata. Melihat surat itu tertulis di atas kertas membuat segalanya menjadi nyata buat saya dan menegaskan realitas dari langkah berikutnya dari karier saya. Saya memiliki sejarah dengan ajang ini sejak kemunculannya pada tahun 1994 yang mewujudkan kompetisi, kekompakan, dan jiwa sportivitas yang berkesan. Kini saya merasa bersemangat untuk memimpin para pemain top Amerika ke Quail Hollow Club bulan September tahun depan.

Kepemimpinan Tiger di Melbourne akan dicatat sebagai peran kapten yang paling signifikan dan berkesan dalam sejarah Presidents Cup. Selama ini Tim AS telah dipandu oleh beberapa nama besar sejak 1994, dan saya akan melakukan yang terbaik untuk melanjutkkan warisan tersebut sambil berupaya mempertahankan piala. Mengingat betapa dalamnya sejarah saya dengan turnamen ini, sulit bagi saya untuk tidak melihat beberapa tahun ke belakang, seperti ketika menjadi asisten kapten untuk Freddie (Couples) tahun 2013—ia benar-benar seorang legenda. Lalu ikut membantu di bawah kepemimpinan Jay Haas tahun 2015—tidak ada posisi terhormat melebihi posisi ketika saya bisa belajar banyak dari Jay. Dan tentu saja, Stricker pada tahun 2017 di Liberty National yang memimpin tim dengan kemenangan yang tak mungkin kami lupakan.

Meski kami akan saling berhadapan, saya yakin Kapten Tim Internasional Trevor Immelman akan bekerja sama dengan saya untuk mewujudkan atmosfer kejuaraan yang bisa membuat para pemain langsung merasa bangga sambil memamerkan daerah ini kepada para penggemar olahraga di seluruh dunia.

Masyarakat di Carolina memiliki arti yang sangat penting bagi saya dan keluarga. Sungguh terhormat sekali rasanya bisa mengetahui bahwa kami akan kembali ke Charlotte dengan peran yang baru ini. Rekam jejak saya juga tercipta sejak awal di sini. Saya lahir di Charlotte dan bermain golf di tingkat universitas bersama University of North Carolina-Chapel Hill. Kalau tak salah saya meraih sejumlah penghargaan pada periode tersebut, tapi saya tak ingin menyombongkannya (ia tiga kali masuk All-American, enam kali meraih kemenangan, termasuk ACC Championship 1984). Keluarga kami masih suka mengunjungi sahabat-sahabat dan keluarga jika memungkinkan, terutama untuk kegiatan-kegiatan olahraga. Queen City itu jelas telah berkembang menjadi mekahnya olahraga di bagian selatan. Dan Presidents Cup hanya akan meningkatkan identitas tersebut.

Selama beberapa tahun ini, Quail Hollow telah menjalani serangkaian peningkatan sejak pertama kali didesain oleh George Cobb pada tahun 1961. Lapangan ini menjadi salah satu ujian terbaik golf yang kami lihat sepanjang tahun pada PGA TOUR. Lapangan ini juga akan menjadi tempat yang sempurna untuk ajang match-play mengingat variasi tantangan yang dihadirkan, terutama Green Mile yang, tak diragukan lagi, akan terus menyuguhkan tantangan di serangkaian hole paling kritis pada tiap ajang yang dimainkan di sini. Para pemain akan mengambil sejumlah pukulan krusial sepanjang pekan, menyuguhkan lingkungan yang sangat menarik bagi para penggemar yang hadir di sana dan yang menyaksikan dari seluruh dunia.

Meskipun terpaksa mengalami penundaan setahun akibat COVID-19, saya bersyukur bahwa pada akhirnya kami mendapat kesempatan untuk lebih bersiap. Beberapa di antara para pegolf papan atas yang solid dan berbakat, kami memiliki pegolf No.1 Dunia Dustin Johnson, Juara FedExCup 2017 Justin Thomas, Patrick Reed, Webb Simpson, dan lainnya bersama bakat-bakat muda yang bermunculan. Saya punt ak sabar untuk menyaksikan perkembangan Tim AS tahun 2022 nanti. Wells Fargo Championship di Quail Hollow Club pada bulan Mei ini akan menjadi kesempatan sempurna untuk sekilas menangkap nuansa bagaimana lapangan itu nantinya.

Dengan persiapan yang tersisa kurang dari dua tahun, satu prioritas penting buat saya ialah hasrat untuk membangun atmosfer kejuaraan yang bisa membuat para pemain langsung merasa bangga sambil memamerkan daerah ini kepada para penggemar olahraga di seluruh dunia. Meski kami akan saling berhadapan, saya yakin Kapten Tim Internasional Trevor Immelman akan bekerja sama dengan saya untuk mewujudkan hal tersebut.

CATATAN
Davis Love III merupakan pemegang 21 gelar PGA TOUR dan anggota World Golf Hall of Fame. Anda bisa menyaksikannya dan berbagai ajang PGA TOUR di Indonesia melalui GOLFTV powered by PGA TOUR.