Apa jadinya jika bintang golf dunia mengganti club mereka dengan raket badminton? Itulah yang terjadi ketika pegolf No.1 Dunia Brooks Koepka, pegolf No.2 Dunia Dustin Johnson, juara bertahan dan juara FedExCup Justin Rose, pegolf No.5 Dunia Rory McIlroy, dan pegolf No.6 Dunia Francesco Molinari beralih dari golf ke badminton dalam pertarungan unik Eropa vs Amerika.

Bertempat di lapangan yang khusus dibuat persis di luar Kamar Dagang Shanghai, aktivitas ini merupakan upaya HSBC untuk menarik minat para penggemar di China dan membangun koneksi yang lebih dekat lagi antara budaya China dan golf kelas dunia. Kegiatan ini juga menjadi upaya HSBC untuk mendukung pertumbuhan golf di Asia melalui kemitraan mereka dengan World Golf Championship.

Ketika HSBC Champions digelar untuk pertama kalina pada 2005, golf di Asia masih dalam fase awal, dengan jumlah penggemar golf yang amat sangat terbatas, dan tanpa warisan, dan tanpa ajang yang signifikan. Namun, sejak kemitraan ini terbentuk, golf kian berkembang di wilayah ini. WGC-HSBC Champions sendiri dipandang sebagai ajang Major Asia berkat kualitas yang selalu dihadirkan dan kehadiran penggemar golf di China.

Badminton sendiri merupakan salah satu olahraga yang paling populer di China dengan HSBC sendiri turut menjadi mitra bagi Badminton World Federation. Dengan mengajak para pegolf top dunia ini memainkan badminton, para penggemar di China diajak untuk memiliki kontak langsung dengan olahraga golf. Kelima pegolf top dunia itu pun sempat mendapatkan pelatihan singkat dari mantan Juara Dunia Wang Lin.

“Sungguh menyenangkan bisa mengganti golf club dengan raket badminton dan bermain di lokasi istimewa di depan Kamar Dagang Shanghai. Awalnya kami memang sekadar bersenang-senang, namun seiring waktu, ada persaingan yang bersahabat di kedua pihak,” ujar Koepka.

“Para penggemar di China makin terlibat, makin memiliki pengetahuan, dan jelas makin tertarik pada golf.” – Dustin Johnson

Sebelumnya, Dustin Johnson memuji perkembangan turnamen ini dari tahun ke tahun dengan menyebut bahwa tiap kali ia bermain di China, nuansa yang dihadirkan semakin lebih baik lagi. “Para penggemar di sini makin terlibat, makin memiliki pengetahuan, dan jelas makin tertarik pada golf,” ujarnya.

Rose sendiri menyebut pengalaman tahun lalu memberikan sensasi yang istimewa, yang membuatnya tak sabar untuk memulai upayanya mempertahankan trofi Old Tom Morris mulai besok.

Perkembangan positif yang terjadi tahun demi tahun ini jugalah yang mendorong Rory McIlroy untuk merasa senang bisa berpartisipasi dalam turnamen pekan ini.

Juara The Open dan pegolf No.6 Dunia Francesco Molinari menimpali, “Sungguh menyenangkan bisa sekali lagi bersama rekan-rekan Eropa saya, kali ini di lapangan badminton ketimbang lapangan golf. Ajang (Ryder Cup) di Le Golf National jelas salah satu prestasi istimewa dalam karier saya.”

Para peserta yang berkumpul untuk memperebutkan total hadiah senilai US$10 juta pada pekan ini jelas merupakan yang terkuat. Untuk mengakomodasi para penggemar golf dan meningkatkan pengalaman menyaksikan turnamen kelas dunia seperti ini, pihak penyelenggara juga telah menyertakan teknologi virtual reality di area Lakeside dengan memberikan spot menyaksikan turnamen dengan pemandangan premium di green hole 2 dan 9.

Leave a comment