Para bintang film dan mantan megabintang atlet meramaikan Alfred Dunhill Links Championship.

Bagaimana jadinya ketika para bintang Hollywood, mantan megabintang dari berbagai cabang olahraga, dan para pegolf profesional papan atas dunia bertanding dalam satu ajang kompetisi golf? Jawabannya jelas langsung bisa Anda saksikan pada ajang Alfred Dunhill Links Championship yang telah dimulai hari Kamis (26/9) kemarin.

Ajang yang juga menjadi bagian dari kalender European Tour ini memang sangatlah unik. Bertempat di tiga lapangan terbesar sekaligus bersejarah di dunia golf, yaitu Old Course di St. Andrews, Carnoustie, dan Kingsbarn, para bintang dari tiga bidang profesi berbeda itu bakal dipertemukan untuk saling bersaing satu dengan yang lainnya.

Kompetisi pada pekan ini sendiri dimainkan dengan dua nomor kompetisi berbeda. Yang pertama, tentunya, berupa turnamen individual bagi para pegolf profesional. Sejumlah nama besar telah dipastikan bertanding pekan ini.

Dari Juara FedExCup 2019 Rory McIlroy, peraih medali emas Olimpiade Justin Rose, serta pegolf tangguh Spanyol Jon Rahm. Selain itu, Juara The Open Shane Lowry, serta bintang Ryder Cup Eropa Tommy Fleetwood dan bintang Ryder Cup Amerika Tony Finau juga menjadi beberapa nama lain yang bertanding.

Selain itu, ada pula kompetisi beregu di mana pegolf profesional akan berpasangan dengan para pemain amatir yang berangkat dari berbagai latar belakang, termasuklah di antaranya para bintang film dan mantan megabintang dari berbagai cabang olahraga lain, serta para pebisnis dan inventor ternama dunia.

Aktor Luke Wilson dan Gregg Kinnear menjadi dua dari sejumlah pegolf amatir yang ikut berpartisipasi pada ajang Alfred Dunhill Links Championship pekan ini. Foto: Getty Images.

Antusiasme pun terpancar dari para pemain amatir yang kerap menghias layar lebar. Aktor Luke Wilson, yang di antaranya terkenal dengan film, seperti “The Goldfinch” dan “Legally Blonde”, mengaku bahwak ompetisi yang dimainkan dengan kakaknya sekaligus sesama aktor, Owen, bisa menginspirasinya untuk bisa lolos cut untuk pertama kalinya pada ajang pekan ini.

“Owen tidak bermain golf, meskipun ia tertarik dengan putting,” jelas sang aktor. “Dia bahkan memiliki putting green sendiri di rumahnya. Kami bahkan sering melakukan kompetisi putting dan golf benar-benar bisa menjadi ajang taruhan. Dia bahkan melakukan putt dengan tangan kanan, meskipun dia sendiri kidal!”

Wilson sendiri sudah beberapa kali tampil dalam turnamen ini selama beberapa tahun terakhir, tapi masih belum berkesempatan untuk memainkan putaran final. Terakhir ia nyaris lolos cut pada tahun 2018 lalu.

“Ini keempat kalinya saya bermain di sini, tapi saya belum pernah benar-benar lolos cut. Tahun lalu saya sangat menikmati putaran permainan, tapi malah double bogey di Road Hole dan bogey di hole 18. Pada akhirnya, saya main 78. Skor itu sih bagus buat saya, tapi kami gagal melaju,” ujar Wilson yang kali ini bakal berpasangan dengan Andrew “Beef” Johnston.

Jon Rahm (kanan) menjadi salah satu bintang golf papan atas yang ikut bersaing pada pekan ini. Foto: Getty Images.

Antusiasme serupa juga diungkapkan oleh atlet kritket Shane Warne. Warne menyebutkan bahwa kompetisi ini merupakan pertandingan ujian baginya.

“Saya pikir tak ada olahraga lain seperti golf, yang memungkinkan para pemain amatir untuk bermain bersama para pegolf profesional,” ujar Warne. “Tak ada orang yang sekadar muncul dan bermain di Melbourne Cricket Ground di depan 90.000 penonton pada Boxing Day Test. Anda bisa saja bermain dalam pertandingan amal, tapi jelas tidak sama,” ujar Warne.

“Bagi para pegolf amatir seperti kami, ini merupakan pekan terbaik sepanjang tahun. Ada ikatan kerat yang terjadi di antara para pegolf amatir reguler dan kami membicarakan turnamen ini sepanjang tahun. Kami bahkan memiliki grup WhatsApp dan ketika Anda mendapatkan undangannya, rasanya selalu luar biasa!”

Sementara itu, mantan joki papan atas Anthony McCoy bakal berpasangan dengan Andy Sullivan. Sepanjang kariernya, McCoy telah menjadi legenda tersendiri.

“Saya cukup mengenal Andy. Saya bermain dengannya di Hillside pada ajang pro-am untuk British Masters. Dia penggemar berat Liverpool dan saya sangat mengenal Robbie Fowler dan Jason McAteer, jadi kita lihat saja bagaimana duet kami nanti. Tapi saya pikir pekan ini dia bakal mendapat hasil yang bagus,” ujar McCoy.

Leave a comment