Para pegolf wanita top dunia akan kembali menyuguhkan kompetisi golf kelas dunia pada ajang HSBC Women’s World Championship di Singapura.

Turnamen akbar yang disebut-sebut sebagai ajang Major Asia, HSBC Women’s World Championship akan kembali menjadi spot berkumpulnya para pegolf wanita terbaik di dunia. Turnamen yang menjadi bagian dari kalender LPGA musim 2020 ini akan kembali menghadirkan 20 pegolf wanita terbaik dunia. Dan mereka bakal segera berkompetisi di New Tanjong Course di Sentosa Golf Club pada 27 Februari hingga 1 Maret 2020.

Ko Jin Young, yang kini menyandang status No.1 Dunia menjadi daya tarik tersendiri pada edisi kali ini. Pegolf asal Korea ini mendominasi musim 2019 lalu dengan menjuarai empat gelar LPGA, termasuk menjuarai dua Major, yaitu ANA Inspiration dan Evian Championship.

Ia juga mencatatkan rekor baru di panggung golf profesional, baik wanita maupun pria. Ia memainkan 114 hole tanpa sekalipun mendapatkan bogey. Prestasi ini bahkan memecahkan rekor yang pernah dibukukan oleh Tiger Woods.

Juara bertahan Park Sunghyun, yang kin menyandang status No.2 Dunia bakal berusaha mempertahankan gelarnya ketika HSBC Women’s World Championship kembali digelar di Sentosa Golf Club pada 27 Februari-1 Maret 2020. Foto: Getty Images.

Rangkaian catatan istimewa sepanjang 2019 itu kemudian menjadikannya sebagai salah satu dari hanya empat pemain, dalam sejarah golf wanita, yang sanggup menyapu beragam penghargaan. Pada akhir musim 2019 lalu, Ko menyabet gelar Player of the Year Award, Vare Trophy, dan Juara Order of Merit, sambil menyandang status No.1 Dunia pada Rolex Rankings.

Sang juara bertahan, yang juga berasal dari Korea, Park Sunghyun yang kini berstatus No.2 Dunia, plus No.3 Dunia saat ini Nelly Korda juga dipastikan kembali ke Singapura. Korda sendiri menikmati musim yang berkesan pada tahun lalu. Ia meraih sepuluh besar pada 12 turnamen yang ia ikuti, termasuk dua gelar juara. Rangkaian prestasi mengesankan itu membuatnya berhasil menembus 10 besar dunia untuk pertama kalinya.

Dengan bekal performa positif tersebut, wajar jika ia kini memandang tahun 2020 dengan lebih positif, terutama ketimbang pada edisi 2018. Kala itu ia harus mengalami kekalahan tipis dari Michelle Wie ketika Wie secara mengagumkan berhasil memasukkan putt dari luar green di hole 18 putaran final.

 

 

“Tahun 2019 merupakan tahun yang istimewa buat saya. Dimulai dengan kemenangan di Australia, lalu menjuarai ajang Ladies European Tour di Prancis dan mengakhiri tahun tersebut dengan kemenangan di Taiwan. Lalu dilengkapi dengan debut saya pada ajang Solheim Cup,” tutur Korda.

“Saya berharap tahun 2002 ini menjadi tahun yang istimewa lagi dan tak sabar untuk bisa menghadapi para pegolf terbaik dunia pada HSBC Women’s World Championship di Singapura, apalagi setelah sebelumnya saya nyaris menang.”

Tiga pemegang gelar Major lainnya, Lee6 Jeongeun (U.S. Women’s Open), Hannah Green (KPMG Women’s PGA Championship), dan Hinako Shibuno (AIG Women’s British Open), dan mantan pegolf nomor satu dunia Ariya Jutanugarn dan Ryu Soyeon juga dipastikan tampil. Sementara sejumlah pemain favorit lain, seperti Danielle Kang, Brooke Henderson, dan Minjee Lee juga bakal melengkapi pekan istimewa ini.

Nelly Korda berniat untuk mengulangi musim fenomenalnya pada tahun 2019 ketika ia meraih dua kemenangan dan menembus ranking 10 besar dunia untuk pertama kalinya dalam kariernya. Foto: Getty Images.

Turnamen ini hanya akan dikuti oleh 66 peserta, tanpa cut-off sepanjang 72 hole, dan memperebutkan total hadiah senilai US$1.500.000. Selain para pegolf peringkat 20 besar dunia, para juara turnamen LPGA pada musim 2019 dan pemenang turnamen resmi LPGA musim 2020 akan mendapat spot pada pekan turnamen ini. Selain itu, empat pemain undangan juga akan ikut bertanding, bersama juara Women’s Amateur Asia-Pacific 2020. Adapun sisa spotnya akan diberikan kepada para pemain LPGA dari LPGA Priority List 2020.

Seperti pada penyelenggaraan sebelumnya, para penggemar golf tak hanya dapat menikmati tontonan para pegolf wanita papan atas ini, tapi juga suguhan hiburan menarik selama empat hari. Kolaborasi suguhan di dalam dan luar lapangan inilah yang mengukuhkan status turnamen ini sebagai turnamen paling menarik dalam kalender LPGA.

Tiket untuk menyaksikan turnamen ini sudah mulai dijual dan Early Bird akan berlaku sepanjang bulan Januari 2020 ini. Para penggemar golf di Indonesia yang ingin menyaksikan ketangguhan para pegolf wanita papan atas dunia dapat membeli tiket melalui situs resmi turnamen ini: https://www.hsbcgolf.com/womens.