Putaran akhir THE NORTHERN TRUST menjadi kesempatan terakhir bagi wakil Asia untuk melangkah ke ajang Playoff berikutnya.

Ketika Dustin Johnson kian mengukuhkan posisinya di puncak klasemen THE NORTHERN TRUST dengan skor total 22-under 191, tiga wakil Asia yang tersisa hanya memiliki 18 hole lagi untuk memastikan langkah mereka ke ajang FedExCup Playoff berikutnya, BMW Championship.

Sejauh ini, baru Im Sungjae, Hideki Matsuyama, dan An Byeonghun yang sudah dipastikan mendapat tempat yang pasti. Hanya Im dan Matsuyama berpeluang besar untuk tampil pada ajang pamungkas TOUR Championship di East Lake Golf Club, Atlanta. Adapun Zhang Xinjun dan Kang Sung sudah dipastikan tak dapat menuju Olympia Fields Country Club pekan depan lantaran keduanya gagal lolos cut dan diprediksi terlempar dari 75 besar.

Dua nama lain, Kim Siwoo dan Lee Kyounghoon masih harus berjuang keras pada putaran final THE NORTHERN TRUST hari ini untuk melangkah ke BMW Championship. Dan sejauh ini peluang keduanya masih terbuka.

Kim, meskipun gagal mengulangi permainan cemerlangnya pada putaran kedua dengan hanya bermain 1-under 70, diprediksi bakal berada di peringkat 66 klasemen FedExCup, yang berarti ia dapat melangkah ke ajang Playoff kedua. Itu juga dengan catatan ia setidaknya dapat mempertahankan posisinya di posisi yang bagus pada putaran final kali ini.

Pada putaran ketiga kemarin, Kim hanya membukukan 4 birdie dengan sebuah bogey. Meski memulai dari posisi T9, skor 70 ini membuatnya harus turun enam peringkat ke posisi T15.

 

 

Sementara rekan senegaranya, Lee, juga harus turun peringkat. Setelah bermain 67 dan 68 pada dua putaran pertama, ia membukukan skor 2-under 69 berkat 4 birdie dan 2 bogey. Dengan total skor 9-under 204, Lee kini berada di peringkat T22. Jika posisinya tidak bergerak pada hari Minggu (23/8) ini, langkahnya dipastikan terhenti. Meskipun peringkat FedExCup-nya diprediksi akan lebih baik jika berada di tempatnya saat ini, Lee hanya akan mengakhiri musim ini di posisi 92.

Praktis hanya Matsuyama yang bermain paling bagus dari ketiga wakil Asia ini. Grafik skornya juga terus membaik. Setelah menorehkan skor 70 dan 69, Matsuyama bermain tanpa bogey dan menorehkan 6 birdie. Ia bahkan sempat mendapatkan momentum setelah bermain 5-under hingga hole 10. Sayangnya, dalam enam hole berikutnya tak satu birdie pun ia peroleh, sampai akhirnya mendapatkan birdie terakhirnya di hole 17.

Meskipun telah memastikan melangkah hingga TOUR Championship, Matsuyama sadar bahwa ia mesti terus meningkatkan posisinya pada klasemen FedExCup. Dengan sistem unik yang berlaku sejak tahun lalu, para pegolf yang masuk jajaran 30 besar untuk bertanding pada TOUR Championship akan mendapat skor cadangan.

Peringkat pertama pada daftar peraih poin FedExCup akan mendapat modal 10-under; peringkat 2 mendapat 8-under, demikian selanjutnya hingga peringkat 5 mendapat 5-under. Peringkat 6-10 akan mendapat 4-under; posisi 11-15 akan memulai ajang tersebut dengan 3-under; posisi 16-20 akan memulai dengan 2-under; 20-25 akan bermain dengan 1-under, sedang 26-30 akan bermain dengan even par.

Saat ini posisi teratas FedExCup ditempati oleh Justin Thomas, yang pada musim 2019-2020 ini telah meraih tiga kemenangan.