Seminole Golf Club akan menjadi panggung kembalinya tayangan golf bagi para penggemar golf di seluruh dunia.

Hampir dua bulan lamanya Dustin Johnson tak bermain golf. Sejak pertengahan Maret pada ajang THE PLAYERS Championship, barulah pada hari Minggu (10/5) yang lalu, ia kembali berlatih. Latihannya ini sekaligus menjadi persiapan untuk mengembalikan kondisinya untuk siap bersaing ketika kompetisi kembali bergulir.

Bagaimana hasilnya?

“Saya dapat birdie di hole pertama,” ujarnya. “Saya bisa mengembalikan (performa) dengan cepat.”

Meskipun banyak hal yang terjadi belakangan ini, tak banyak yang berubah pada diri Johnson.

Meskipun kompetisi PGA TOUR baru akan kembali dalam empat pekan ke depan, ketika Charles Schwab Challenge digelar pada 11 Juni 2020, Johnson bersama Rory McIlroy, Rickie Fowler, dan Matthew Wolff akan memulai sebuah ajang dalam format skins di lapangan penuh historis, Seminole Golf Club pada 17 Mei 2020. Mereka akan bersaing dalam ajang TaylorMade Driving Relief supported by UnitedHealth Group.

Johnson akan berpasangan dengan pegolf No.1 Dunia dan Juara FedExCup Rory McIlroy. Pasangan ini akan bertanding dengan Rickie Fowler dan Matthew Wolff dalam ajang amal sebagai upaya meringankan penangan COVID-19. Johnson dan McIlroy akan mewakili American Nurse Foundation, sementara Fowler dan Wolff mewakili Center for Disease Control Foundation. Masing-masing pemain akan memiliki bekal US$500.000 ketika partai skins ini dimulai.

“Dengan tidak adanya tayangan olahraga langsung di TV saat ini, saya pikir dunia butuh sesuatu untuk ditonton,” ujar Johnson. “Semoga kami bisa bermain dan memberikan tontonan yang menarik, apalagi kegiatan ini memiliki tujuan yang mulia. Kami mengumpulkan banyak sumbangan bagi mereka yang sangat membutuhkannya, jadi bisa berbagian dalam hal ini jelas menjadi langkah terbaik, dan saya pikir kami juga tak sabar untuk kembali bertanding.”

 

Rory McIlroy dan Dustin Johnson, serta Rickie Fowler dan Matthew Wolff akan memainkan partai skins dalam format four-ball di Seminole Golf Club, 17 Mei 2020 atau 18 Mei 2020 WIB. Foto: TaylorMade Golf.

 

Tim yang terdiri dari dua orang ini akan memainkan four-ball, di mana tiap pemain akan memainkan bolanya masing-masing. Skor untuk tiap tim dihitung dari skor terendah dari salah satu anggota timnya.

Hole 1 hingga hole 6 akan bernilai US$50.000. Adapun hole 7 hingga 16 akan bernilai US$100.000. Hole 17 dan hole 18, masing-masing, akan bernilai US$200.000 dan US$500.000.

Selain jumlah tersebut, Farmers Insurance juga akan menyumbangkan US$25.000 untuk tiap birdie, US$50.000 untuk tiap eagle, dan US$150.000 untuk tiap hole-in-one atau albatross (double eagle).

“Kami akan mengambil posisi non-unggulan, tapi pada dasarnya format seperti ini tergantung siapa yang memiliki putter paling jitu, dan pada akhirnya partai seperti ini bisa berlangsung sepanjang hari,” tutur Fowler.

“Satu tim mungkin bisa main lebih bagus daripada yang lain, Jadi, saya pikir tidak ada yang bisa difavoritkan. Kami akan mulai bertanding dan berusaha untuk saling mengalahkan sebisa mungkin, tapi juga menikmati pertandingan ini.

“Hal terbaiknya ialah kami bisa bertanding dan menggalang dana untuk amal karena keadaan saat ini benar-benar luar biasa dan sulit bagi negara kami dan seluruh dunia.”

“Bisa bertanding golf seperti ini sangatlah menyenangkan sekaligus menghibur bagi beberapa orang, tapi juga sekaligus memberi bantuan.” — Rory McIlroy

Farmers Insurance juga telah memberi komitmen senilai US$1 juta untuk menyediakan bonus birdie dan eagle, yang nantinya akan diberikan kepada Off Their Plate, sebuah inisiatif penggalangan dana dari World Central Kitchen untuk membantu para petugas kesehatan yang berada di garis terdepan penanganan COVID-19, termasuk para pegawai restoran yang terkena dampak.

Sementara itu, penggalangan dana secara online dari PGA TOUR Charities sudah bisa dilakukan melalui GoFundMe. Para penggemar dari seluruh dunia bisa bersama-sama mengumpulkan dana tambahan bagi upaya membantu penanganan COVID-19. Nilai itu nantinya akan ditambahkan pada total US$4 juta yang telah dikumpulkan.

Sementara itu, para penonton yang berada di Amerika Serikat bisa memberi sumbangan dengan mengirimkan SMS “DRIVINGRELIEF” ke nomor 41-411.

Adapun dana yang terkumpul dari GoFundMe PGA TOUR Charities akan diberikan kepada organisasi-organisasi yang terpilih untuk nantinya bisa disalurkan guna membantu penanganan COVID-19. Para penggemar di luar AS bisa memberikan sumbangan melalui: www.pgatour.com/drivingrelief.

“Saya rasa saya belum cukup memberi, tapi dampak yang diberikan pastilah besar. Bagi kami, bisa bertanding golf seperti ini sangatlah menyenangkan sekaligus menghibur bagi beberapa orang, tapi juga sekaligus memberi bantuan. Yang akan kami lakukan lewat ajang ini adalah hal yang sangat besar. Bagian kami mungkin tidak banyak, tapi kami senang bisa membantu seperti ini sekaligus menghibur banyak orang setelah selama beberapa bulan mereka tak memiliki tontonan apa-apa,” tandas McIlroy.

Bagaimana Menyaksikannya?
TaylorMade Driving Relief akan ditayangkan secara langsung pada Minggu, 17 Mei 2020 pukul 14:00-18:00 Eastern Time. Ini berarti para penggemar di Indonesia baru bisa menyaksikan tayangan ini pada Senin, 18 Mei 2020 pukul 01:00-05:00.

Penggemar di Indonesia dapat menyaksikannya melalui Golf Channel.

Sementara bagi yang tidak memiliki akses Golf Channel dapat memanfaatkan alternatif tayangan streaming GOLFTV powered by PGA TOUR.

Tayangan jelang pertandingan dan dua hole pertama akan tersedia secara langsung melalui Twitter PGA TOUR.