C.T. Pan kembali ke Harbour Town untuk turnamen yang telah melambungkan namanya tahun lalu, kali ini bersama sang istri.

Minggu sore itu, pada putaran final RBC Heritage 2019, C.T. Pan tampil luar biasa di sembilan hole terakhir Harbour Town Golf Links. Setelah membukukan dua birdie di sembilan hole pertama, Pan menorehkan tiga birdie dengan satu bogey untuk memastikan kemenangan satu stroke atas Matt Kuchar.

Pekan itu jelas menjadi pekan yang istimewa dalam kariernya. Sayangnya, Michelle, sang istri tak dapat mendampinginya. Kala itu, pasangan ini sama-sama mengusung tugas yang berbeda. Ketika Pan bertanding, sang istri menggelar C.T. Pan Junior Championship di The Clubs of Kingwood, di Houston, Texas.

Sebagai penyelenggara, Pan juga sempat berpikir untuk bersama sang istri menyaksikan turnamen juniornya itu. Namun, Michelle mendorongnya untuk mengikuti RBC Heritage. Mendengar saran sang istri terbukti mejadi keputusan yang tepat. Pan akhirnya sukses meraih gelar PGA TOUR pertamanya.

Kali ini, Michelle tak ingin kehilangan kesempatan istimewa yang serupa. Ia telah menegaskan bakal mendampingi sebagai kedi ketika sang suami memulai upayanya mempertahankan gelarnya pekan ini.

“Pagi ini saya memainkan sembilan hole terakhir … dan saya memberi tahu dia bagaimana saya memainkan tiap hole dan bahkan tiap pukulan,” tutur Pan hari Selasa (17/6) kemarin. “Saya bahkan menunjukkan lokasi-lokasi hole kepadanya dan putt birdie di hole 16, par di hole 17 dari atas bunker, dan 18 di mana saya melakukan pukulan hebat, approach hingga menyisakan jarak 15 kaki. Menyenangkan bisa melakukan napak tilas dan mendapati dirinya sebagai kedi bagi saya karena tahun lalu ia tak bersama saya. Jadi, saya senang bisa kembali ke sini.”

 

 

Jika ia bisa mempertahankan gelarnya pekan ini, pegolf berusia 28 tahun ini jelas bakal sangat menikmatinya. Apalagi dalam 11 turnamen terakhir ia hanya bisa sekali finis di jajaran 25 besar, yaitu dengan finis di posisi 11 pada Mayakoba Golf Classic, bulan November 2019 lalu. Ia juga tiba di Hilton Head pekan ini setelah gagal lolos cut dalam tiga turnamen terakhirnya, mulai dari awal Februari, sampai ketika PGA TOUR kembali melanjutkan musim ini lewat Charles Schwab Challenge. Kala itu ia hanya bermain 72-70, empat stroke dari batas aman.

“Meski hanya bermain dua hari, saya rasa permainan iron, pukulan approach ke green dan di sekitar green rasanya sangat bagus,” sambungnya. “Mungkin saya ada di peringkat 20-an dalam dua putaran tersebut. Permaiann driver saya sepertinya yang paling lemah pekan lalu, tapi saya pikir minggu ini saya akan melatihnya. Selain itu, saya pikir lapangan ini sangat cocok buat saya, termasuk semua pukulan tee-nya. Jadi, saya pikir hal tersebut akan sangat membantu.”

Pan, yang melakoni debut Presidents Cup tahun lalu, memang sangat bersemangat untuk kembali berkompetisi menyusul jeda panjang akibat pandemi COVID-19. Ia pun terus latihan dengan membangun driving range di garasinya. Ia juga meluncurkan kanal YouTube untuk berbagi tip dengan para penggemar.

Ia dan Michelle juga telah membeli Recreational Vehicle (RV) untuk melakukan perjalanan dari turnamen ke turnamen untuk mengurangi risiko terpapar virus. Bulan Maret lalu, ia sempat menjadi bahan perbincangan setelah memutuskan mundur dari THE PLAYERS Championship lantaran mengkhawatirkan keamanan para turnamen yang akhirnya dibatalkan itu.

“Saya pikir PGA TOUR telah melakukan berbagai hal dalam dua bulan terakhir untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi kami untuk bertanding.” — C.T. Pan.

“Saya pikir PGA TOUR telah melakukan berbagai hal dalam dua bulan terakhir untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi kami untuk bertanding,” ujarnya. “Saya sangat terkesan pada semua yang mereka lakukan pada pekan lalu. Pengujiannya juga luar biasa cepat dan mudah. Mereka juga masih mempertahankan berjaga jarak. Dan makanan untuk dibawa merupakan salah satu usulan saya, dan mereka menyambut masukan tersebut.

“Saya pikir mereka berusaha mengikuti aturan, seperti halnya semua orang. Semoga saja ini menjadi model untuk NBA dan MLB untuk melanjutkan langkah merekak. Sejauh ini saya sangat terkesan pada cara PGA TOUR menangani kondisi ini.”

Semula Pan tak berharap bisa mempertahankan gelarnya pekan ini. Pasalnya, RBC Heritage sempat dibatalkan. Namun, turnamen ini kemudian dijadwalkan kembali, hanya saja takkan dihadiri oleh para penonton.

Pan jelas sangat menyambut keputusan tersebut. Lapangan yang sudah akrab baginya seperti Harbour Town ini bisa menjadi panggung yang sangat ia butuhkan untuk mengembalikan permainannya. Dan istrinya pun akan mendampinginya untuk mewujudkan hal ini.

“Ketika mereka mengumumkan jadwal baru, saya sangat kaget melihat RBC Heritage akan digelar sebagai turnamen kedua. Saya sangat gembira mengetahui hal ini. Saya dan istri sangat menyukai tempat ini. Senang rasanya kami bisa kembali.”

C.T. Pan akan bermain bersama pegolf No.1 Dunia Rory McIlroy dan Rickie Fowler dalam dua putaran pertama RBC Heritage pekan ini.