Pegolf tuan rumah Shiv Kapur mencatatkan kemenangan impiannya ketika menjuarai Panasonic Open India di kandangnya sendiri, Delhi Golf Club, New Delhi, India. Kapur memastikan gelar ketiga Asian Tournya itu setelah membukukan 4-under 68 pada hari Minggu (5/11).

Ini merupakan gelar Asian Tour pertama Kapur yang ia menangkan di negerinya sendiri. Sebelumnya, ia menjuarai dua turnamen di dua negara berbeda, yaitu di Thailand dan China Taipei. Lebih istimewa lagi lantaran gelar ini ia menangkan di depan pendukung tuan rumah dan di lapangan yang merupakan kandanganya.

Perburuan gelar berlangsung seru pada putaran final kemarin (5/11). Pada sembilan hole terakhir, selisih antara pimpinan klasemen dan pesaing terdekatnya hanya satu stroke. Tapi Kapurlah yang berhasil meninggalkan pesaingnya ketika meraih empat birdie di hole 11, 12, 14, dan 15 untuk kemudian mencatatkan kemenangan dengan total skor 17-under 271.

Kapur mengakui bahwa kemenangan ini merupakan kemenangan yang sangat emosional baginya.

”Rasanya sungguh luar biasa. Kemenangan ini belum benar-benar meresap, tapi saat berjalan di hole 18, saya berusaha membendung emosi saya. Saya hanya berfokus untuk menuntaskan perlombaan ini dan luar biasa sekali rasanya bisa melakukannya,” tutur Kapur.

”Bisa menang di depan seluruh teman dan keluarga saya jelas sesuatu yang indah. Saya besar dan main golf di sini dan bertekad untuk menang di Delhi Golf Club suatu hari kelak. Jadi, tak ada kata-kata yang tepat untuk menjelaskan perasaan saya saat ini.”

Kapur memainkan permainan yang agresif dalam sembilan hole terakhir yang ia mainkan. Keputusan tersebut akhirnya membantunya untuk mencatatkan kemenangan penting ini.

”Bisa menang dua kali (Yeangder Herritage dan Panasonic Open India) dalam setahun jelas luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada banyak orang yang percaya kepada saya dan mendukung saya. Performa saya sedang bagus dan percaya diri saya tinggi, jadi tak ada alasan kenapa saya tak bisa menang lagi,” tukas Kapur.

Pegolf asal Amerika Serikat Paul Peterson sempat menjadi salah satu penantang yang tengah memburu gelar pertamanya pada Asian Tour. Namun, ia harus merelakan Kapur mengangkat trofi setelah hanya mencatatkan tiga birdie dan dua bogey. Ia harus puas finis sebagai salah satu runner-up bersama enam pegolf lain, termasuk dua pegolf India S.S.P. Chawrasia dan Ajeetesh Sandhu pada ajang yang memperebutkan total hadiah senilai US$400.000 ini.

Panasonic Open India yang didukung oleh Asian Tour dan Professional Golf Tour of India (PGTI) ini merupakan paruh kedua dari rangkaian seri Panasonic Swing. Ini merupakan seri perburuan poin yang terdiri dari lima ajang yang berlangsung di Thailand, India, Indonesia, Malaysia, dan Jepang. Kemenangan di Delhi Golf Club ini sendiri melambungkan posisi Kapur ke puncak klasemen Panasonic Swing.