Konsistensi sepanjang musim membawa Justin Thomas memenangkan Wyndham Rewards Top 10.

PGA TOUR tak sekadar soal menjuarai kompetisi sepanjang musim dan setiap pekan. Selain diselingi oleh ajang Major dan turnamen papan atas, seperti THE PLAYERS Championship dan World Golf Championships, para pegolf profesional yang bertanding pada Tour terkemuka dunia ini juga bakal mendapat ganjaran yang pasti menambah angka pada rekening bank mereka jika menunjukkan performa yang konsisten sepanjang musim reguler.

Seperti itulah konsep Wyndham Rewards Top 10. Kompetisi sepanjang musim reguler ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 lalu dan dikhususkan bagi sepuluh pemain terbaik pada klasemen FedExCup musim reguler. Tahun lalu Brooks Koepka meraih posisi teratas.

Seiring berakhirnya musim reguler 2019-2020 pada ajang Wyndham Championship pekan lalu, berakhir pula perlombaan untuk meraih status sebagai pemain terbaik pada musim reguler. Dan Justin Thomas berhasil menjadi pegolf terbaik dengan menempati posisi teratas Wyndham Rewards Top 10.

”Menjadi pegolf No.1 pada Wyndham Rewards Top 10 membuat saya merasa terhormat dan benar-benar menegaskan konsistensi permainan saya menuju FedExCup Playoff,” ujar Thomas, yang membawa pulang hadiah uang senilai US$2 juta.

Sepanjang musim ini Thomas meraih kemenangan lebih banyak ketimbang rekan-rekan profesionalnya. Pada turnamen kedua yang ia ikuti musim ini, ia menjuarai THE CJ CUP @ NINE BRIDGES bulan Oktober 2019, lalu meraih kemenangan lewat babak play-off pada Sentry Tournament of Champions bulan Januari, sebelum akhirnya meraih gelar World Golf Championships kedua dalam kariernya dengan memenangkan WGC-FedEx St. Jude Invitational.

Selain tiga gelar tersebut, Thomas juga berhasil finis di jajaran sepuluh besar sebanyak enam kali.

”Saya sangat berterima kasih kepada Wyndham yang mendukung penghargaan ini. Rasanya lengkaplah sudah, mengingat mereka juga membantu memulai karier saya dengan memberikan slot sponsor pada Wyndham Championship 2009, ketika saya menjalani debut PGA TOUR saya dalam usia 16 tahun dan sebagai pemain amatir.”

 

Sebuah kemenangan dengan tujuh kali finis di sepuluh besar menempatkan Im Sungjae di posisi kelima Wyndham Rewards Top 10. Foto: Getty Images.

 

Sementara itu, Rookie of the Year PGA TOUR musim lalu, Im Sungjae, juga berhasil berada di jajaran sepuluh besar. Im berhasil finis di peringkat 5 setelah pada akhir pekan yang lalu finis di posisi T9. Prestasi ini merupakan finis sepuluh besar ketujuh bagi pegolf Korea Selatan tersebut.

”Saya sebenarnya tidak meraih hasil yang bagus sejak Charles Schwab Challenge, sekitar tujuh pekan terakhir. Tapi saya merasa senang sekarang swing saya kembali. Pukulan saya juga makin solid dan membantu saya mencatatkan skor yang bagus selama empat putaran,” tutur pegolf yang berusia 22 tahun ini.

”Musim ini saya bisa menang sekali dan beberapa kali finis di sepuluh besar sehingga bisa finis di peringkat 5 pada Wyndham Rewards. Ini juga diluar dugaan, jadi saya sangat senang bisa finis di posisi yang bagus. Saya akan membawa momentum ini ke FedExCup Playoff dan finis setinggi mungkin pada klasemen akhir nanti.”

Im meraih gelar PGA TOUR pertamanya pada The Honda Classic bulan Maret lalu.

Executive Vice President Loyalty and Wyndham Rewards Program Eliot Hamlisch memuji performa Justin Thomas dan para pegolf lain yang berhasil menuntaskan musim reguler kali ini di jajaran sepuluh besar Wyndham Rewards.

”Sungguh mengagumkan melihat betapa melejitnya Justin sejak debut PGA TOUR-nya pada Wyndham Championship beberapa tahun silam. Musim ini benar-benar menjadi musim yang sangat unik. Dan mewakili Wyndham Rewards, kami menyampaikan selamat kepada Justin dan semua pemain yang menuntaskan Wyndham Rewards Top 10 kali ini,” ujar Hamlisch.

Finis di jajaran sepuluh besar Wyndham Rewards sebelum mengikuti FedExCup Playoff menjadi sangat penting bagi para pegolf profesional ini. Pasalnya, posisi terbaik akan memperbesar peluang untuk menjuarai FedExCup.

Wyndham Rewards Top 10 Musim Reguler PGA TOUR 2019-2020
1. Justin Thomas – 2.458 poin – 3 gelar – 9 kali top 10 – 15 turnamen – US$2 juta
2. Collin Morikawa – 1.902 – 2 – 6 – 6 – 18 – US$1,5 juta
3. Webb Simpson – 1.878 – 2 – 7 – 12 – US$1,2 juta
4. Bryson DeChambeau – 1.657 – 1 – 9 – 14 – US$1,1 juta
5. Im Sungjae – 1.633 – 1 – 7 – 23 – US$1 juta
6. Patrick Reed – 1.426 – 1 – 7 – 17 – US$850.000
7. Daniel Berger – 1.347 – 1 – 6 – 14 – US$700.000
8. Rory McIlroy – 1.327 – 1 – 6 – 12 – US$600.000
9. Brendon Todd – 1.316 – 2 – 3 – 22 – US$550.000
10. Jon Rahm – 1.256 – 1 – 5 – 12 – US$500.000