Pegolf asal Inggris Justin Rose menunjukkan kelasnya sebagai pemain bintang pada ajang Indonesian Masters yang berlangsung Kamis (14/12) kemarin. Ia membukukan skor yang sensasional 10-under 62 dan memimpin klasemen sementara turnamen paling prestisius di Indonesia yang didukung oleh Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN) dan Telkom Indonesia ini.

Pegolf nomor enam dunia itu memaksimalkan kondisi cuaca yang bersahabat untuk melancarkan jalannya menuju posisi puncak dengan 10 birdie dalam kartu skornya di Royale Jakarta Golf Club. Ini akan menjadi rekor lapangan bagi peraih medali emas Olimpiade 2016 jika aturan preferred lie tidak diterapkan.

”Sejujurnya, ini awal yang diimpikan. Saya mencetak birdie di hole pertama dan merasa nyaman sejak mulai bermain. Lapangan ini seolah ada untuk dimaksimalkan. Jelas tidak ada angin yang berembus dan menjadi kondisi yang sempurna untuk bermain golf. Fairway-nya lembut dan lebar, tapi green-nya tidak terlalu lembut sehingga bola masih bisa bergulir,” jelas Rose, yang benar-benar hadir dengan aura sebagai duta golf setelah kemenangannya pada Olimpiade di Rio de Janeiro tahun lalu.

Rose mengaku kalau kemarin hari terasa panas meskipun langit mendung.Dengan keunggulan yang ia bukukan, ia berpeluang untuk memaksimalkan peluangnya meraih gelar ketiga pada tahun ini, sekaligus gelar pertamanya di Jakarta.

Satu pegolf bintang lainnya, Brandt Snedeker asal Amerika Serikat, kemarin harus berjuang untuk membukukan skor even par dalam debutnya di Royale Jakarta Golf Club. Kemarin ia membukukan dua birdie di hole 8 dan 9, namun mendapat double bogey di hole 17.

Adapun pegolf asal Thailand Gunn Charoenkul yang tengah berjuang untuk masuk zona 60 besar dalam Order of Merit Asian Tour juga bermain dengan sangat baik. Ia membukukan skor 8-under 64 dan berjarak hanya dua stroke dari Justin Rose.

”Mungkin inilah permainan terbaik saya tahun ini, saya tak melakukan kesalahan sama sekali,” ujar Gunn yang membukukan eagle di hole 9. ”Saya mesti menampilkan permainan terbaik seumur hidup saya dengan para pemain bagus yang kali ini bermain, jika saya ingin mengamankan kartu Tour saya.”

Pegolf Thailand lainnya, Phachara Khongwatmai juga kemarin bermain dengan hasil yang solid, 7-under 65. Ia sendiri mengaku kalau permaiannnya kemarin (14/12) adalah permainan yang patut dibanggakan.

”Chipping saya hari ini bagus. Rasanya sudah lama sekali sejak saya merasa solid dengan permainan saya dan saya sangat gembira bisa mendapatkan sensasi seperti ini dalam turnamen ini,” tutur Phachara.

Sementara dari sisi tuan rumah, empat pegolf berhasil membukukan skor under. Mereka adalah Rinaldi Adiyandono (68), Clement Erio Kurniawan (69), Rory Hie (70), dan Danny Masrin (71).

Putaran kedua tengah berlangsung dan dapat Anda ikuti melalui situs resmi Asian Tour.