Pegolf asal Inggris Justin Rose melanjutkan performa solidnya dengan mempertahankan keunggulan di posisi puncak klasemen sementara pada ajang Indonesian Masters presented by Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN & Telkom Indonesia. Ia mengumpulkan total 13-under 131 untuk memimpin satu stroke dari pegolf Thailand Kiradech Aphibarnrat.

Rose, yang merupakan salah satu dari 36 pemain yang mesti melanjutkan putaran keduanya pada pagi tadi (16/12), sempat dikejar oleh Kiradech ketika pegolf asal Thailand tersebut membukukan skor terendah pada hari kedua, 8-under 64.

Namun, ketika putaran kedua kembali dilanjutkan pagi tadi, Rose memastikan tetap berada di posisi teratas. Ia sempat kesulitan ketika memainkan putaran kedua yang ia awali dari hole 10 (hole 1 South Course di Royale Jakarta Golf Club). Ia hanya membukukan satu birdie dengan dua bogey.

Kelasnya sebagai pegolf berperingkat enam dunia ia tunjukkan ketika beralih ke sembilan hole terakhir di mana ia mencatatkan  empat birdie, termasuk di hole terakhirnya, yang membantunya kembali kukuh di peringkat teratas.

”Hari ini (kemarin) benar-benar sulit. Angin berembus dan arahnya berubah-ubah. Dan keadaanya jelas lebih berat lagi setelah penundaan akibat hujan,” ujar Rose yang kesulitan untuk menemukan kembali irama permainannya.

Usai memastikan bertahan di posisi teratas, Rose jelas berniat untuk melanjutkan kampanyenya untuk meraih gelar profesional ketiganya pada tahun ini.

Adapun Kiradech yang datang ke Jakarta dengan kemenangan pada ajang Asian Development Tour beberapa hari sebelum memulai pekan ini juga menunjukkan kapasitasnya sebagai pegolf papan atas Asian Tour.

”Beberapa waktu belakangan ini saya selalu melakukan pukulan yang bagus. Senang sekali bisa mendapatkan lima birdie berturut-turut dan hanya dua peluang birdie yang meleset. Awalnya sangat bagus, tapi kemudian kondisi mulai menjadi sangat panas dan lembab,” ujar Kiradech.

Kondisi hari yang begitu panas pada hari kedua kemarin juga membuat bintang Ryder Cup asal Amerika Serikat dan juara FedEx Cup 2012 Brandt Snedeker harus mundur dari turnamen setelah memainkan hoel ke-12 kemarin (15/12).

”Saya akan fokus memainkan permainan saya sendiri dan berusaha mempertahankan posis di jajaran atas klasemen dalam dua putaran berikutnya,” ujar pegolf nomor satu Asian Tour pada 2013 ini.

Indonesian Masters kali ini juga menjadi panggung istimewa bagi Indonesia dan menjadi kampanye terbaik yang pernah dibukukan oleh Indonesia selama tujuh kali penyelenggaraan ajang ini. Sebanyak tujuh pegolf berhasil melaju hingga putaran akhir pekan.

Kemarin Rinaldi Adiyandono (141), Joshua Andrew Wirawan (141), George Gandranata (142), Ramadhan Alwie (142), dan Naraajie Emerald Ramadhan Putra (142) berhasil memastikan langkah tersebut. Rory Hie (142) dan Kurnia Herisiandy Santoso (141) mengikuti langkah empat pegolf lainnya. Ini jelas menunjukkan golf di Indonesia mulai menunjukkan hasil yang positif setelah melalui upaya keras dari berbagai pihak.