Justin Rose masih kukuh di puncak klasemen ketika kondisi cuaca yang buruk kembali memaksa komite untuk menunda putaran ketiga ajang Indonesian Masters presented by Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN & Telkom Indonesia.

Kondisi cuaca yang berbeda jauh ketimbang dua hari pertama membuat turnamen ini beberapa kali harus dihentikan lantaran hujan dan petir di atas Royale Jakarta Golf Club. Petir membuat turnamen dihentikan pada pukul14:05 WIB dengan komite akhirnya memberi pengumuman terakhir pada pukul 16:10 bahwa turnamen terpaksa dilanjutkan pada hari Minggu (17/12) besok mulai pukul 06:15 WIB.

Menjalani debutnya pada turnamen ini Rose langsung melanjutkan putaran ketiga setelah menuntaskan putaran kedua pada pagi tadi. Ia langsung memperkuat posisinya di puncak klasemen dengan dua birdie di tiga hole pertamanya sebelum kemudian menambah birdie lagi di hole 5.

Peraih medali emas Olimpiade 2016 ini kemudian bermain par di tiga hole berikutnya untuk memimpin dengan 16-under sebelum turnamen terpaksa dihentikan.

Scott Vincent asal Zimbabwe dan Kiradech Aphibarnrat dari Thailand berada tiga stroke di belakang Rose hingga delapan hole. Adapun pegolf Thailand lainnya Phachara Khongwatmai dan pegolf Korea Kim Giwhan berada satu stroke di belakang mereka dengan 12-under, juga setelah bermain 8 hole.

Pegolf nomor satu Indonesia saat ini—menurut ranking PGA Tour of Indonesia—George Gandranata hari ini bermain 1-under 71 hingga hole ke-13 sampai cuaca buruk memaksanya kembali ke clubhouse. Kondisi ini menurutnya tak hanya berdampak baginya saja, tapi juga semua pemain.

George yang pada putaran ketiga bermain dari hole 10, berhasil mengawali permaiannnya dengan birdie dan bermain 2-under pada sembilan hole pertamanya. Namun, bogey di hole ketiga menghambat progresnya sehinga untuk sementara ia baru mengumpulkan total 3-under.

Kontingen Indonesia sendiri kali ini dipimpin oleh Rory Hie. Sama seperti George, Rory juga memulai upayanya mendongkrak peringkatnya pada ajang prestisius ini dengan 2-under. Ia menambah perbendarhaan birdie-nya di hole 12 dan 15. Rory sendiri baru menuntaskan sepuluh hole ketika turnamen dihentikan.

Pegolf asal Medan, Kurnia Herisiandy Santoso juga hari ini bermain dengan baik dengan perolehan tiga birdie dan satu bogey. Ia mencatatkan birdie di hole 12, 14, dan 16 sebelum kemudian mendapat bogey di hole 17.

Dua pegolf Indonesia lainnya, Joshua Andrew Wirawan dan pegolf amatir Naraajie Emerald Ramadhan Putra hari ini berjuang keras dengan total bermain even par. Joshua hari ini mengumpulkan 3 birdie, 4 bogey dengan satu double bogey, sedangkan Naraajie bermain 2 birdie, satu bogey dan satu triple bogey di hole 13.

Sementara Ramadhan Alwie untuk sementara bermain 1-over. Ia hanya membukukan satu birdie dengan empat bogey dan empat hole tersisa untuk putaran ketiganya.

Rinaldi Adiyandono yang masih berjuang mengatasi cedera lamanya yang kambuh untuk sementara juga membukukan total even par. Ia bermain 4-over di sembilan hole pertamanya dan mendapat bogey ketiga di hole 10, namun mendapat dua birdie di hole 11 dan 12.

”Kalau memainkan driver, cedera saya akan menjadi berasa sekali,” ujar Rinaldi yang masih harus memainkan tiga hole lagi untuk menuntaskan putaran ketiganya.