Permainan gemilang membawa Jose Emanuel Suryadinata dan Ida Ayu Indira Melati Putri ke puncak klasemen hari kedua Kejuaraan Nasional Golf Amatir.

Jose Emanuel Suryadinata menorehkan skor terendah dalam dua putaran awal Kejuaraan Nasional Golf Amatir hari ini (9/10). Pegolf asal Jawa Timur ini membukukan skor 4-under 68, yang praktis ikut menempatkan dirinya ke puncak klasemen sementara di Gading Raya Padang Golf dan Klub.

Bermain dari hole 10, pegolf yang belum lama ini sempat menjadi salah satu runner-up pada ajang FCG International Junior Championship di Amerika awal Juli 2019 ini tampil dengan luar biasa. Ia langsung mendapatkan birdie di hole pertama, sebelum kemudian menambah satu birdie lagi di hole 17.

Memasuki sembilan hole kedua, ia kembali mencatatkan dua birdie, di hole 5 dan 8 untuk membukukan skor terbaik di kedua kategori dalam dua hari pertama ini. Dengan skor 71 yang ia peroleh pada hari pertama, Jose praktis mengumpulkan skor total 5-under 139 untuk menguasai posisi teratas.

“Biasanya, kendala saya ada pada permainan driver, tapi hari ini permainan driver saya cukup bagus sehingga bisa mendapatkan banyak peluang untuk memukul ke green dengan mudah,” tutur Jose.

Meskipun birdie di hole pertamanya itu sangat membantu, toh Jose mengaku hasil yang ia peroleh kali ini menjadi buah dari konsistensinya untuk mempertahankan rutinitasnya di lapangan.

“Sejauh ini saya fokus memperbaiki pukulan saya dan juga memperbaiki mindset bertanding saya.” – Jose Emanuel Suryadinata

Skor yang ia bukukan dalam dua putaran pertama kali ini merupakan peningkatan dari performanya pada dua putaran pertama dalam edisi tahun lalu, ketika ia finis di peringkat 4.

“Sejauh ini saya fokus memperbaiki pukulan saya dan juga memperbaiki mindset bertanding saya,” tutur Jose menyinggung perkembangan signifikan dalam permainannya. “(Untuk besok) saya akan melakukan rutinitas seperti biasa.”

Dengan hasil yang ia bukukan, Jose kini memiliki keunggulan dua stroke dari Aldwin Kendarwan dan Jonathan Wijono. Kedua pemain ini masing-masing bermain dengan skor 69 dan 72 untuk menorehkan skor total 3-under 141.

Sementara itu, tiga pemain berada di peringkat keempat dengan torehan 2-under 142. Mereka yang menghuni tempat keempat ini termasuk Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Bergas Batara Anargya, dan Alfred Raja Sitohang.

Dengan dua putaran yang tersisa, peluang juara bertahan Almay Rayhan Yagutah jelas masih belum tertutup. Hari ini ia bermain kembali bermain even par dan berbagi tempat keenam bersama M. Rifqi Alam Ramadhan dengan skor 144.

Runner-up Indonesia Ladies Amateur Open 2019 Ida Ayu Indira Melati Putri tampil cemerlang dan menggeser Aurelia Grace Nicole dari puncak klasemen sementara dengan torehan skor 5-under 139. Foto: GolfinStyle.

Mela Menggeser Aurel
Pergeseran serupa juga terjadi dari kelompok Wanita. Pegolf asal Bali, Ida Ayu Indira Melati Putri tampil ke puncak klasemen setelah menampilkan permainan yang sangat solid 3-under 69. Dengan Aurelia Grace Nicole yang harus puas bermain even par, Mela, sapaan Ida Ayu Indira Melati Putri, pun memimpin dengan keunggulan dua stroke dengan torehan yang sama dengan yang dibukukan Jose, 5-under 139.

Performa Mela memang tak kalah mengagumkannya. Pada hari kedua ini, ia menorehkan empat birdie dengan sebuah bogey. Ia memang hanya bermain even par berkat satu birdie dan satu bogey di sembilan hole pertama yang ia mainkan dari hole 1. Namun, di sembilan hole berikutnya, ia berhasil menorehkan birdie di hole 10, 13, dan 18.

Performa gemilang Mela ini, sayangnya memang tidak diimbangi dengan baik oleh Aurel, panggilan Aurelia Grace Nicole. Meski demikian, peluangnya untuk menciptakan kejutan jelas masih terbuka, mengingat ia hanya terpaut dua stroke, dengan dua putaran tersisa.

Peringkat ketiga untuk sementara masih dihuni oleh Tania Putri Dzahabiyah, yang hari ini bermain dengan skor 74. Skor 1-over 145 miliknya membuatnya unggul satu stroke dari juara bertahan Nanda Winnet Soraya.

Nanda sendiri hari ini bermain lebih baik ketimbang putaran awalnya ketika ia bermain 74. Hari ini ia berhasil mencatatkan empat birdie dan empat bogey untuk skor even par 72. Skor 146 miliknya membuatnya berada tujuh stroke di belakang Mela.

Leave a comment