Jolo Timothy L. Magcalayo dan Kanyanol Aramkul menjuarai Menpora-Emeralda International Amateur Golf Cup 2019.

Pegolf Filipina Jolo Timothy L. Magcalayo meraih kemenangan yang sangat meyakinkan pada ajang Menpora-Emeralda International Amateur Golf Cup hari ini (26/10) di Emeralda Golf Club. Remaja berusia 16 tahun ini mendominasi turnamen yang memasuki edisi keempat ini dengan menorehkan skor terendah pekan ini, 6-under 66 pada putaran final. Skor total 12-under 204 memberinya keunggulan hingga 11 stroke dari pegolf tuan rumah Kentaro Nanayama.

Jolo sudah menjadi pemimpin klasemen sejak putaran pertama setelah bermain dengan skor 69. Pada akhir hari pertama, ia meraih keunggulan dua stroke dari Matthew Boulder Lumbantoruan dan pegolf Myanmar Min Than Lwin Aung.

Namun skor 69 kedua pada putaran kedua praktis menempatkannya makin kukuh di puncak klasemen. Skor 6-under 138 miliknya memberinya keunggulan lima stroke dari Kentaro Nanayama, yang menorehkan skor 73-70.

Namun, Kentaro tak dapat mengejar pencapaian Jolo, lantaran pimpinan klasemen ini kian dekat sebagai juara. Hingga 13 hole yang ia mainkan, Jolo telah menorehkan 5-under. Bogey di hole 14 tak banyak berarti lantaran ia menorehkan eagle di hole 17.

Kentaro akhirnya harus puas berada di peringkat kedua setelah pada putaran final bermain dengan skor even par 72. Skor total 215 miliknya memberinya satu stroke keunggulan dari pegolf China, Wu Dianchao, yang bermain total even par 216.

“Saya sama sekali tidak berharap menang pada pekan ini, soalnya ada beberapa pemaina bagus dari Indonesia, Australia dan negara lain juga. Saya sendiri cukup kaget dengan skor yang saya bukukan,” tutur Jolo, yang cukup sering bermain bersama salah satu pemain top Filipina, Juvic Pagunsan.

Jolo Timothy L. Magcalayo (kiri) dan Kanyanol Aramkul berhasil mendominasi Menpora-Emeralda International Amateur Golf Cup 2019 sejak putaran pertama. Foto: GolfinStyle.

“Saya hanya mengingatkan diri untuk memainkan permainan saya, memukul bola ke fairway dan green, lalu memasukkan putt. Saya tak ingin memberi beban buat diri sendiri karena bakal merusak permainan saya. Jadi, pada putaran final ini saya berusaha menikmati permainan saja.”

Putri Thailand Raih Kemenangan
Kemenangan meyakinkan juga turut dibukukan oleh pegolf putri asal Thailand, Kanyanol Aramkul. Sama seperti Jolo, Kanyanol juga mendominasi turnamen ini sejak hari pertama.

Setelah membukukan skor 74 pada hari pertama, ia mencatatkan skor terbaiknya pada hari kedua dengan mencatatkan 4-under 68.

Pesaing terdekatnya ialah pegolf asal Singapura, Callista Chen Wan Qing, yang menorehkan skor total 145 hingga putaran kedua. Namun, Callista justru gagal mengulangi permainan terbaiknya pada hari kedua, ketika bermain dengan skor 2-under 70 dan harus membukukan skor 76 pada putaran final.

Pegolf putri andalan Indonesia Ribka Vania, yang memulai putaran final dengan terpaut tujuh stroke, berusaha mengejar Kanyanol dengan bermain 2-under di sembilan hole pertamanya. Namun, dua bogey di hole 11 dan 15, dan hanya satu birdie di hole 17 membuatnya akhirnya harus puas di tempat kedua. Skor 71 pada putaran final ini menjadi skor terbaik baginya setelah sebelumnya bermain dengan skor 76-73.

Menpora-Emeralda International Amateur Golf Cup edisi keempat ini sekaligus menjadi partisipasi pertama Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang baru, Zainudin Amali, pada sebuah ajang kompetisi resmi seperti ini. Beliau turut hadir dan memberikan sambutan serta trofi bergilir kepada Jolo dan Kanyanol.

Selain hadir dalam pemberian hadiah, Zainudin juga ikut meninjau fasilitas pelatihan Tim Nasional Indonesia yang akan diberangkatkan menuju SEA Games 2019 di Filipina tahun ini.