European Tour menarik keikutsertaan John Catlin dalam English Championship pekan ini.

Pegolf Amerika Serikat John Catlin harus menerima fakta bahwa ia dan kedinya tak dapat mengikuti ajang English Championship yang akan digelar mulai besok (6/8).

Kesungguhan European Tour dalam menerapkan protokol keamanan dan keselamatan dalam masa pandemi COVID-19 ini memang tidak main-main. Tiap pemain, kedi, dan semua orang yang terlibat dalam penyelenggaraan turnamen diwajibkan untuk mematuhi protokol ini tanpa terkecuali. Dengan menerapkan sistem bubble, di mana semua pihak yang terlibat dilarang keluar dari lingkar yang ditetapkan, hingga penyelenggaraan Betfred British Masters hosted by Lee Westwood tak satu pun kasus positif COVID-19 ditemukan di kalangan para atlet yang bertanding.

Sayangnya, peraturan ketat ini gagal dipatuhi oleh John Catlin. Pemegang empat gelar Asian Tour ini kedapatan mengunjungi restoran setempat bersama kedinya, Nathan Mulrooney. Dan hal ini berarti mereka berada di luar lingkar turnamen yang ditentukan sehingga European Tour terpaksa membatalkan keikutsertaan pegolf yang meraih gelar profesional pertamanya di Indonesia ini.

”Keduanya (John Catlin dan Nathan Mulrooney) mengunjungi restoran setempat pada malam hari, Selasa, 4 Agustus, di luar lingkar turnamen sehingga mengompromikan panduan kesehatan European Tour, sehingga keikutsertaan mereka dalam turnamen harus ditarik dengan keputusan ini berlaku seketika ini juga,” demikian bunyi pernyataan dari European Tour.

Menyadari kesalahannya, Catlin pun menegaskan menerima keputusan ini.

”Saya meminta maaf kepada sesama rekan profesional dan semua orang yang terlibat dalam turnamen pekan ini. Saya memahami keputusan European Tour dan menerima sanksi ini,” ujarnya.

Posisi Catlin kemudian digantikan oleh pegolf Afrika Selatan Wilco Nienaber.

Kasus Catlin ini jelas menegaskan bahwa peraturan itu ada untuk melindungi sehingga perlu diperhatikan dan ditaati, bukan untuk dilanggar.