Mantan pegolf amatir top China, Jin Cheng, melakoni debut profesionalnya dengan sangat meyakinkan. Pada Mainland China Qualifying Tournament yang dimainkan di Foison Golf Club, Guangzhou, China hari ini (22/1), Jin bermain dengan skor 3-under 67, yang memberinya keunggulan lima stroke dari pesaing terdekatnya.

Jin memang menjadi pusat perhatian pada pekan ini, menyusul keputusannya untuk berhenti dari University of Southern California pada bulan Desember 2018 lalu. Kepastian itu memang mengejutkan mengingat ia sempat mengutarakan niatnya mempertahankan status amatir usai lulus Qualifying School Asian Tour.

Meski demikian, Jin tampaknya menjalani masa transisi yang sangat meyakinkan ketika memulai putaran pertamanya sebagai pegolf profesional. Bermain pada turnamen 72 hole yang menjadi batu loncatan menuju PGA TOUR Series-China musim 2019 ini, Jin menorehkan 5 birdie dengan 2 bogey dan menempati peringkat teratas usai hari pertama. Jalan untuk menjadi satu dari hanya 12 pemain yang berhak mendapat status penuh pun terbuka lebar.

Jin mengaku sangat mempersiapkan dirinya untuk mengikuti kualifikasi pekan ini. Kerja kerasnya itu pun langsung terlihat ketika ia memulai langkahnya untuk kembali dan bersaing di Tour dalam negerinya ini.

“Saya sama sekali tidak berpikir bahwa ini merupakan putaran pertama saya sebagai profesional. Saya hanya berusaha memainkan 18 hole dengan baik dan melakukan pukulan demi pukulan dan bersyukur semua berjalan dengan lancar.” – Jin Cheng

“Saya banyak berlatih selama jeda kompetisi dan saya memaksimalkan musim dingin dengan sangat baik,” ujar Jin. “Saya sangat gembira dengan putaran saya hari ini dan berharap bisa mempertahankannya sepanjang pekan ini.”

Meski mengaku banyak melakukan persiapan, mungkin kunci utamanya bermain dengan solid ialah keberhasilannya untuk mengabaikan fakta bahwa putaran hari ini merupakan putaran pertamanya sebagai pegolf profesional.

“Saya sama sekali tidak berpikir bahwa ini merupakan putaran pertama saya sebagai profesional. Saya hanya berusaha memainkan 18 hole dengan baik dan melakukan pukulan demi pukulan dan bersyukur semua berjalan dengan lancar,” tambahnya lagi.

“Pagi ini agak dingin dan berangin, jadi saya berusah mempertahankan bola di fairway dan melakukan sejumlah putting dengan baik di sembilan hole pertama dan berhasil menuntaskan dengan 3-under. Tapi di sembilan hole kedua situasinya mulai agak sulit, tapi saya masih bisa mendapat dua birdie dengan dua bogey, jadi semuanya masih berjalan dengan baik.”

Jin Cheng memaksimalkan jeda kompetisi dengan berlatih keras. Ia mengaku puas melihat latihannya mulai membuahkan hasil, dengan menempatkan dirinya di posisi teratas pada hari pertama. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang.

Banyak yang memprediksi bahwa Jin akan melewati kualifikasi ini dengan mudah. Terutama mengingat rekam jejaknya yang sangat meyakinkan. Selama masih berstatus amatir, Jin telah mencatatkan prestasi mengagumkan. Dari 18 turnamen yang ia mainkan, ia lolos cut 13 kali dan 6 kali finis di sepuluh besar, serta sekali menjadi juara, yaitu pada ajang Nine Dragons Open 2014. Tahun lalu, bermain di Wolong Lake Golf Club, Liuzhou, Provinsi Guangxi, Jin berhasil menjuarai Mainland China Qualifying Tournament dengan keunggulan 17 stroke dan mendapt status penuh untuk musim 2018. Namun, ia memutuskan untuk tetap bermain di universitas.

Keberhasilan dua seniornya, Dou Zecheng dan Zhang Xinjun, yang menembus PGA TOUR melalui PGA TOUR Series-China menjadi motivasinya. Dan ia akan berusaha memastikan untuk menempuh jalur tersebut dengan memastikan status penuhnya musim ini.

Pesaing terdekat Jin ialah pegolf amatir Yin Fengru dan Nan Chenyou, yang sama-sama bermain dengan skor 72. Adapun empat pegolf amatir lainnya, Chen Li, Pang Ming, Xue Han, dan Zeng Heli menorehkan skor 3-over 74.

Pekan ini, dari total 100 peserta yang berpartisipasi, 64 di antaranya merupakan pegolf amatir. Angka ini meningkat drastis ketimbang tahun lalu ketika hanya 33% yang berstatus amatir. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa China benar-benar menggeliat sebagai mesin penghasil atlet golf.

Leave a comment