Jiang “Tony” Zhijie sukses menjuarai Mainland China Qualifying Tournament dan memastikan hak main penuh pada PGA TOUR Series-China musim 2020 ini.

Mahasiswa tingkat akhir pada Rutgers University Jiang Zhijie menuntaskan Mainland China Qualifying Tournament dengan sukses untuk meraih kartu PGA TOUR Series-China tahun ini. Meski harus bermain dengan skor 2-over 73 pada hari terakhir di Foison Golf Club, pegolf yang masih berstatus amatir ini memastikan kemenangan dengan catatan 5-under 279.

Jiang, yang tak pernah tergeserkan dari puncak klasemen sejak hari pertama, memanfaatkan keunggulan lima stroke dari hari ketiga untuk memastikan kemenangannya hari ini. Ia sempat bermain even par di sembilan hole pertamanya, berkat mendapat satu birdie dan satu bogey. Ia baru menorehkan birdie lagi di hole 12, namun terpaksa mendapat double bogey di hole 14 dan bogey di hole 15.

Beruntung ia berhasil mempertahankan permainannya di tiga hole terakhir dengan berturut-turut bermain par untuk meraih kemenangan satu stroke dari Wang Yichen, yang hari ini mencatatkan skor terbaik dengan 6-under 64.

Sebanyak 15 pemain berhak mendapatkan status penuh pada PGA TOUR Series-China musim 2020 ini. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang.

Meskipun mendapatkan status penuh untuk tahun ini, Jiang, bersemangat untuk kembali ke New Jersey. Ia berniat untuk menuntaskan semester terakhirnya, sekaligus membantu timnya untuk meraih prestasi, sebelum akhirnya beralih profesional pada tahun ini.

“Rencana saya ialah kembali dan mengikuti PGA TOUR Series-China setelah lulus. Mungkin turnamen pertama saya ada pada bulan Juni. Setidaknya, itulah rencana untuk saat ini, tapi kita lihat saja,” tuturnya.

Sementara itu, pemain amatir lainnya, Guan Tianlang sukses memenuhi targetnya untuk finis di jajaran 15 besar dan turut memastikan hak main penuh pada musim 2020 ini. Pegolf yang sempat mencatatkan sejarah dengan menjadi pemain termuda yang menembus putaran final The Masters Tournament ini memang bermain dengan skor 79 pada hari terakhir. Namun, skor total 294 menempatkannya finis di peringkat T10, peringkat yang cukup untuk mengasah kemampuannya di negeri sendiri sepanjang tahun ini.

“Senang bisa mendapatkan status penuh. Hari ini saya memang tak bermain sebaik mungkin, tapi setidaknya saya bisa memenuhi target semula,” ujar Guan.

Guan Tianlang memenuhi target utamanya pekan ini untuk meraih keanggotaan penuh pada PGA TOUR Series-China. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang.

“Mungkin saya akan beralih profesional lebih awal. Ada kemungkinan saya mengikuti turnamen pertama di Sanya, tapi ada beberapa hal yang masih harus saya pikirkan. Mungkin juga saya akan mencoba menyeimbangkan pendidikan saya dan bermain sebagai profesional.”

Sebanyak 18 pemain berhasil mendapatkan kartu PGA TOUR Series-China dan mendapat status penuh untuk musim ini setelah finis di jajaran 15 besar. Adapun mereka yang finis di posisi 16-45 hanya akan mendapatkan status kondisional untuk musim ini.

Menyusul dibatalkannya Global Qualifying Tournament di Bintan, lantaran minimnya peserta yang mendaftarkan diri, kesempatan bagi para pegolf internasional untuk meraih kartu PGA TOUR Series-China akan dimulai pada 25-28 Februari di Mission Hills Resort, Haikou. Setelah itu, kualifikasi kedua akan dilangsungkan di Laguna Golf Phuket, Thailand pada tanggal 3-6 Maret.