Bintang muda asal Thailand Jazz Janewattananond menempatkan dirinya di posisi teratas untuk meraih gelar Asian Tour kelima. Skor 8-under 64 pada putaran kedua Sarawak Championship kemarin (16/8) menempatkannya ke peringkat teratas.

Dalam dua putaran, ia telah mengumpulkan skor total 15-under 129 di Damai Golf and Country Club. Ia menampilkan permainan yang sangat tajam, melakukan 18 green in regulation, yang membantunya meraih skor 64 tersebut.

“Ini putaran yang cukup solid, saya memasukkan banyak putt, meski ada beberapa juga yang meleset. Tapi secara keseluruhan, ini putaran yang bagus. Tiap bagian dari permainan saya cukup solid hari ini (kemarin), cuma driver saya saja yang tidak begitu bagus,” tutur Jazz.

Jazz juga memuji kualitas green pada tahun ini dan menyebutnya jauh lebih baik. “Semua birdie yang saya raih cukup mirip, jadi tidak ada yang terlalu istimewa. Green juga jauh lebih baik tahun ini sehingga kami bisa memasukkan putt lebih banyak,” ujarnya.

Pegolf China Taipei Hung Chien-yao mempertahankan permainan solid untuk menguntit Jazz Janewattananond di tempat kedua dengan hanya berjarak satu stroke. Foto: Asian Tour.

Musim ini ia sudah dua kali menang, yaitu ketika memenangkan SMBC Singapore Open dan Kolon Korea Open, yang membantunya berada di puncak klasemen Habitat for Humanity Standings, Order of Merit Asian Tour.

Selain berusaha meraih kemenangan ketiga musim ini, Jazz juga tengah berada dalam perlombaan untuk menjadi bagian dari Tim Internasional Presidents Cup. Pegolf yang kini berada di peringkat 56 dunia, peringkat tertinggi yang bermain pada Sarawak Championship, ini kini ada di tempat ke-10 pada klasemen Tim Internasional. Jika bisa menang di Sarawak pekan ini, Jazz berpeluang untuk menjadi bagian dari delapan anggota Tim Internasional yang pertama.

Tiga pemain berada satu stroke di belakang Jazz. Selain Hung Chien-yao dari China Taipei, pegolf Filipina Miguel Tabuena, yang juga bermain dalam satu grup dengan Jazz, dan pegolf Australia Andrew Dodt mengoleksi 14-under 130.

Pada hari kedua itu, Hung, yang baru memenangkan Taiwan PGA Championship untuk ketiga kalinya secara berturut-turut bermain dengan skor 6-under 66. Ia mengaku tidak merasakan tekanan sama sekali dan bermain dengan lebih santai, seperti pada putaran pertama.

Andrew Dodt kembali menampilkan permainan terbaiknya setelah terpaksa jeda dua bulan akibat cedera. Ia menjadi salah satu dari tiga pemain yang ada di tempat kedua usai putaran kedua Sarawak Championship. Foto: Asian Tour.

“Saya berniat untuk mempertahankan semangat yang sama dalam dua putaran terakhir. Semoga saja bisa menjadi lebih baik lagi. Sebab semua orang sepertinya bermain dengan sangat baik di lapangan ini,” tutur Hung.

Sementara itu, Andrew Dodt menyamai skor 64 milik Jazz. Pemegang dua gelar Asian Tour ini sempat harus absen sekitar dua bulan lantaran mengalami cedera di Maroko. Namun, kini dengan istirahat dan fisio yang cukup ia kini tampaknya telah menemukan kembali permainan terbaiknya, termasuk ketika ia mencatatkan eagle di hole 10.

“Pukulan drive saya sebenarnya tidak bagus di hole 10 itu. Saya menarik terlalu ke kiri sehingga bola masuk ke rough, tapi kemudian bisa memasukkan bola dari jarak 87 yard untuk eagle. Ketika pukulan kedua saya itu masuk, semuanya pun menjadi berjalan dengan baik,” papar Dodt, yang sejauh ini telah mengoleksi tiga gelar profesional.

Adapun Miguel Tabuena memanfaatkan performa positif saat bermain di Tour dalam negerinya tiga pekan lalu dan berhasil mempertahankan momentum dengan bermain 65 untuk kedua kalinya. “Saya mengikutu satu turnamen tiga pekan lalu di Filipina dan finis di tempat ketiga. Rasanya permainan saya kini ada di arah yang benar dan senang sekali bisa kembali ada di jajaran atas klasemen,” ujar Tabuena.

Pada akhir putaran kedua, wakil Indonesia Danny Masrin membukukan skor 68 dan kini ada di peringkat 16 bersama tujuh pemain lainnya dengan skor total 9-under 135. Sementara itu, Rory Hie dan George Gandranata harus pulang lebih awal setelah masing-masing hanya mencatatkan skor 73 dan 70.

Leave a comment