Tim Jawa Timur mendominasi cabang olahraga golf pada Pekan Olahraga Nasional XIX yang berlangsung di Bandung Giri Gahana Golf & Resort. Pada putaran final nomor individu dan beregu kemarin (22/9), tim Jawa Timur berhasil memenangkan medali emas pada nomor individu putra dan putri, serta nomor beregu putri.

Inez Beatrice Wanamarta berhasil mempersembahkan medali emas pertama untuk timnya setelah pada putaran terakhir kemarin ia membukukan 3-over 75. Dengan total skor 8-over 224, Inez berhasil mengungguli atlet DKI Jakarta Rivani Adelia Sihotang dengan 2 stroke. Adapun medali perunggu juga berhasil dimenangkan atlet Jawa Timur lainnya, Nanda Winnet Soraya.

Meskipun Rivani berhasil mencatatkan skor lebih baik kemarin dengan skor 2-over 74, permainan Inez kemarin, dengan 3 birdie dan 6 bogey memberinya angka yang lebih dari cukup untuk memenangkan medali emas.

Keberhasilan Inez kemudian disusul oleh Jonathan Wijono. Remaja yang belum genap berusia 16 tahun ini mencatatkan grafik penampilan yang makin membaik dari hari ke hari. Setelah bermain 1-over 73 pada hari pertama, ia mencatatkan skor 70 dan 69 dalam dua putaran berikutnya, sekaligus membawanya ke puncak klasemen.

Mengawali putaran akhir dengan posisi yang sama dengan pegolf tuan rumah, Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Jonathan mencatatkan 3 birdie di empat hole pertamanya. Sempat mendapat bogey di hole 14, Jonathan mengakhiri putaran final dengan luar biasa, dengan meraih eagle di hole penutupnya, sekaligus merebut medali emas kedua bagi Jawa Timur. Adapun medali perunggu akhirnya dimenangkan oleh atlet DKI Jakarta, Elki Kow.

Dominasi tim Jawa Timur dilanjutkan dengan keberhasilan tim beregu putri mereka meraih medali emas. Tim yang beranggotakan Inez Beatrice Wanamarta, Nanda Winnet Soraya, dan Tiana Ivanka Porwanto ini berhasil mengumpulkan total skor 453.

Mereka unggul 8 stroke dari tim beregu DKI Jakarta yang beranggotakan Rivani Adelia Sihotang, Juriah, dan Kristina Natalia Yoko.

Sementara medali perunggu akhirnya dimenangkan tim beregu Jawa Barat yang beranggotakan Ribka Vania, Nadya Rosiana, dan Patricia Walanda, dengan total skor 465.

Gagal di nomor individu putra, tim Jawa Barat akhirnya berhasil memenangkan nomor beregu putra. Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Kevin C. Akbar, Akmin, dan Alfred Raja Sitohang berhasil mempersembahkan medali emas untuk Jawa Barat setelah mencatatkan skor 867.

Tim Jawa Timur harus puas dengan medali perak setelah Tirto Tamardi, Moch. Hariyanto, Jonathan Wijono, dan Jose E. Suryadinata hanya mencatatkan skor 869.

Tim DKI Jakarta menyusul di tempat ketiga untuk medali perunggu dengan perolehan skor 881 persembahan Clement Erio Kurniawan, Elki Kow, M. Rifqi Alam Ramadhan, dan Cahyo Adhitomo.

Besok cabang olahraga golf akan kembali mempertandingkan nomor Foursome pada 24-25 September dan Mix-Foursome pada 26-27 September.