Hideki Matsuyama terpaksa melepas posisi teratas menyusul hari kedua yang lebih berat pada ajang BMW Championship.

Bintang Jepang Hideki Matsuyama harus berjibaku untuk menuntaskan putaran kedua dengan skor 3-over 73. Skor ini terpaksa membuatnya melepas posisi teratas pada BMW Championship. Hanya saja ia masih berpeluang untuk memburu gelar juara pada turnamen terakhir FedExCup Playoff ini.

Setelah sehari sebelumnya membukukan skor 67, pegolf berusia 28 tahun ini harus bermain di bawah teriknya lapangan Olympia Fields Country Club. Statistiknya juga mengalami penurunan dengan hanya berhasil memukul ke tiga fairway dan 6 green in regulation. Alhasil ia hanya mengumpulkan skor total 140 dan kini berada di tempat ketiga, bersama Dustin Johnson, dan satu stroke di belakang Patrick Cantlay dan Rory McIlroy.

”Saya tak bisa mengeksekusi pukulan dengan baik hari ini, jadi ini putaran yang berat buat saya,” ujar Matsuyama, yang tengah mencari gelar PGA TOUR keenam sejak kemenangan terakhirnya tahun 2017.

Pada putaran kedua itu, Matsuyama membukukan tujuh par berturut-turut sebelum mendapatkan birdie pertamanya di hole 8, di mana chipping-nya dari jarak 23 meter langsung masuk. Sayangnya, itulah satu-satunya birdie yang ia peroleh. Ia harus mendapat empat bogey di hole 9, 10, 15, dan 17.

Dengan hanya 30 pegolf teratas pada klasemen FedExCup yang bisa bertanding pada TOUR Championship, Matsuyama, yang kini ada di peringkat 18 sudah memastikan tempat untuk bertanding pada ajang yang dimainkan di East Lake Golf Club itu. Tahun ini menjadi tahun ketujuh secara berturut-turut baginya untuk tampil pada ajang tutup musim tersebut.

 

 

Namun, ia jelas masih memfokuskan permainannya pada BMW Championship pekan ini, mengingat kemenangan pada pekan ini tak hanya memberinya gelar keenam, tapi juga memperbaiki peringkatnya pada FedExCup untuk turnamen pamungkas pekan depan. Jika mempertahankan posisinya saat ini hingga turnamen berakhir, Matsuyama diprediksi berada di peringkat 13, namun jika bisa menjuarai turnamen ini, peringkatnya bisa melambung hingga ke 10 besar.

”Sebenarnya kondisinya sama sulitnya seperti kemarin. Tapi saya senang masih bisa mencapai posisi saya sekarang ini karena saya masih bisa bersaing untuk akhir pekan,” ujar Matsuyama. Selama mengikuti BMW Championship ini ia sudah dua kali finis di sepuluh besar, termasuk ketika finis T3 di Medinah tahun lalu.

Sementara itu, pegolf Korea An Byeonghun mencatatkan skor 74 menyusul skor 73 pada hari pertama. Peringkatnya pun anjlok ke posisi T45. Rekan senegaranya, Im Sungjae juga mencatatkan skor yang sama, 74, dan kini ada di peringkat T63.

Setelah sebelumnya membukukan skor 71, Patrick Cantlay menyeruak ke jajaran teratas setelah menorehkan 4 birdie, sebuah eagle, dan 2 bogey pada putaran kedua ini. Catatan skor total 1-under 139 ini kemudian disamai oleh Rory McIlroy yang menorehkan 5 birdie dengan 4 bogey untuk melengkapi skor 70 yang ia torehkan pada putaran pertama.

Sementara itu, Tiger Woods yang harus finis di peringkat 3 atau lebih baik agar bisa bertanding pada TOUR Championship pekan depan juga menemui jalan terjal. Setelah pada hari pertama membukukan skor 73, kali ini Woods bermain dengan skor 75. Kartu skornya kali ini diwarnai dengan 5 bogey, sebuah double bogey, dan hanya 2 birdie.