Pegolf tuan rumah, Naraajie Emerald Ramadhanputra kemarin memperkukuh posisinya di puncak klasemen cabang olahraga golf di Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat, setelah kemarin (20/9) mempertajam permainannya dengan membukukan 4-under 68. Adapun Inez Beatrice Wanamarta memimpin putaran pertama nomor individu putri dengan catatan 2-over 74.

Pada putaran awal yang dilangsungkan Selasa (19/7), Naraajie harus bersaing ketat dengan atlet DKI Jakarta, M. Rifqi Alam Ramadhan. Keduanya berbagi puncak klasemen setelah sama-sama bermain denagn skor 69.

Namun, pada putaran kedua kemarin, performa Rifqi yang menurun dan hanya bermain 1-over 73 membuat Naraajie melesat di posisi teratas.

Performa yang stabil malah ditunjukkan oleh atlet asal Jawa Timur, Tirto Tamardi. Tirto kembali bermain 1-under 71. Ia sempat bermain 3-under hingga hole 11, saying ia malah mendapat bogey di hole 12 dan double bogey di hole 16. Beruntung ia berhasil mendapat birdie di hole terakhir yang membawanya berada di posisi kedua, berbagi tempat dengan Rifqi yang sama-sama mengumpulkan total skor 2-under 142.

Tuan rumah Jawa Barat sempat berpeluang mendominasi papan atas di kelas putra dan putri setelah atlet mereka, Patricia Walanda bermain even par pada sembilan hole pertamanya. Pegolf putri berusia 15 tahun ini sempat mengawali putaran pertamanya dengan dua bogey, sebelum akhirnya mendapat tiga birdie berturut-turut di hole berikutnya. Ia kembali mendapat bogey di hole 6 dan 7 sebelum mengakhiri sembilan hole pertamanya dengan birdie.

Sayangnya, performa Patricia di sembilan hole terakhirnya anjlok. Ia mendapat tiga bogey dan dua double bogey di hole 11 dan 18. Catatan akhir 7-over 79 membuatnya berada di posisi T8.

Adalah Inez Beatrice Wanamarta yang kemarin berhasil memuncaki klasemen. Atlet Jawa Timur ini mencatatkan skor 2-over 74 berkat catatan tiga bogey dan satu birdie di hole 15.

Berbeda dengan nomor individu putra, nomor individu putri menghadirkan persaingan yang lebih ketat. Meskipun Inez saat ini memimpin, jaraknya dengan peringkat kedua, Nadya Rosiana (Jabar), hanya satu stroke. Sementara posisi Nadya hanya satu stroke lebih baik daripada atlet DKI Jakarta,  dan Kristina Natalia Yoko.

Dari nomor beregu putra, tim Jawa Barat saat ini memimpin dengan catatan skor 425, yang dikumpulkan dari tiga pemain terbaik dalam tim beranggotakan empat orang. Tim DKI Jakarta berada di tempat kedua dengan skor 433, sementara tim Jawa Timur berada hanya dua stroke di belakang DKI Jakarta.

Seperti halnya nomor individu, persaingan nomor beregu putri juga ketat. Tim Jawa Timur memimpin dengan skor 152, diikut DKI Jakarta (153), dan Jawa Barat (154). Berbeda dari beregu putra, penghitungan skor beregu putri diperoleh dari dua skor terbaik dalam tim yang terdiri dari tiga pemain.

Selain nomor individu dan beregu, cabang olahraga golf pada PON XIX yang dimainkan di Bandung Giri Gahana Golf & Resort ini juga akan mempertandingkan nomor Foursome yang mulai dimainkan pada 24-25 September, dan Mix-Foursome yang akan dimainkan pada 26-27 September.